IMG-LOGO
Daerah

Ketua Ma’arif NU Bondowoso Pantau Pelaksanaan UNBK

Senin 25 Maret 2019 14:0 WIB
Bagikan:
Ketua Ma’arif NU Bondowoso Pantau Pelaksanaan UNBK
Ketua PC LP Ma'arif NU Bondowoso memantau UNBK di SMK NU Tenggarang
Bondowoso, NU Online
Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK serentak akan berlangsung Senin hingga Kamis (25-28/3). Karenanya, Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur melakukan pemantauan atau monitoring.    

Kali ini kunjungan dilakukan Ketua PC LP Ma’arif NU Bondowoso, Mohammad Mazuqi ke Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama (SMK NU) Tenggarang. Kepala sekolah setempat, Daris Wibisono Setiawan menerima dengan didampingi Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Muhammad Susanto. 

“Saya merasa bahagia bisa melihat anak-anak yang kurang beruntung secara ekonomi bisa tampak berwibawa di depan laptop sambil mengerjakan soal-soal ujian dengan tenang dan wajah bahagia,” kata Marzuqi, Senin (25/4) pagi.

Pada kesempatan tersebut, Marzuqi berpesan kepada SMK NU Tenggarang untuk terus berupaya menjadi pembeda dengan sekolah lain.

“Saya berharap SMK NU Tenggarang tetap menjadi sekolah yang gratis sampai lulus,” harapnya. Tidak hanya itu, juga membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi anak kurang mampu untuk bisa sekolah dengan gratis, lanjutnya.

Karena dalam pandangannya, memberikan pendidikan terbaik akan turut menentukan masa depan peserta didik. “Semua demi masa depan mereka,” ungkapnya. 

Namun demikian, dirinya berharap agar sekolah ini tetap menjaga mutu. “Walaupun gratis, jangan lupa jaga terus kualitas,” pintanya.

Dirinya juga berharap dengan bekal kompetensi vokasional yang telah diberikan kepada siswa, menjadi bekal terbaik. “Sehingga mereka mampu bersaing di dunia kerja,” katanya. 

Hal tersebut berlaku bagi lulusan yang langsung ingin kerja. “Dan bagi yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi jangan khawatir, ke depan akan banyak beasiswa,” urainya.

Daris Wibisono Setiawan bersyukur karena di sekolahnya ada 49 siswa yang mengikuti ujian. Dan  semua sudah menggunakan laptop, tidak lagi menggunakan komputer.

"Ada 29 laptop yang kami sediakan," ucapnya

UNBK ada dua sesi, pertama dimulai pukul 07:30 hingga 09:30 WIB dan kedua pukul 10:30 sampai 12:30 WIB. “Alhamdulilah, bisa dikatakan kalau di sini bukan UNBK tapi UNBL atau Ujian Nasional Berbasis Laptop,” canda Daris sambil tertawa.  

Pantauan NU Online, UNBK di sekolah ini berjalan lancar dan tenang. Meskipun merupakan sekolah gratis sampai lulus, sejak lama pihak sekolah mampu melaksanakan ujian nasional secara mandiri.

SMK yang berada di bawah naungan PC LP Ma’arif NU Bondowoso adalah SMK NU Tenggarang, SMK NU 02 Tlogosari dan SMK NU 03 Sukosari.

Dalam pelaksanaan monitoring, Ketua PC LP Ma’arif NU memberikan instrumen pelaksanaan ujian nasional yang harus diisi dan dibawa lagi sebagai bahan evaluasi. (Ade Nurwahyudi/Ibnu Nawawi)

Bagikan:
Senin 25 Maret 2019 22:30 WIB
HARLAH KE-96 NU
Nahdliyin Parepare Doakan Kedamaian Indonesia dan Dunia
Nahdliyin Parepare Doakan Kedamaian Indonesia dan Dunia
Istoghtsah NU Parepare.
Parepare, NU Online
Peringatan hari lahir ke-96 Nahdlatul Ulama (NU), Sabtu (23/3) serentak terlaksana di cabang-cabang NU di Indonesia dan dunia. Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Parepare, Sulawesi Setalan turut melaksanakan istighotsah kubro dan tahlilan bersama warga NU se-Kota Parepare dengan mengangkat tema Mengokohkan Semangat Ke-Indonesia-an, Bersatu Membangun Negeri.

Selain mendoakan kedamaian Indonesia, KH Arief Pasih yang memimpin doa juga turut mendoakan korban terorisme di Selandia Baru. Acara lalu dilanjutkan dengan doa khusus oleh Ketua NU Care-LAZISNU Parepare, Gurutta' Shodiq Asli Umar untuk seluruh donatur dan dermawan yang telah ikut serta berperan aktif memberikan kontribusi demi pembangunan Gedung Kantor NU Parepare, Istana Tahfidzul Qur'an, dan juga persiapan pembangunan Pesantren NU di Parepare.

"Terima kasih kepada seluruh warga NU dan juga kepada seluruh masyarakat yang telah membantu, maupun juga yang belum kita doakan semoga semua bantuan menjadi amal jariyah dan mendapatkan keberkahan dari Allah Swt," ungkap Kiai Hannani Yunus, ketua Tanfidziyah NU Parepare.

Kegiatan yang dihadiri warga dari seluruh Banom NU se-Kota Parepare ini sendiri ditutup dengan beberapa penyampaian dan mendoakan pelaku sejarah yang berperan membesarkan NU di Kota Parepare, H Abd Muiz Kabry dan Rahman Idrus.

Dan paling akhir mengumandangkan lagu Ya Lal Wathon dengan komando dari Panglima Laskar Santri Kota Parepare, Syekh Abdullah. (Ibrahim Laiman/Kendi Setiawan)

 
Senin 25 Maret 2019 22:0 WIB
HARLAH KE-96 NU
PCNU Majalengka Ajak Nahdliyin Wujudkan Harmoni
PCNU Majalengka Ajak Nahdliyin Wujudkan Harmoni
Istighotsah NU Majalengka.
Majalengka, NU Online
Panjatan doa dan keikhlasan Nahdliyin dalam menjaga keutuhan bangsa mutlak diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat agar terwujud keharmonisan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara.

Demikian diungkapkan oleh Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, H Dedi Mulyadi, dalam sambutan Harlah ke-96 NU di Aula Al Hasany PCNU Kabupaten Majalengka, Sabtu (23/3) malam.

Ia pun menambahkan dalam momentum Harlah ini, sebagai warga NU punya kewajiban untuk terus bersatu bergerak seirama sesuai dengan kapasitas dan kemampuan masing-masing memberikan pencerahan dan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya tetap menjaga kebersamaan dan persatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terlebih ditahun politik saat ini.

"Kita semua warga nahdliyin dibawah bimbingan para kiai harus terus turun dan mendekati masyarakat agar terhindar dari ajakan golongan-golongan yang mencoba memberikan pemahaman baru tentang berkehidupan kebangsaan di NKRI tercinta ini, apalagi di tahun politik saat ini," tambahnya.

Pria yang biasa disapa Kang Dedi ini juga dalam akhir sambutannya mengajak kaum Nahdliyin khususnya kaum muda NU di Majalengka untuk terus menjaga soliditas dan menggali potensi yang ada agar mampu meramaikan kantor NU dengan berbagai aktivitas positif dan syiar NU di Majalengka lebih massif lagi.

"Malam ini melalui rangkaian istighosah kubro ini, kami mengajak semua Nahdliyin khususnya kaum muda NU Majalengka siap tampil meramaikan syiar NU melalui kegiatan-kegiatan positif yang imbasnya bisa dirasakan oleh masyarakat. Silahkan gunakan dan ramaikan kantor ini dengan berbagai aktifitas positif," ajaknya dengan penuh semangat.

Acara yang ditutup dengan ngaji bersama KH Buya Syakur, dari Indramayu dengan tema utama shalat itu harus mampu mempersatukan umat. Tampak hadir Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Majalengka, jajaran tanfidziyah PCNU Kabupaten Majalengka, para ketua badan otonom NU beserta jajarannya dan ratusan perwakilan warga Nahdliyin dari setiap kecamatan se-Kabupaten Majalengka. (Tata Irawan/Kendi Setiawan)
Senin 25 Maret 2019 20:30 WIB
Ajak Generasi Tidak Golput, PMII NTB Gelar Seminar Pemilu
Ajak Generasi Tidak Golput, PMII NTB Gelar Seminar Pemilu
Seminar Pemilu di Mataram NTB

Mataram, NU Online

Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Bali-Nusa Tenggara menggelar seminar tentang Pemilu bertema meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menggunakan hak pilih di Pemilu 2019. Acara yang terpusat di aula gedung PGRI NTB Jalan Kaktus Kota Mataram, Senin (25/3), berlangsung lancar.


Pada acara tersebut dihadiri anggota Bawaslu NTB Umar Ahmad Seth, Anggota KPU NTB Agus Salim, dan akademisi UIN Mataram Dr Kadri. Selain itu juga hadir lebih kurang 100 peserta dari berbagai lapisan masyarakat dan kader PMII NTB.


Ketua PKC PMII NTB Aziz Muslim dalam sambutannya menyampaikan pentingnya anak muda membantu KPU dalam mewujudkan pemilu berintegritas.


Hal ini menurutnya disebabkan oleh beberapa fenomena yang menguap ke permukaan. Misalnya, banyak oknum yang menganjurkan masyarakat untuk menjadi golput dan penggelindingan isu untuk tidak percaya pada penyelenggara Pemilu.


“Pemilu merupakan buah dari reformasi yang pada zamannya diraih dengan penuh pengorbanan dari senior-senior kita,” jelasnya.


Peran kita sebagai OKP sekarang adalah menjaga Pemilu ini jauh dari intrik- kejahatan seperti hoaks, politik uang dan kampanye hitam. 


Pemerintah, tambahnya, sebagai penanggung jawab Pemilu seharusnya juga memahami kebutuhan masyarakat sehingga bisa bergandengan tangan untuk bersama-sama menciptakan pemilu berintegritas.


Pemerintah provinsi NTB yang diwakili staf Kesbangpol Kemendagri NTB, Normal Suzana, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kaum muda harus menjadi pelopor dalam pelaksanaan Pemilu 2019. 


“Kepeloporan tersebut dapat dibuktikan dengan berdiri paling depan untuk melawan segala macam hoaks dan politik uang di masyarakat,” harapnya. (Hadi/Musthofa Asrori)


IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG