IMG-LOGO
Daerah

Program Literasi, Langkah SD NU Metro Tingkatkan Minat Baca Peserta Didik

Kamis 21 Februari 2019 19:0 WIB
Bagikan:
Program Literasi, Langkah SD NU Metro Tingkatkan Minat Baca Peserta Didik
Program Literasi SD NU Metro, Lampung
Metro, NU Online
Dalam rangka meningkatkan minat baca peserta didiknya, SD NU Kota Metro, Lampung menerapkan program literasi yang dilaksanakan tiga kali dalam satu pekan yakni pada hari Selasa, Rabu, dan Sabtu.

Dalam kegiatan literasi yang diikuti oleh seluruh peserta didik SD NU Kota Metro baik putra maupun putri ini, peserta didik diajak masuk ke perpustakaan dan dipersilahkan memilih buku bacaan yang tersedia sesuai dengan minatnya.

Para guru bertugas mendampingi dan mengajak diskusi ringan sesuai dengan buku yang dipilih dan dibaca oleh para peserta didik.

Menurut kepala SD NU Kota Metro Nur Hidayatulloh, program literasi ini adalah upaya untuk meningkatkan minat baca sejak dini sekaligus respon atas fakta saat ini minimnya minat baca para generasi milenial.

"Kami berharap sekolah dapat menjadi tempat belajar yang menyenangkan, para peserta didik mendapatkan pembelajaran yang luas dari membaca, karena membaca itu penting baik materi mata pelajaran maupun di luar materi pelajaran," kata pria alumni pasca sarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tersebut, Kamis (21/2).

Nur Hidayatullah menambahkan bahwa gerakan literasi disekolahnya tersebut tidak sekedar melatih peserta didik gemar membaca, namun juga melatih kemampuan peserta didik untuk mencerna informasi yang diterima secara cerdas.

Untuk menyukseskan program literasi ini, SD NU Metro telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak di antaranya dengan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Maarif NU Kota metro.

Bentuk kerjasama tersebut terwujud dalam bentuk penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang menyepakati bahwa SD NU Kota Metro akan mendapatkan pendampingan terkait program literasi dari Prodi PGMI IAIM NU Metro.

SD NU Kota Metro juga dijadikan salah satu laboratorium Fakultas Tarbiyah Kampus Institut Agama Islam Maarif NU Kota metro. Memaksimalkan kerjasama ini, mahasiswa prodi PGMI IAIM NU Kota Metro memberikan hibah buku untuk perpustakaan sekolah tersebut yang diserahkan pada Kamis (21/2). (Meilinda/Muhammad Faizin)
Bagikan:
Kamis 21 Februari 2019 23:58 WIB
PCNU Kota Bekasi Bakal Adakan MKNU dan Pelantikan dalam Waktu Dekat Ini
PCNU Kota Bekasi Bakal Adakan MKNU dan Pelantikan dalam Waktu Dekat Ini
Bekasi, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bekasi masa khidmat 2018-2023 akan melaksanakan agenda pelantikan pada 17 Maret 2019 mendatang.

Hal itu diutarakan Ketua Tanfidziyah PCNU Terpilih KH Madinah saat silaturahim ke Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan Bekasi Selatan, di Pondok Pesantren Sa'adatud Daroin, Kampung Ceger, Jakasetia, pada Senin (18/2) malam.

"(Siang) tadi saya telah menghadap Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj dengan maksud mengambil SK Kepengurusan PCNU Kota Bekasi, dan insyaallah kita akan pelantikan pada 17 Maret bakda zuhur," jelasnya.

Namun sebelum itu, dalam rangka memperkuat serta menyatukan pemahaman tentang ke-NU-an para kader dan pengurus, PCNU Kota Bekasi akan mengadakan Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU).

"Insyaallah MKNU akan diadakan di Wisma Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, Ciloto, Cianjur, Jawa Barat, pada Jumat-Ahad pekan ini (22-24/2)," katanya.

Ia menegaskan kepada seluruh pengurus dari tingkat cabang hingga ranting yang belum pernah ikut MKNU, agar datang ke Wisma Kemnaker akhir pekan ini.

Sebab menurutnya, siapa orang yang sudah MKNU maka ke-NU-annya sudah tidak bisa lagi diragukan.

"Berarti ke-NU-an kita udah kagak abal-abal," pungkas Kiai Madinah dengan dialek Betawi-Bekasi yang khas.

Dalam kesempatan silaturahim tersebut, hadir pula Ketua MWCNU Kecamatan Bekasi Selatan Ustadz Asyari Ibrahim dan Rais Syuriyah KHR Abbas (Mbah Pulo) beserta pengurus yang lainnya. (Aru Elgete/Abdullah Alawi)

Kamis 21 Februari 2019 23:50 WIB
PCNU Kota Bekasi: NU Milik Bersama
PCNU Kota Bekasi: NU Milik Bersama
Bekasi, NU Online 
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bekasi Terpilih, KH Madinah menegaskan bahwa NU adalah milik bersama.

"Bukan milik partai politik," tegasnya, dalam agenda silaturahim ke Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan Mustikajaya, di Gang Abaa, Jalan Bayan II, Kelurahan Mustikajaya, Selasa (19/2) malam.

Hal itu dilontarkan, lantaran ada anggapan bahwa NU hanya didominasi atau bahkan dimiliki oleh partai politik tertentu.

"Saya ingin, kita semua menghidupi NU bersama-sama. Tanpa ada anggapan-anggapan seperti itu," katanya.

Kiai Madinah, dalam hal politik, membebaskan para pengurus jika ingin berkontestasi politik dengan baju (partai politik) apa pun.

"Terserah itu. Mau kuning, hijau, merah. Saya tidak melarang. Asalkan yang terpenting itu adalah berbuat banyak untuk NU, khususnya NU di Kota Bekasi. Pasti didukung," pungkas Kiai Madinah. (Aru Elgete/Abdullah Alawi)

Kamis 21 Februari 2019 23:0 WIB
Puncak Harlah, IPNU NTB Sukseskan 65 Juta Shalawat Asyghil
Puncak Harlah, IPNU NTB Sukseskan 65 Juta Shalawat Asyghil
Mataram, NU Online
Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat (IPNU NTB) akan mengisi Harlah ke-65 IPNU di Kota Mataram, 24 Februari 2019 mendatang. Puncak Harlah diisi dengan doa bersama dan pembacaan shalawat Asyghil.

Hal ini disampaikan Ketua Panitia Harlah, Ahmad Januar Isnaini di Kota Mataram usai rapat bersama para pengurus PW IPNU NTB, Mataram, Selasa (19/2).

Taushiyah pelajar, tambah mahasiswa Magister UIN Mataram ini, akan diisi langsung oleh Ketua PWNU NTB TGH Masnun Tahir, yang juga wakil rektor I UIN Mataram. 

Sekretaris PW IPNU NTB, Baharudin menerangkan bahwa pembacaan shalawat Asyghil diambil PP IPNU serentak seluruh Indonesia. Pimpinan Pusat juga menjelaskan bahwa 65 juta merupakan angka umurnya IPNU yang kini sudah berumur 65 tahun.  

"Kenapa PP IPNU ambil shalawat Asyghil, karena melihat fenomena yang berkembang di negara kita hari ini, maraknya penyebaran fitnah dan hoaks, sehingga sangat penting untuk semua membaca shalawat Asyghil tersebut agar terhindar," ungkapnya. 

Ia mengajak seluruh pelajar dan santri di NTB untuk kita sama-sama hadiri dan memeriahkan acara tersebut.

Doa bersama, pembacaan shalawat Asyghil akan diikuti oleh PW IPNU NTB, PC IPNU se-Pulau Lombok dan para pelajar dan santri di NTB. (Red: Kendi Setiawan)
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG