Program Literasi, Langkah SD NU Metro Tingkatkan Minat Baca Peserta Didik

Program Literasi, Langkah SD NU Metro Tingkatkan Minat Baca Peserta Didik
Program Literasi SD NU Metro, Lampung
Program Literasi SD NU Metro, Lampung
Metro, NU Online
Dalam rangka meningkatkan minat baca peserta didiknya, SD NU Kota Metro, Lampung menerapkan program literasi yang dilaksanakan tiga kali dalam satu pekan yakni pada hari Selasa, Rabu, dan Sabtu.

Dalam kegiatan literasi yang diikuti oleh seluruh peserta didik SD NU Kota Metro baik putra maupun putri ini, peserta didik diajak masuk ke perpustakaan dan dipersilahkan memilih buku bacaan yang tersedia sesuai dengan minatnya.

Para guru bertugas mendampingi dan mengajak diskusi ringan sesuai dengan buku yang dipilih dan dibaca oleh para peserta didik.

Menurut kepala SD NU Kota Metro Nur Hidayatulloh, program literasi ini adalah upaya untuk meningkatkan minat baca sejak dini sekaligus respon atas fakta saat ini minimnya minat baca para generasi milenial.

"Kami berharap sekolah dapat menjadi tempat belajar yang menyenangkan, para peserta didik mendapatkan pembelajaran yang luas dari membaca, karena membaca itu penting baik materi mata pelajaran maupun di luar materi pelajaran," kata pria alumni pasca sarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tersebut, Kamis (21/2).

Nur Hidayatullah menambahkan bahwa gerakan literasi disekolahnya tersebut tidak sekedar melatih peserta didik gemar membaca, namun juga melatih kemampuan peserta didik untuk mencerna informasi yang diterima secara cerdas.

Untuk menyukseskan program literasi ini, SD NU Metro telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak di antaranya dengan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Maarif NU Kota metro.

Bentuk kerjasama tersebut terwujud dalam bentuk penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang menyepakati bahwa SD NU Kota Metro akan mendapatkan pendampingan terkait program literasi dari Prodi PGMI IAIM NU Metro.

SD NU Kota Metro juga dijadikan salah satu laboratorium Fakultas Tarbiyah Kampus Institut Agama Islam Maarif NU Kota metro. Memaksimalkan kerjasama ini, mahasiswa prodi PGMI IAIM NU Kota Metro memberikan hibah buku untuk perpustakaan sekolah tersebut yang diserahkan pada Kamis (21/2). (Meilinda/Muhammad Faizin)
BNI Mobile