Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

PBNU: Rakernas LPPNU Harus Bisa Menguatkan Peran Petani

PBNU: Rakernas LPPNU Harus Bisa Menguatkan Peran Petani
Waketum PBNU, HM Maksum Mahfoedz
Waketum PBNU, HM Maksum Mahfoedz
Jakarta, NU Online
Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama H Mochammad Maksum Mahfoedz berpesan, Rapat Kerja Nasional Lembaga Pengembangan Pertanian PBNU yang sedang dilaksanakan di Hotel Grand Cempaka Jakarta Pusat untuk menguatkan diri agar misi untuk mensejahterakan petani tercapai.

"Rakernas ini agar menguatkan, mengkonsolidasikan misi LPP NU untuk kesejahteraan petani NU khususnya dan petani Indonesia umumnya," kata Maksum di sela-sela menghadiri pembukaan Rakernas LPP PBNU di Hotel Grand Cempaka Jakarta Pusat, Senin (1/4).

Menurut Maksum, agar tujuan tersebut tercapai, LPP PBNU harus mencermati banyak hal, seperti melihat sistem agribisnis,
sistem agroindustri, dan sistem perikanan.  Setelah mencermati, tindakan selanjutnya harus berani memetakan hal-hal apa saja yang harus dibenahi.

"Ketika kita ketemu kondisi makronya, maka akan ketemu aneka macam persoalan dan di situlah kita bisa melakukan advokasi politik, bisa melakukan percontohan, bisa melakukan lobi di dinas masing-masing," ucapnya.

Untuk itu, lanjut pria yang juga Guru Besar Sosial ekonomi Industri Pertanian Universitas Gajah Mada Yogyakarta ini, LPP PBNU harus mengkonsolidaskkan kekuatan NU yang ada di daerah-daerah agar bersuara.

"Nantinya bersuara melalui aneka kelompok kekuatan untuk bisa berkhidmat lebih kuat bagi pengembangan kesejahteraan petani NU khusunya dan petani bangsa indonesia umumnya," ucapnya.

Sebelumnya, pembukaan Rakernas dilakukan Menteri Pertanian H Andi Amran Sulaiman. Hadir pada pembukaan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, Ketua PBNU bidang Ekonomi H Eman Suryaman, dan petani dari berbagai daerah. (Husni Sahal/Muiz)
BNI Mobile