IMG-LOGO
Jelang Muktamar Ke-34 NU
MUNAS-KONBES NU 2019

Saat Munas-Konbes, Ada Diskusi Publik dan Bedah Buku di Panggung Bazar


Rabu 27 Februari 2019 12:00 WIB
Bagikan:
Saat Munas-Konbes, Ada Diskusi Publik dan Bedah Buku di Panggung Bazar
Halaqah nasional di Panggung Bazar Munas-Konbes NU
Kota Banjar, NU Online
Selama pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar atau Konbes Nahdlatul Ulama, ada sejumlah kajian yang digelar di panggung bazar ilmiah. Dari mulai bedah buku dan seminar yang terbuka untuk umum.

“Kegiatan ini sudah kami rancang jauh-jauh hari sebelum Munas dan Konbes berlangsung,” kata Ustadz Ma’ruf Asrori, Rabu (27/2). Sejumlah narasumber telah dipastikan hadir dan siap mengisi kegiatan yang dimulai sejak Selasa hingga Kamis (26-28/2) tersebut, lanjutnya.

Kegiatan pertama adalah Ngaji Plastik yang menghadirkan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU). “Kegiatan berlangsung kemarin (Selasa, red) dan disambut antusias peserta,” jelas penanggungjawab kegiatan ini.

Demikian pula di hari yang sama telah berlangsung seminar NU Cash. Dan berikutnya seminar Fiqih Kebahagiaan Menuju Indonesia Inklusif. “Kami menghadirkan KH Husein Muhammad, Ulil Abshar Abdalla dan Nina Sarjunani,” kata Direktur Khalista Surabaya ini.

Malamnya, ada halaqah kemandirian pesantren yang mendatangkan H Sarmidi Husna, Sekretaris Lembaga Bahtsul Masail PBNU dan PMK. 
“Untuk hari ini, tepatnya nanti malam ada bedah syair Shalawat Badar dan bedah buku Menjadi Manusia Rohani,” ungkap alumnus Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya tersebut. 

Ada dua narasumber yang akan mengisi kegiatan itu yakni RM Imam Abdillah dan Ulil Abshar Abdalla. “Silakan hadir nanti malam sejak pukul 19.30 hingga 22.00,” ajak Ustadz Ma’ruf. Bahkan kegiatan berlanjut dengan penampilan seni Karinding, lanjutnya.

Yang sangat padat adalah pada Kamis (28/2) yakni aneka kajian sejak pagi hingga tengah malam. 

Pada pukul 08.00 sampai 10.00 membedah dua buku yakni Nasionalisme Sarungan dan Islamisme di Era Transisi Demokrasi, Pengalaman Indonesia, Mesir. “Sebagai narasumber adalah H A Helmy Faishal Zaini, H Imdadul Rahmat, serta H Rumadi Ahmad,” terangnya.

Berikutnya juga bedah buku 99 Tokoh Muda NU Inspiratif dan Buku Pintar Islam Nusantara. Pemateri adalah Mohammad Anwar dan HM Sulton Fathoni.

“Sesi ketiga diskusi buku Peradaban Sarung dan Islamisasi Nusantara dengan narasumber Ahmad Dofir Zuhri dan Ahmad Baso,” jelasnya. 
Sedangkan pada pukul 15.30 hingga 17.00 WIB bedah buku Kiai Kantong Bolong, Refleksi Kisah-kisah Kepemimpinan Bangsa yang mendatangkan penulis yakni Ustadz Rijal Mumazziq Zionis.

Sesi terakhir yakni 19.30 WIB sampai 22.00 ada KH Marzuki Mustamar dan Ustadz Ahmad Muntaha yang membahas Islam Nusantara dan Dalil Praktis Amaliah Nahdliyah.

“Untuk penutup, akan ada penampilan seni talawangsa dan kecapi suling,” ungkapnya.

Selama kegiatan berlangsung, pengunjung dapat pula melihat aneka stan yang menyediakan berbagai kebutuhan. “Di sini banyak yang bisa didapat, dari mulai barang kebutuhan, hingga referensi berupa kitab dan buku untuk dijadikan buah tangan bagi peserta Munas dan Konbes,” tandas Ustadz Ma’ruf.

Kegiatan ini sebagai rangkaian memeriahkan Munas dan Konbes NU 2019 di Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo, Kota Banjar, Jawa Barat. (Ibnu Nawawi)

Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG