UPI Pastikan Hadiri Rakernas KMNU di Kota Bandar Lampung

UPI Pastikan Hadiri Rakernas KMNU di Kota Bandar Lampung
KMNU UPI siap hadiri Rakernas di Kota Bandar lampung.
KMNU UPI siap hadiri Rakernas di Kota Bandar lampung.
Bandung, NU Online
Pengurus Pusat (PP) Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) akan melangsungkan Rapat Kerja Nasional atau Rakernas. Kegiatan berlangsung Jumat hingga Ahad (29-31/3).

Ini merupakan Rakernas kelima, serta dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Muttaqien, Kemiling, Kota Bandar Lampung. Setidaknya 24 KMNU perguruan tinggi se-Indonesia akan turut hadir.

KMNU Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, mengirimkan delegasi mengikuti Rakernas. “Delegasi yang dikirim adalah mahasiswa-mahasiswi UPI Bandung yang menjabat sebagai pengurus di tingkat perguruan tinggi, regional, dan pusat,” kata Irfansyah Maulana, Selasa (26/3). 

Hingga kini, kader KMNU UPI yang tercatat sebagai pengurus di tingkat pusat sebanyak 4 orang di Departemen Nasional (Depnas), yaitu Depnas bidang administrasi, bidang pusat komunikasi, bidang kaderisasi, dan bidang pengabdian masyarakat. 

“Selain itu, kader kami juga dipercaya sebagai Presidium Nasional (Presnas) II KMNU bersama 4 Presnas lainnya yang berasal dari KMNU IPB, KMNU Padjadjaran, KMNU UNY, dan KMNU Unsoed,” kata Ketua KMNU UPI periode 2018-2019 tersebut.

Di tingkat regional, sejumlah 7 kader KMNU UPI mengisi seluruh jajaran BPH dan divisi-divisi di Regional 3 Bandung Raya, yaitu jajaran sekretaris, bendahara, divisi kaderisasi, divisi humas, dan divisi kajian dakwah.

Sedangkan di tingkat perguruan tinggi, KMNU UPI memiliki BPH dan 4 departemen, yaitu pengembangan organisasi dan kaderisasi, pendidikan dan kebudayaan, hubungan masyarakat, serta kewirausahaan dan ekonomi mandiri.

M Irfansyah Maulana menjelaskan, pada kepemimpinannya merekomendasikan kader KMNU UPI di tingkat regional dan pusat untuk memberikan citra positif. "Selain itu, tugas mereka adalah menyampaikan aspirasi dan pendapat untuk keberlansungan dinamika organisasi di tingkat regional dan pusat,” ungkapnya.

Dengan banyaknya kader di tingkat regional dan nasional, KMNU UPI memiliki tanggung jawab dan beban moril untuk menyukseskan Rakernas V KMNU.

Ruby Supandi selaku Ketua KMNU UPI terpilih 2019-2020 menyampaikan bahwa mengirim 13 delegasi sebagai representasi atas perwakilan.

Menurutnya, sejak berdiri 2009, KMNU UPI ikut berperan aktif dalam menyukseskan agenda nasional seperti Munas dan Rakernas. Puncaknya, pada tahun 2016 dipercaya sebagai lokasi pembukaan Munas II KMNU yang dihadiri Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj. 

“Pada saat itu, pimpinan UPI menyambut baik agenda nasional KMNU yang dibuktikan dengan hadirnya jajaran Rektor dan Wakil Rektor UPI pada pembukaan Munas II KMNU di Gedung JICA UPI,” ungkapnya.

Tahun 2018, KMNU UPI juga mengirimkan 12 orang mengikuti Rakernas IV KMNU di Pondok Pesantren Al Islam, Mlarak, Ponorogo. “Dengan hal tersebut, kami menunjukkan konsistensi terus ikut berpartisipasi dalam agenda nasional yang diselenggarakan,” tegasnya.

“Dengan rekam jejak yang terus berpartisipasi aktif dalam agenda nasional, kami siap menyukseskan dan menyemarakkan Rakernas V KMNU yang diselenggarakan di Kota Bandar Lampung,” pungkasnya. (Maulana Muhammad I/Ibnu Nawawi)

BNI Mobile