IMG-LOGO
Pemberdayaan

Pergunu Bandung Latih Warga Beternak Lebah


Senin 1 April 2019 05:30 WIB
Bagikan:
Pergunu Bandung Latih Warga Beternak Lebah
Pelatihan ternak lebah Pergunu Bandung.
Bandung, NU Online
Pimpinan Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PC Pergunu) Kabupaten Bandung bekerjasama dengan Universitas Padjajaran (Unpad) menyelenggarakan pelatihan dan sosialisasi ternak lebah.

Kegiatan tersebut digelar Sabtu (30/1) di Kampung Pasir Bentang, Desa Mekarjaya, Kecamatan Arjasari dengan melibatkan kelompok tani di daerah itu.

Pertemuan ini diikuti oleh 70 orang yang tergabung kedalam kelompok tani, dan dihadiri oleh pakar pertanian, Yadi Supriyadi, dan Marlis Nawawi selaku tim ternak lebah Unpad, Ketua Pergunu Kabupaten Bandung Johan Rojak, dan  Wakil Bendahara Muhamad Cahya Rizqi.

Agenda sosialisasi dan pelatihan ternak lebah tersebut adalah kunjungan ke dua di Kecamatan Arjasari, yang sebelumnya pernah digelar di Pondok pesantren Al Faqihiyyah, Arjasari.

Yadi Supriyadi menjelaskan betapa pentingnya terutama bagi para petani dalam melestarikan lingkungan dan memanfaatkan potensi sumber daya yang ada serta menjadi kebutuhan primer dalam meningkatkan ekonomi petani.

"Program ini sangat baik dan akan terus diadakan pelatihan pelatihan secara masif demi terwujudnya harapan dan cita cita para tani untuk mengelola ternak lebah," katanya.

Sementara itu, Marlis Nawawi menjelaskan bahwa tujuan kunjungan ini adalah untuk memperkenalkan dan memberikan gambaran gambaran yang berkaitan dengan pengelolaan ternak lebah, baik dari segi koloni lebah itu sendiri atau pun segi tanaman tanaman yang cocok dan sesuai dengan lebah, sehingga akan menghasilkan madu yang memuaskan.

Lebih lanjut, Ketua PC Pergunu Kabupaten Bandung, Johan Rojak menjelaskan program tersebut sebagai bentuk kepedulian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama petani dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Sebagai keseriusan, kata Rojak, program ini akan terus dilanjutkan dan berjalan ke beberapa daerah yang lain, terutama daerah yang potensial dalam pengelolaan ternak lebah. Hal itu bertujun untuk meningkatkan potensi sumber daya alam dan manusia. (Muhamad Cahya Rizqi/Kendi Setiawan)

Bagikan:
IMG
IMG