IMG-LOGO
Nasional

Terkait Sampah, Lembaga Pendidikan Belum Aplikatif


Kamis 28 Februari 2019 23:15 WIB
Bagikan:
Terkait Sampah, Lembaga Pendidikan Belum Aplikatif
Banjar, NU Online
Direktur Bank Sampah Nusantara Lembaga Penanggulangan Bencana dan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Fitri Aryani mengatakan persoalan dalam menangani masalah sampah di Indonesia harus dimulai dari dunia pendidikan.

Menurut dia, di pesantren atau lembaga pendidikan umum pun mengenal kebersihan sebagian dari iman. Namun, hal tersebut tidak aplikatif dalam kehidupan keseharian. 

"Dalam soal sampah plastik misalnya, Indonesia menempati urutan kedua sebagai pembuang sampah ke laut, setelah China," katanya. "Pola pikir yang harus berubah. Dalam penanganan sampah di Australia sama dengan Jepang dalam hal gempa. Jadi, kampanye sampah mereka lakukan kepada anak-anak sejak di bangku sekolah,” katanya. 

Jadi, lanjutnya, ketika besar itu tidak seperti kita harus ada sosialisasi dan kampanye. Masuk di kurikulum sekolah. Menjaga kebersihan, memilah sampah itu selesai di sekolah.

Khusus sampah plastik, menurut Fitri, hingga saat ini belum ada solusi terbaik untuk menanganinya “Kalau pemerintah melarang kita-kita ini menggunakan sampah plastik, pemerintah dan perusahaan harus mencari solusi apa penggantinya karena soal pemakaian plastik itu soal mindset. Jadi, apa-apa kita kan dari bangun sampai tidur ketemunya dengan produk plastik,” katanya. 

Kalau masyarakat tiba-tiba secara ekstrem harus menghentikan plastik tanpa diberikan solusi penggantinya, itu yang sebenarnya sangat susah. 

"Paling efektif dilakukan sekarang ini sebenarnya adalah memilah sampah, mana yang organik dan anorganik, sampah plastik dipisah dengan sampah yang bisa membusuk. Itu akan sangat membantu," katanya.

Para kiai NU membahasa hukum membuang sampah plastik pada Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama di Pondok Pesantren Miftahull Huda Al-Azhar mulai 28 Februari hingga 1 Maret. Para kiai menyatakan haram membuang sampah plastik sembarangan. (Abdullah Alawi)

Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG