IMG-LOGO
Munas-Konbes NU 2019
MUNAS-KONBES NU 2019

Hadrah Miftahul Huda Al-Azhar Siap Sambut Jokowi

Senin 25 Februari 2019 12:30 WIB
Bagikan:
Hadrah Miftahul Huda Al-Azhar Siap Sambut Jokowi
Tim hadrah Miftahul Huda Al-Azhar
Banjar, NU Online
Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-azhar Citangkolo Kota Banjar merupakan tuan rumah Musyawarah Nasional dan Konferensi Besar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Munas-Konbes NU) 2019. Semua persiapan termasuk oleh para santri telah diarahkan untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Salah satu sajian yang akan diberikan oleh para santri adalah seni hadrah. Tim hadrah pun bekerja keras dalam latihan agenda yang dijadwalkan dihadiri Presiden Joko Widodo.

"Kami siap menyambut Bapak Presiden Jokowi," ungkap Zulfatul Laeliah, di sela-sela latihan hadrah bersama timnya, Ahad (24/2).

Santriwati yang akrab disapa Zulfa itu juga mengatakan bahwa selama satu pekan ini berlatih tapi tidak terasa capek dan malas. "Karena sudah menyatu dengan hadrah. Dan tentunya kami senang sekali bisa menyambut langsung Bapak Presiden kita semua," ungkapnya.

Para personal tim hadrah merupakan siswa-siswi lembaga formal di bawah naungan Pesantren Al-Azhar. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

"Seneng banget rasanya, semoga mendapat berkah juga dari para ulama," ungkap Azkia Vika Malina, siswi kelas tiga SMP asal Aimas Papua Barat . 

"Alhamdulillah, saya selalu merasa senang dan selalu semangat latihan. Semoga nanti bisa diamalkan di kampung halaman," kata Jinan Farida, siswi kelas 2 MA asal Mendo Barat, Bangka Belitung. (Siti Aisyah/Kendi Setiawan)
Tags:
Bagikan:
Senin 25 Februari 2019 23:55 WIB
MUNAS KONBES NU 2019
Rombongan Panitia Munas Berangkat dari Stasiun Gambir
Rombongan Panitia Munas Berangkat dari Stasiun Gambir
Jakarta, NU Online
Puluhan panitia Musyawarah Nasional Alim Ulama (Munas) dan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama 2019 bertolak ke lokasi kegiatan di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar, Citangkolo Kujangsari, Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat dengan menggunakan Kereta Api di melalui Stasiun Gambir Jakarta.

Puluhan panitia ini dilepas oleh perwakilan DAOP 1 Stasiun Gambir. Choentri salah seorang perwakilan PT KAI berterima kasih atas kepercayaan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dalam memilih moda transportasi Kereta Api sebagai moda transportasi. 

"Terima kasih kepada nahdliyin atas kepercayaannya menggunakan moda transportasi Kereta Api. Dan kami mohon doa agar Kereta Api Indonesia makin jaya," katanya saat pelepasan panitia di Gambir Jakarta, Senin (25/2).

Sementara itu, Wakil Sekretaris PBNU Imaduddin Rahmad mengucapkan apresiasinya pada Kereta Api Indonesia yang memberikan kemudahan transportasi bagi masyarakat luas. "Kami juga mengucapkan banyak terima kasih atas kerja samanya. Semoga PT KAI ke depannya semakin bermanfaat untuk memajukan bangsa," katanya.

Puluhan panitia tiba di stasiun Gambir sekitar pukul 06.30 WIB. Kereta yang ditumpangi panitia berangkat satu jam kemudian. 

Sepanjang perjalanan, kereta api yang ditumpangi menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Kombinasi antara area persawahan yang sedang menghijau dengan latar belakang pegunungan nyaris sempurna dengan paduan langit yang berwarna biru cerah. 



Kesempurnaan sepanjang perjalanan itu membuat jarak tempuh delapan Jakarta- Kota Banjar tak menjenuhkan, bahkan menyenangkan. Tampak begitu senang selama di perjalanan baik dengan kenyamanan moda transportasi Kereta Api maupun juga oleh pemandangan alam yang menawan. 

Menurut jadwal yang telah tersusun, kegiatan ini akan dibuka oleh Predisen Joko Widodo yang rencananya akan didampingi jajaran pengurus PBNU, kabinet kerja dan Pemerintah Daerah Jawa Barat di hari pertama, Rabu (27/2).

Pada hari kedua, Kamis (28/2) peserta akan mulai banyak membahas  sekitar 10 masalah kebangsaan dan masalah sosial dalam sesi bahtsul masail. 

Di hari ketiga, Jumat (1/3) masalah-masalah yang sudah dibahas tersebut akan diputuskan. Pada hai ini pula, kegiatan ini akan ditutup. (Ahmad Rozali)
Senin 25 Februari 2019 4:45 WIB
MUNAS KONBES NU 2019
Peserta dan Panitia Munas NU Mulai Bertolak ke Lokasi Pagi Ini
Peserta dan Panitia Munas NU Mulai Bertolak ke Lokasi Pagi Ini
Jakarta, NU Online
Ratusan peserta dan panitia Musyawarah Nasional Alim Ulama (Munas) dan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama 2019 akan mulai bertolak ke lokasi kegiatan di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar, Citangkolo Kujangsari, Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat dengan menggunak kereta api.

Ratusan peserta dan panitia terbagi menjadi dua gelombang keberangkatan. Gelombang pertama akan berangkat pagi Senin (25/2) ini. Sementara sisanya akan berangkat keesokan harinya, Selasa (26/2). 

Ratusan peserta dan panitia yang berangkat dari Jakarta hanya sebagian kecil dari peserta kegiatan. Sebab kegiatan ini akan melibatkan alim ulama, para pengasuh pondok pesantren, hingga warga Nahdliyin umum yang ditaksir akan mencapai ribuan peserta. 

Panitia yang berasal dari Jakarta akan datang terlebih dahulu sebelum kegiatan dimulai untuk menyiapkan berbagai persiapan di lokasi sebelum kegiatan dimulai 27 Februari 2019. Panitia juga akan dijadwalkan kembali ke Jakarta sehari setelah kegiatan berakhir pada 1 Maret 2019. 

Menurut jadwal yang telah tersusun, kegiatan ini akan dibuka oleh Predisen Joko Widodo yang rencananya akan didampingi jajaran pengurus PBNU, kabinet kerja dan Pemerintah Daerah Jawa Barat di hari pertama, Rabu (27/2).

Pada hari kedua, Kamis (28/2) peserta akan mulai banyak membahas  sekitar 10 masalah kebangsaan dan masalah sosial dalam sesi bahtsul masail. 

Di hari ketiga, Jumat (1/3) masalah-masalah yang sudah dibahas tersebut akan diputuskan. Pada hai ini pula, kegiatan ini akan ditutup. (Ahmad Rozali)
Senin 25 Februari 2019 1:15 WIB
MUNAS KONBES NU 2019
Ini Jadwal Munas dan Konbes NU di Kota Banjar
Ini Jadwal Munas dan Konbes NU di Kota Banjar
Jakarta, NU Online
Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan hadir dalam pembukaan acara Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama 2019 di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar, Citangkolo Kujangsari, Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat yang dielar 27 Februari - 1 Maret 2019

Dalam susunan acara yang diberikan panitia, Presiden Jokowi dijadwalkan membuka acara ini pada pada Rabu, 27 Februari 2019 dengan didampingi oleh jajaran pengurus inti PBNU baik Rais Syuriyah dan Tanfidiyah, jajaran kementerian dan pemerintah daerah Jawa Barat. Pembukaan dijadwalkan akan selesai pada sore hari. 

Usai pembukaan, akan ada acara silaturrahim Alim Ulama dengan Pengasuh Pondok Pesantren. Acara ini akan menghadirkan Pangima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Tito Karnavian.

Hari pertama acara akan ditutup setelah Sidang Pleno I yang membahas Pengesahan Jadwal dan Tata tertib Munas dan Konbes dan Sidang Pleno II yang berisi Laporan PBNU selesai pada malam hari. 

Pada hari kedua Kamis, 28 Februari 2019 akan ada forum 'Tasawwurul Masalah' yang insyallah akan menghadirkan Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz yang akan selesai hingga siang hari. Setelah itu akan dilanjutkan bahtsul masail yang dibagi menjadi enam komisi. 

Adapun masalah-masalah yang akan dibahas dalam bahtsul masail adalah: 1. Bahaya sampah plastik, 2. Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang menyebabkan sumur warga kering, 3. Masalah niaga perkapalan, 4. Bisnis money game (MLM), 4. Legalitas syariat bagi peran pemerintah, 5. Perniagaan Online yang tidak membayar pajak, 6. Negara, kewarganegaraan, dan hukum negara, 7. Konsep Islam Nusantara, 8. RUU Anti Monopoli dan Persaingan Usaha, dan 9. RUU Penghapusan Kekerasan Seksual. 

Keesokan harinya, pada hari ketiga, Jumat 1 Maret 2019 akan digelar sidang Pleno III berisi pengesahan hasil sidang komisi. Adapun acara penutupan akan dilaksanakan mulai bakda shalat Jumat hingga selesai. 

Pada hari keempat, peserta Munas akan diantarkan untuk diberangkatkan ke stasiun kereta api untuk menuju daerahnya masing-masing. Kendati acara baru akan dimulai Rabu mendatang, namun panitia baik dari daerah dan dari PBNU akan mulai bertugas di lapangan sejak Senin, (25/2). Peserta yang sudah hadir pada waktu itu akan diminta untuk meregistrasikan diri di lokasi kegiatan.(Ahmad Rozali)
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG