IMG-LOGO
Daerah

Sesepuh NU Cirebon KH Muchlas Restui Ketua PCNU Maju dalam Pilkada


Kamis 25 Oktober 2007 16:53 WIB
Bagikan:
Sesepuh NU Cirebon KH Muchlas Restui Ketua PCNU Maju dalam Pilkada

Cirebon, NU Online
Untuk kesekian kalinya, Ketua PCNU Kota Cirebon, Drs H Eman Suryaman MM yang juga satu dari empat bakal calon yang mendaftar ke PKB, bersilaturahmi ke KH Muchlas Dimyati, sesepuh NU yang dikabarkan memiliki kedekatan khusus dengan Ketua Dewan Syuro DPP PKB KH Abdurahman Wahid (Gus Dur).

Dalam pertemuan yang berlangsung sejak pukul 20.00 hingga 01.00 dini hari Selasa (23/10) di Pontren Gedongan, Kabupaten Cirebon. H Eman mendapatkan restu dari KH Muchlas untuk maju sebagai calon walikota.

Hadi<>r dalam pertemuan di kediaman KH Muchlas Mustasyar PCNU Kota Cirebon KH Fathoni, Rais Syuriah PC NU Kota Cirebon KH Ahmad Sanusi beserta sejumlah ulama NU Kota Cirebon. Tampak juga Ketua Dewan Syuro DPC PKB Kota Cirebon Kiai Dimyati, Ketua Dewan Tanfidz DPC PKB Kota Cirebon H Abdul Muiz SAg beserta jajaran struktur DPC PKB Kota Cirebon.

KH Muchlas mengungkapkan, silaturahmi H Eman dengan dirinya sejauh ini sangat baik. Dan sepengetahuannya, H Eman memiliki kedekatan dengan mayoritas ulama NU, khususnya di Kota Cirebon. “Pak Eman juga sudah didukung ulama dan kiai Kota Cirebon, jadi dia layak maju,” tandas KH Muchlas.

Lebih lanjut KH Muchlas mengungkapkan, sebagai orang NU, dirinya tidak memiliki hak apapun dalam mencampuri urusan internal DPC PKB Kota Cirebon. Terutama dalam menentukan siapa yang harus diusung partai pimpinan Gus Dur itu. “Itu urusan partai, biarkan ditentukan oleh orang-orang PKB sendiri,” sambungnya.

KH Muchlas juga menjelaskan relasi sejarah antara NU dengan PKB yang patut diingat. Menurutnya, tidak bisa dipungkiri bahwa PKB itu dilahirkan oleh NU. “Jadi saya tegaskan bahwa PKB pasti NU. Tapi NU tidak mesti PKB. Pemilih PKB kan orang NU, tapi orang NU bukan hanya di PKB. Tentang hal ini awas diperhatikan jangan keliru loh,” tandas KH Muchlas berulang-ulang.

Sementara itu, Ketua PC NU Kota Cirebon, Drs H Eman Suryaman mengucapkan terima kasih atas restu yang diberikan. Menurutnya, restu tersebut adalah amanat yang harus diemban dengan sebaik-baiknya. Terlebih KH Muchlas adalah ulama panutan NU.

Saat ini H Eman Suryaman sedang menunggu rekomendasi dari DPP PKB, setelah sebelumnya, Minggu (21/10) digelar musyawarah kebangkitan DPC PKB Kota Cirebon. H Eman bersaing dengan tiga calon lainnya yang mendaftar ke PKB, yakni H Suryana (anggota DPR RI dari PDIP), Bambang Surono Ak (kader Golkar yang gagal dalam konvensi), dan Dani Ridwan (kader PKB).

Perlu diketahui bahwa selain menunggu keputusan DPP, sejauh ini terdapat sekitar 13 partai politik yang sudah menyatakan siap mendukung Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Cirebon, Drs H Eman Suryaman MM. Di antaranya adalah partai dengan perolehan suara besar di Pemilu 2004 yakni Partai Demokrat, serta sejumlah partai kecil. Sementara di PPP, H Eman Suryaman juga masuk dalam penjaringan nama yang dilakukan oleh tim pilkada PPP bersama sejumlah nama lainnya.(ksd)

Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG