IMG-LOGO
Daerah

Penutup Rajab di Kota Solo Ada Khatmil Bukhari dan Bubur Haritsah


Kamis 4 April 2019 23:00 WIB
Bagikan:
Penutup Rajab di Kota Solo Ada Khatmil Bukhari dan Bubur Haritsah
Kegiatan khataman Shahih Bukhari di Solo, Jateng
Solo, NU Online
Masjid Riyadh yang terletak di Pasar Kliwon Kota Solo Jawa Tengah, setiap setahun sekali mengadakan acara yang disebut dengan Khatmil Bukhari. 

Kegiatan ini merupakan acara puncak atau penutupan pembacaan kitab hadits Shahih Bukhari, yang telah dikaji beberapa waktu sebelumnya. Biasanya setiap menjelang dzuhur diadakan kajian kitab karya seorang ulama ahli hadits yang masyhur, Imam Bukhori. Kajian tersebut biasanya diakhiri pada bulan Rajab.

Menurut Habib Muhammad bin Husein Al Habsyi, acara Khatmil Bukhari ini merupakan tradisi baik yang berasal dari Yaman dan sekarang tradisi ini juga populer di Indonesia. 

“Banyak kota di Indonesia mengadakan pembacaan shahih bukhari pada bulan Rajab dan Sya'ban bahkan ada yang membacanya hingga bulan Ramadhan. Diantara kota-kota tersebut adalah Solo, Pasuruan, Gresik, Surabaya, Sukabumi, Jakarta, Jombang, Kediri, Jogjakarta dan masih banyak kota-kota yang lain,” terang cucu Habib Anis Al-Habsyi tersebut.

Seperti pada acara Khatmil Bukhari di Masjid Riyadh tahun ini, Senin (2/4) lalu. Sedari pagi ratusan jamaah mulai dari kalangan habaib, kiai, dan para santri pengajian berkumpul di zawiyah Masjid Riyadh. Mereka dengan sabar mendengarkan pembacaan beberapa hadits dari kitab Shahih Bukhori.

Usai pembacaan doa dan shalat zuhur, para jamaah disajikan makanan yang khas dihidangkan pada momen acara ini, yaitu bubur haritsah dan nasi kebuli. Makanan ini pula yang biasanya ditunggu-tunggu oleh para jamaah.

"Saya sudah lebih dari tiga kali ikut acara ini. Selain thalabul ilmu, bubur haritsah ini juga yang menjadi salah satu daya tarik saya untuk datang," kata Udin, salah seorang pengunjung asal Pekalongan.

Panitia khataman Bukhari, Muhammad Masykur kepada NU Online, Kamis (4/4) menjelaskan, bubur haritsah atau di daerah lain semisal di Gresik dinamakan 'bubur dempul', sendiri merupakan makanan yang terbuat dari campuran biji gandum dengan daging kambing, dan bumbu-bumbu dan minyak samin, yang diaduk terus dalam api kecil hingga keseluruhan dagingnya hancur lumat menjadi suatu adonan yang kental.

Acara Khatmil Bukhari tersebut menurutnya juga sebagai jalan untuk ngalap berkah. Karena pada acara tersebut terangnya, para habaib-ulama di Solo dan sekitarnya banyak yang hadir. Juga momentum untuk berziarah ke makam habaib seperti Habib Alwi bin Ali Al Habsyi, Habib Ahmad bin Alwi Al Habsyi dan Habib Anis bin Alwi Al Habsyi. 

Mereka semua merupakan putra dan para cucu Habib Ali Al Habsyi sang muallif kitab maulid Simtud Durar. (Ajie Najmuddin/Muiz)
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG