::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Asah Kemampuan Siswa SD/MI, Pelajar NU Kademangaran Tegal Gelar Try Out USBN

Sabtu, 09 Maret 2019 18:00 Daerah

Bagikan

Asah Kemampuan Siswa SD/MI, Pelajar NU Kademangaran Tegal Gelar Try Out USBN
Try Out USBN bagi siswa SD/MI di Tegal, Jateng
Tegal, NU Online
Dalam rangka mengasah kemampuan siswa guna menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun 2019 bagi siswa SD/MI, IPNU-IPPNU Kademangaran Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Kamis (7/3/) menggelar try Out USBN 2019 bekerjasama dengan SMP NU 01 Dukuhturi dan diikuti oleh 300 peserta dari 15 SD/MI se-Kecamatan Dukuhturi.

Ketua IPPNU Kademangaran Fakhmia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk membantu pelajar dalam mengasah kemampuan dan potensi siswa kelas 6 dalam menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional tahun 2019, dan memberikan rumusan pada pelajar tentang cara cepat dan tepat dalam mengerjakan UN. "Tujuan diadakan try out yakni untuk mengetahui kemampuan siswa, sejauh mana mereka menyerap pelajaran yang sudah disampaikan di SD/MI masing-masing, sehingga dapat memotivasi siswa untuk terus belajar, menuju sukses USBN," tandasnya.

Ketua IPNU Kademangaran Zakaria Ansor menambahkan, kegiatan try out bagi siswa SD/MI merupakan program rutin IPNU IPPNU Kademangaran. "Alhamdulillah kegiatan ini sudah berjalan 3 kali berturut-turut diprogramkan oleh IPNU-IPPNU Kademangaran. Harapannya mereka bisa mendapat nilai USBN yang memuaskan sesuai harapan semuanya," ungkapnya.

Menurutnya, materi try out diambil dari tiga mata pelajaran yang diujikan untuk USBN SD/MI yaitu soal pilihan ganda sebanyak 60 butir soal, terdiri dari mapel IPA 20 soal, Bahasa Indonesia 20 soal dan Matematika 20 soal. "Tahun ini peserta meningkat dua kali lipat dari tahun lalu dan peserta juga cukup antusias," imbuhnya

Kepala SMP NU 01 Dukuhturi Khasan Fauzi mengapresiasi langkah yang dilakukan IPNU-IPPNU Desa Kademangaran. Kegiatan tersebut sangat positif guna membantu para pelajar di Kecamatan Dukuhturi. "Ini hal yang positif untuk membantu siswa. Bagi sekolah juga menjadi sarana sosialisasi keberadaan SMP NU 01 Dukuhturi kepada masyarakat," ujarnya.

Ketua panitia Try Out Amirul Syafiq kepada NU Online, Sabtu (9/3) menyampaikan, Try Out USBN mengusung tema Satu Langkah Menuju Prestasi Bersama IPNU-IPPNU Kademangaran. Tema ini diusung dengan harapan siswa siswi SD MI dapat melangkah sukses ke depannya dan dapat mewujudkan cita-cita yg diinginkan dengan awal mengikuti Try Out SD/MI bersama IPNU IPPNU Kademangaran.

Dari hasil Try Out USBN SD/MI, terbaik pertama diraih oleh siswa dari SD Negeri Slerok 2 atas nama Mohammad Rafi Adyatma Ananta dengan nilai 80, terbaik 2 M Labib Syahbana dari SD Negeri 02 Kaligayam dengan nilai 77, dan terbaik 3 Nafila Rabbani dari SD Negeri Slerok 1 dengan nilai 73.

"Juara terbaik 1 memperoleh uang pembinaan sebesar 200 ribu rupiah dan Beasiswa dari SMP NU 01 Dukuhturi, Juara 2 memperoleh uang pembinaan 150 ribu rupiah dan beasiswa dari SMP NU 01 Dukuhturi dan Juara 3, memperoleh uang pembinaan 100 ribu rupiah dan beasiswa dari SMP NU 01 Dukuhturi. (Nurkhasan/Muiz)