IMG-LOGO
Daerah

Cara Menghafal Al-Qur’an adalah Selalu Mengulang Bacaan


Jumat 1 Maret 2019 14:30 WIB
Bagikan:
Cara Menghafal Al-Qur’an adalah Selalu Mengulang Bacaan
Kota Banjar, NU Online
Ibadah yang sangat utama adalah membaca, serta mengajarkan Al-Qur’an. Hal tersebut berdasarkan hadits dan diingatkan Nyai Hj Dairotul Hasanah Alhafidzah kepada NUOnline, Jumat (1/3).

Menurut istri KH Munawir Ar yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo Kota Banjar ini, banyak tujuan dari menghafal ayat-ayat dalam kitab suci. “Tujuan menghafal Al-Qur’an itu agar kita selalu membacanya,” ungkapnya.

Perempuan asal Klaten yang merupakan lulusan Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta tersebut juga selalu membimbing sejumlah santriwati untuk menghafal Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam menghafal yaitu dengan membaca berulang-ulang atau mudawamah. 

Dirinya juga selalu berpesan kepada santrinya agar selau sabar dalam menghafal Al-Qur’an. “Karena menghafal tidak mudah. Untuk menghilangkan kesulitan tersebut maka yang harus selalu dilakukan adalah membacanya berulang-ulang atau mudawamah,” jelasnya. 

Perempuan yang dikaruniai delapan anak ini selalu mengingatkan bahwa banyak kelebihan yang dimiliki bagi mereka yang menjadi penghafal Al-Qur’an. “Penghafal Al-Qur’an mayitnya akan utuh dalam kubur,” tandasnya. (Siti Aisyah/Ibnu Nawawi)
  

Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG