IMG-LOGO
Nasional

Arkeolog UI Tekankan Generasi Muda Mampu Hadapi Tantangan Zamannya


Jumat 5 April 2019 07:30 WIB
Bagikan:
Arkeolog UI Tekankan Generasi Muda Mampu Hadapi Tantangan Zamannya
Arkeolog UI, Hasan Djafar (dua dari kanan)
Jakarta, NU Online
Arkeolog Universitas Indonesia Hasan Djafar menyatakan bahwa generasi muda harus mampu bertindak dalam menghadapi tantangan di zamannya. Hal itu seperti Gajah Mada yang mampu menghadapi persoalan arus global yang membuatnya mempersatukan nusantara atau persatuan regional.

"Kita bisa mencontoh, meneladani bagaimana tokoh-tokoh kita itu bertindak dalam menghadapi tantangan-tantangan zamannya," kata Hasan seusia menjadi pembicara pada Bedah Buku 'Pu Gajah Mada' karya Ketua Lesbumi KH Agus Sunyoto di Pesantren Luhur Al-Tsaqafah Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis (4/4).

Hasan mencontohkan bagaimana generasi milenial seperti mahasiswa harus menghadapi tantangannya dengan belajar secara rajin agar ke depan menjadi pemimpin yang baik.

"Kita sebagai manusia harus rajin belajar sampai menjadi pemimpin yang handal dan mampu menghadapi tantangan-tantangannya untuk tercapainya cita-cita," ucapnya.

Ia berharap, di era perkembangan digital yang pesat dan pentingnya berbagai ilmu pengetahun, termasuk sejarah bagi generasi milenial ini, dapat disajikan dengan cara yang kekinian, seperti dalam bentuk game dengan mengenalkan tokoh-tokoh sejarah.

"Kita harus manfaatkan teknologi, bagaimana sejarah bisa disajikan dalam kemasan teknologi yang baik," ucapnya.

Menurutnya, hal itu sebagai tantangan juga dalam menghadapi perkembangan zaman di era digital ini, bagaimana generasi sekarang lebih tertarik terhadap game.

"Kita ciptakan suatu model-model yang bisa manfaatkan perkembangan teknologi itu. Jadi untuk mengembangkan masyarakat itu sendiri. Sebab masyarakat perkembangannya sangat pesat," ucapnya. (Husni Sahal/Muiz)
Bagikan:
IMG
IMG