Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Rakernas LP Ma'arif, NU Bersiap Hadapi Era 4.0 dan Masyarakat 5.0

Rakernas LP Ma'arif, NU Bersiap Hadapi Era 4.0 dan Masyarakat 5.0
Rakernas LP Ma'arif NU di Wisma Wiladatika, Cibubur.
Rakernas LP Ma'arif NU di Wisma Wiladatika, Cibubur.
Jakarta, NU Online
Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama Pusat menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas). Kegiatan dipusatkan di Wisma Wiladatika Cibubur Jakarta sejak Rabu hingga Kamis (20-21/2). Rakernas dilakukan untuk merumuskan program penguatan pendidikan generasi NU di era industri 4.0 dan masyarakat 5.0.

Rakernas dihadiri Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, KH Said Aqil Siroj dan juga sejumlah tokoh pendidikan nasional. Ada Prof Dr Muhammad Nuh, Sekjen Kemendiknas Didik Suhardi, staf ahli Keminfo RI Henry Subiakto dan Gogot Suharwoto dari Kapustekkom Dikbud

"LP Ma'arif perlu menggagas inovasi pendidikan yang mengusung dakwah NU, sebab sebuah bangsa yang maju tidak lain harus memiliki pendidikan yang  maju,'' pesan KH Said Aqil Siroj, Kamis (21/2). NU melalui LP Ma'arif harus getol mengaruskan utamakan sinergi dengan berbagai komunitas yang menguntungkan untuk perjuangan dakwah Islam Ahlusunah wal Jamaah an-Nahdliyah, lanjutnya.

“Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat menganut paham komunikasi liberal, maka LP Ma'arif NU harus berusaha untuk mampu bernegosiasi untuk kemajuan bangsa,” harapnya.

Sementara itu Muhammad Nuh berharap pendidikan NU harus menguasai perubahan zaman era 4.0 untuk dimanfaatkan sebagai modal besar menyambut satu abad usia jamiyah ini pada 2026 mendatang.

“Kemampuan sumber daya NU telah melebihi ekspektasi rancangan pertumbuhan masyarakat Indonesia. Maka NU harus siap untuk menumbuhkan generasi emas pada saat NU berusia satu abad nanti,” kata Menteri Pendidikan Nasional Indonesia 2009- 2014 tersebut. 

Rakernas LP Ma'arif NU ini menghasilkan program penguatan kelembagaan berbasis teknologi seperti rumah belajar dan smart school pada madrasah dan sekolah LP Ma'arif NU se Indonesia.

Kegiatan ini diikuti 36 Ppengurus Wilayah LP Ma'arif NU se-Indonesia dan menyiapkan pendidikan untuk generasi NU di era industri 4.0 dan masyarakat 5.0. (Ibnu Nawawi)

BNI Mobile