IMG-LOGO
Daerah

Puluhan Kepengurusan Pergunu Kota Bandung Dikukuhkan

Jumat 22 Februari 2019 17:30 WIB
Bagikan:
Puluhan Kepengurusan Pergunu Kota Bandung Dikukuhkan
Pelantikan PAC Pergunu Kota Bandung.
Bandung, NU Online
Pengurus Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kota Bandung, Jawa Barat mengukuhkan kekepengurusan di tingkat anak cabang. Setidaknya ada 17 kepengurusan yang dilantik, dan dilangsungkan di Pondok Pesantren Nurul Iman, Sabtu (21/2).

Para pengurus Pergunu yang mewakili Pengurus Anak Cabang Pergunu masing-masing membacakan baiat dan ikrar pelantikan oleh Enjang Sunandar selaku Wakil Ketua Pengurus Wilayah Pergunu Jawa Barat.

Rifa Anggyana sebagai Sekretaris PC Pergunu Kota Bandung menuturkan bahwa hingga kini sudah memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) berjumlah 121 orang. Mereka tersebar di kecamatan se-Kota Bandung.

"Pergunu menjadi wadah bagi para guru baik di sekolah umum atau swasta dari berbagai lintas jenjang dan lembaga pendidikan yang ada di Kota Bandung," katanya.

Enjang Sunandar sebasgai Ketua PC Pergunu Kota Bandung sangat bersyukur atas pelantikan tersebut. “Semoga ke depannya kepengurusan PAC Pergunu ini bisa berjalan dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” ungkapnya.

Sementara H Saepuloh sebagai Ketua Pengurus Wilayah Pergunu Jabar mengharapkan anggota yang ada mampu memberikan materi dan menekankan pelajaran memahami Islam rahmatan lil alamin yang sesuai dengan akidah Ahlussunah wal-Jamaah an-Nahdliyah. “Berikan pemahaman para murid tentang pentingnya menjaga agama dan negara,” katanya. (Ibnu Nawawi)
Bagikan:
Jumat 22 Februari 2019 21:30 WIB
Lembaga Perekonomian NU Jatim Berikan Layanan Konsultasi
Lembaga Perekonomian NU Jatim Berikan Layanan Konsultasi
Suasana di salah satu NU Mart
Surabaya, NU Online
Dalam rangka memberikan wawasan, peluang dan hal lain terkait pengembangan usaha, Pengurus Wilayah (PW) Lembaga  Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Jawa Timur membuka layanan konsultasi. 

“Konsultasi kami layani pada jam kerja dari pukul 8 pagi hingga 4 sore,” kata Ria Nurulika, Jumat (22/2). Layanan tersebut meliputi banyak hal dari mulai masalah kelembagaan, hingga peluang usaha, lanjutnya.

Menurut Ria, seluruh persoalan yang terkait dengan usaha dan hal teknis lain diberikan secara cuma-cuma. “Termasuk potensi ekonomi yang bisa disinergikan sebagai peluang usaha,” kata Bendahara PW LPNU Jatim tersebut.

Siapa saja para pengusaha, maupun pengurus LPNU di kabupaten dan kota di Jawa Timur bisa memanfaat kesempatan tersebut. “Kami terbuka, dan menerima masukan dari berbagai kalangan,” jelasnya.

Nantinya, sejumlah persoalan yang ditanyakan akan ditampung. “Setelah itu akan dibahas di internal pengurus, dan diberikan solusi terbaik,” ungkapnya. 

Ria mengemukakan, layanan ini dapat dioptimalkan dengan baik. “Yakni bisa dijadikan sarana untuk menginformasikan produk yang dimiliki, kesempatan pemasaran dan sejenisnya,” katanya.

Menurutnya, sebenarnya banyak produk yang beredar di daerah. “Namun problemnya adalah kurangnya jaringan distribusi, sehingga produk yang sudah ada tidak mampu menembus pasar yang lebih luas,” jelasnya.

Karena itu, dirinya mengajak para pengurus di sejumlah kota dan kabupaten di jawa Timur untuk bisa memanfaatkan kesempatan tersebut. “Bahkan lewat laman www.ekonomimaju.com akan diberikan kesempatan untuk berjualan dalam jaringan (daring) atau online,” tandasnya. (Ibnu Nawawi)
Jumat 22 Februari 2019 21:0 WIB
Koin NU untuk Bantu Biaya Persalinan Warga yang Kurang Mampu
Koin NU untuk Bantu Biaya Persalinan Warga yang Kurang Mampu
bantuan biaya persalinan dari Kotak Infaq NU
Jombang, NU Online
Pengurus Unit Pengumpul Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Desa Kepatihan, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Jawa Timur terus menyasar warganya untuk diberikan bantuan. Terlebih warga yang kurang mampu dan yang meninggal dunia.

Bantuan bersumber dari dana keleng sedekah yang disebar dan dikelola pengurus. Sejumlah dana yang diberikan berasal dari sedekah warga Desa Kepatihan sendiri melalui kaleng yang diterima. Pengisi kaleng (donatur) nantinya juga berhak menerima bantuan.

Ketua Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Kepatihan, H Muhammad Manshur menuturkan, selama ini pengurus UPZISNU bersama PRNU rutin memberikan bantuan kepada warga setempat, bantuan biasanya diberikan dalam bentuk uang dan air meneral.

Yang terbaru, UPZISNU menyalurkan bantuan dana 500 ribu rupiah kepada warganya yang melahirkan, Kamis (21/2) kemarin atas nama Dumilah warga RW07 RT03. Diketahui ibu ini termasuk salah satu warga yang kurang mampu, ia juga bukan peserta BPJS. "Beliau termasuk golongan duafa dan pada saat persalinan tidak termasuk peserta BPJS," katanya.

"Sebenarnya Ibu Dumilah sudah pindah alamat dan berdomisili di desa lain, tapi karena beliau masih ber-KTP Kepatihan untuk itu kami tetap berikan hak-haknya dengan harapan bantuan sebesar 500 ribu rupiah bisa sedikit meringankan beban," ucapnya.

Ia berharap, bantuan yang diberikan meski tidak banyak itu dapat mengurangi beban yang ditanggungnya. "Mudah-mudahan dengan kepedulian ini semakin menambah berkah para munfiq dan donatur-donatur yang lain," pungkasnya. (Syamsul Arifin/Muiz)
Jumat 22 Februari 2019 20:0 WIB
Hasil Koin Ansor Jombang Rutin Santuni Warganya
Hasil Koin Ansor Jombang Rutin Santuni Warganya
Bantuan kepada keluarga yang meninggal dari Koin
Jombang, NU Online
Jaringan Pengelola Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (JPZISNU) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Desa Menganto, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Jawa Timur memiliki Forum Ansor Peduli (FAP) untuk membantu warganya. Forum diwujudkan dalam bentuk bantuan atau santunan terhadap warganya yang meninggal juga keluarga kategori tidak mampu.

Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Mojowarno Sahrul Munir mengatakan, terhitung sejak awal 2019 lalu, JPZISNU Ansor Menganto sudah membantu kurang lebih dari 17 warganya yang meninggal, bantuan berupa 10 kardus air meneral.

Terbaru bantuan diberikan kepada Iksan Menganto di kawasan RT 3 RW 1 untuk keluarganya yang meninggal dunia, Kamis (21/2) malam di kediamannya.

"Alhamdulillah sudah 17 kali FAP Ranting Menganto bergerak peduli warga yang mengalami kesusahan. Kegiatan sudah dimulai awal tahun 2019. Untuk warga yang meninggal dengan memberi 10 kardus air mineral NU," ucapnya.

Bantuan tersebut bersumber dari Kaleng Sedekah yang dikelola pengurus JPZISNU Ansor Menganto yang sebelumnya disebar ke warganya. Kemudian kaleng diambil oleh pengurus setiap bulan, selanjutnya diberikan kepada warganya yang sedang membutuhkan atau warga kurang mampu juga warga yang meninggal dunia.

"Program ini berjalan dengan menyebar 500 kaleng peduli umat JPZIS Ansor Ranting Menganto," jelasnya.

Sementara perolehan dari ratusan kaleng setiap bulan berkisar dari 2.000.000 hingga 2.500.000. Uang itu dikelola dengan baik oleh petugas guna bisa memberikan manfaat kepada warganya. "Dari kaleng peduli umat ini tiap bulan bisa mendapat sekitar 2 juta hingga 2,5 juta dari para donatur yang telah menerima kaleng dari FAP," pungkasnya. (Syamsul Arifin/Muiz)
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG
IMG