IMG-LOGO
Trending Now:
Nasional

Santri Putri Pesantren Purbalingga Ini Lolos Beasiswa S2 Mancanegara


Rabu 20 Maret 2019 14:30 WIB
Bagikan:
Santri Putri Pesantren Purbalingga Ini Lolos Beasiswa S2 Mancanegara
Santri penerima beasiswa S2 di Swedia
Jakarta, NU Online
Keluarga besar Pesantren Minhajut Tholabah Jl Al-Ikhlas 02/X Kembangan, Bukateja, Purbalingga, Jawa Tengah sedang diliputi kebahagiaan. Pasalnya, salah satu santrinya atas nama Ika Nur Atikoh dinyatakan lolos dalam program beasiswa S2 dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang dikelola Kementerian Keuangan.

Kabar tersebut disampaikan Ketua Umum Yayasan Pendidikan Islam Minhajut Tholabah, KH Basyir Fadhlullah, kepada NU Online melalui telepon seluler, Selasa (19/3). “Kami bersyukur sekali salah satu santri kami lolos beasiswa LPDP di Swedia,” ujarnya.

Menurut Kiai Basyir, Ika Nur Atikoh binti Taufiq merupakan alumnus Pesantren Minhajut Tholabah yang lolos seleksi beasiswa LPDP di mancanegara. Santri yang akrab dipanggil Ika ini merupakan santri lulusan MTs-MA Minhajut Tholabah. Kemudian Ika menerima beasiswa Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kemenag RI saat menempuh S1 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 

Pria yang juga bagian dari Pengasuh Pesantren Minhajut Tholabah ini menambahkan, beasiswa LPDP merupakan salah satu beasiswa unggulan dari pemerintah Indonesia yang memungkinkan ribuan mahasiswa republik ini menempuh pendidikan tinggi di luar negeri secara gratis. Kisah sukses santri itu juga ditayangkan di portal resmi pesantren tersebut, http://www.ypi-minthol.org

“Beasiswa LPDP akan menanggung seluruh biaya pendidikan dan biaya hidup mahasiswa 100 persen. Ini mencakup biaya pendaftaran universitas, biaya non-SPP yang bisa digunakan untuk beli buku dan ikut seminar. Selain itu, juga dapat biaya transportasi ke universitas tujuan, asuransi kesehatan, uang bulanan, hingga tunjangan keluarga,” tuturnya.

Menurut Kiai Basyir, setelah menyelesaikan S1 Prodi Kesehatan Masyarakat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ika kemudian mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi Program Beasiswa LPDP Kementerian Keuangan RI.

Ternyata, lanjut dia, ini bukan kali pertamanya Ika mendaftarkan diri untuk program beasiswa tersebut. Pada kali pertamanya, Ika mendaftar masih belum lolos seleksi. Namun, pada kesempatan kedua setelah melewati tahap seleksi yang cukup ketat akhirnya Ika berhasil lolos.

“Alhamdulillah, Ika lulus seleksi beasiswa LPDP Program Magister Luar Negeri 2019 di Karolinska Institutet Swedia bidang Keilmuan Medicine Program Studi Master’s Programme in Public Health Sciences,” ungkap pria lulusan Pesantren Ciganjur Jakarta Selatan ini.

Ia berharap, para santri Minhajut Tholabah bisa meneladani jejak Ika Nur Atikoh dalam meraih prestasi. Ia juga mendoakan santrinya itu berhasil dalam mencari ilmu. “Selamat dan sukses untuk ananda Ika. Semoga ilmu yang didapat membawa keberkahan di dunia dan akhirat. Aamiin,” pungkas Kiai Basyir. (Musthofa Asrori)
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG