IMG-LOGO
Pustaka

Menjawab Tudingan Miring kepada Ahlussunnah wal Jama’ah

Rabu 10 April 2019 20:15 WIB
Bagikan:
Menjawab Tudingan Miring kepada Ahlussunnah wal Jama’ah
Mayoritas umat Islam Indonesia, bahkan dunia, adalah penganut paham Ahlussunnah wal Jama’ah (Aswaja). Oleh KH M Hasyim Asy’ari, dalam kitab Risalah-nya, kelompok Aswaja diidentifikasikan sebagai pengikut Asy’ariyah-Maturidiyah dalam bertauhid (teologi), pengikut Mazhab Empat (Maliki, Hanafi, Syafi‘i, dan Hanbali) dalam berfiqih, dan pengikut al-Imam Junaid al-Baghdadi serta al-Imam Abul Hasan As-Syadzili dalam bertasawuf. 

Paham Aswaja ini memiliki prinsip ajaran tanzih—menyucikan Allah dari sifat menyerupai makhluk, tidak mudah menuduh kafir, serta menghormati dan mengapresiasi tradisi lokal selama tidak menyalahi ketentuan nash (syariat Islam). Ajaran-ajaran Aswaja telah mengakar kuat dalam keseharian masyarakat Muslim Indonesia dalam beragam ekspresi: haul, manaqiban, tahlil, maulid Nabi, hingga praktik ke-thariqat-an. 

Di penghujung abad ke-19 dan awal abad ke-20 M, umat Islam digemparkan dengan munculnya paham puritan Wahabi di Semenanjung Arab. Pengaruhnya meluas hingga ke Indonesia. Paham yang dirintis oleh Muhammad bin Abdul Wahab an Najdi (1703-1791 M) ini mengusung ajaran 3 T: Tajsim/Tasybih (antromorfis; meragakan atau menyerupakan Tuhan dengan wujud dan sifat-sifat makhluk), Takfir (memvonis kafir dan sesat kelompok di luar mereka), dan Tabdi‘ (memvonis bid’ah semua praktik yang tidak ada presedennya dari Nabi). 

Ulama Indonesia pun dibuat gusar, tak terima atas tudingan kafir, syirik, bid’ah, sesat yang dialamatkan pengikut Wahabi atas mereka. Maka berhimpunlah ulama Indonesia berpaham Aswaja ini dalam berbagai ormas ke-Islam-an: Nahdlatul Ulama (NU), Nahdlatul Wathan, Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti), Al Jam’iyah Al Washiliyah, dan Mathla’ul Anwar. Ormas-ormas Islam ini hadir sebagai reaksi atas menguat dan menyebarnya pengaruh ajaran Wahabi di Indonesia. Selain itu, gerakan ta’lif (kepenulisan) juga massif bermunculan. Karya-karya berbahasa Arab, Indonesia, dan daerah (Jawa, Sunda, dll) ramai ditulis. Tujuannya adalah untuk menguatkan dan memantapkan aqidah Aswaja sekaligus membantah ajaran sesat Wahabi. Misalnya Risalah Ahlissunnah karya KH M Hasyim Asy’ari, al-Nusus al-Islamiyah fir Raddi ala Madhhab al-Wahhabiyah karya KH Muhammad Faqih Maskumambang, Hujjah Ahlis Sunnah Wal Jama’ah karya KH Ali Maksum, Khazanah Aswaja karya Tim Aswaja Center NU Jatim, dan lain-lain. 

Buku berjudul Argumen Ahlussunnah wal Jama’ah: Jawaban Tuntas atas Tudingan Bid’ah dan Sesat karya Abu Abdillah dan Nur Rohmad adalah upaya meneladani jejak para ulama Aswaja di negeri ini yang telah mewariskan banyak karya seperti di atas. Menurut mu’allif-nya, buku yang kali ketiga dicetak ini dirasa perlu ditulis meskipun sudah ada karya-karya sejenis sebelumnya. Alasannya: buku yang dibubuhi pengantar oleh KH Ma’ruf Khozin, Direktur Aswaja Center NU Jatim, ini menitikberatkan pada beberapa hal, antara lain: [1] menyertakan dalil-dalil yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah; [2] menguraikan masalah dari akar permasalahannya dan merumuskan jawaban sesuai dengan kaidah-kaidah yang disepakati oleh para ulama; [3] dilengkapi dengan bantahan atas beberapa syubhat (propaganda) Wahabi yang dikutip dari karya-karya mereka secara langsung; [4] menyajikan kaidah-kaidah yang sangat bermanfaat dalam membantah golongan Wahabi (hal. 379-380).

Hemat penulis, kekuatan buku Argumen Ahlussunnah wal Jama’ah ini terletak pada tiga aspek. Pertama, ditulis oleh orang yang ahli (pakar) di bidangnya. Mu’allif-nya, Abu Abdillah dan Nur Rohmad, adalah alumnus pesantren yang telah menekuni kajian Aswaja puluhan tahun. Keduanya memperoleh pengetahuan Islam melalui talaqqi (belajar langsung berhadap-hadapan) kepada para ulama yang memiliki sanad keilmuan bersambung (muttasil) sampai Rasulullah. Selain aktif di NU, keduanya juga aktif mengelola Yayasan Syahamah, suatu lembaga yang concern bergerak di bidang pengembangan dan penguatan dakwah Ahlussunnah wal Jama’ah. 

Kedua, selain mengetengahkan argumen-argumen naqliyah (tekstual) dan aqliyah (rasional) atas keabsahan tradisi Aswaja (tawassul, tabarruk, tahlil, dan lain-lain), buku ini menyertakan kaidah-kaidah usul fiqih penting dalam ber-istidlal (cara menggunakan dalil) dan istinbath (menggali hukum). Misalnya kaidah: tarku ash-syai’ la yadullu ala man‘ihi (tidak melakukan sesuatu, tidak menunjukkan bahwa sesuatu itu terlarang), dan al-am yu’mal bih fi jami’i juz’iyatihi (dalil yang umum itu diterapkan dalam semua bagian-bagiannya). Dua kaidah ini dapat digunakan menghantam tudingan bid’ah Wahabi yang mengharamkan berbagai tradisi Islam lokal dengan dalih: tidak pernah dicontohkan Nabi, atau tidak ada dalilnya. Kaidah-kaidah ini menjadi instrumen penting dalam membingkai cara berpikir (manhaj al-fikr), bagaimana semestinya dalil itu dipahami dan disimpulkan. Dengan memahami kaidah tersebut, pembaca akan mengetahui betapa rapuhnya argumentasi kaum Wahabi.

Ketiga, di bagian Appendiks, pembaca akan disuguhi data-data ilmiah tentang aqidah mayoritas ulama Indonesia: Allah ada tanpa tempat dan arah, Allah tidak dapat dibayangkan, dan kalam Allah bukan berupa huruf, suara, dan bahasa (hal. 335-357). Menyusul segmen tanya jawab seputar aqidah dengan topik-topik penting seperti sifat-sifat ke-Tuhan-an, dan bantahan atas syubhat-syubhat Wahabi. Semuanya disajikan dengan bahasa singkat, lugas, dan to the point

Dengan segala kelebihan yang dimiliki, buku yang juga dipengantari oleh KH Abdul Hannan Ma’shum, Pengasuh Pesantren Fathul Ulum Kwagean Kediri, ini sangat layak dibaca, khususnya bagi mereka yang meragukan keabsahan aqidah dan amaliah Aswaja yang telah mentradisi dan mengakar kuat di Indonesia. Membaca buku ini, anda akan berkesimpulan bahwa tudingan bid’ah dan sesat Wahabi atas penganut paham Ahlussunah wal Jama’ah adalah sama sekali tidak berdasar. Para aktivis Aswaja wajib memiliki dan mengkaji buku ini agar tidak gagap menghadapi syubhat kaum Wahabi.[]


Peresensi adalah Miftakhul Arif, Pengajar Aswaja di MA Unggulan KH. Abd. Wahab Chasbullah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

Identitas Buku
Judul : Argumen Ahlussunnah Wal Jama’ah: Jawaban Tuntas atas Tudingan Bid’ah dan Sesat
Penulis : Abu Abdillah dan Nur Rohmad
Penerbit         : Pustaka Ta’awun
Tebal : xxiv + 397 = 421 hlm. 
Edisi : Cetakan III (Maret 2019)
 

Tags:
Bagikan:
Senin 1 April 2019 18:30 WIB
Menengok Kembali Awal Mula Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara
Menengok Kembali Awal Mula Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara
Ilustrasi (Ist.)
Berdasarkan laporan ekspedisi Ibnu Batutah dalam kitab Rihlah Ibnu Bathutah sebagaimana dikutip oleh Musyrifah Sunanto, halaqah adalah lembaga pendidikan yang pertama kali diselenggarakan di Samudera Pasai.

Kegiatan halaqah dilaksanakan di masjid-masjid istana kesultanan bagi keluarga kerajaan dan pembesar istana. Sedangkan bagi masyarakat umum kegiatan ini dilaksanakan di rumah-rumah guru dan surau-surau bagi masyarakat umum.

Selain itu, istana juga membangun tempat mudzakarah sebagai perpustakaan umum dan pusat penerjemahan serta penyalinan kitab-kitab keislaman.

Dalam perkembangannya, lembaga pendidikan Islam di Nusantara pada masa kerajaan-kerajaan Islam setelah halaqah adalah seperti: Dayah & Rangkang di Aceh, Surau di Minangkabau dan Pesantren di Jawa.

Menurut Musyrifah Sunanto, bahwa kegiatan pembelajaran di lembaga-lembaga pendidikan Islam saat itu memiliki kemiripan satu sama lain. Pembelajaran agama bagi ummat Islam ketika itu pada umumnya adalah pengajian Al-Qur’an yang dimulai dengan pengenalan huruf-huruf hijaiyah, kemudian dilanjutkan dengan menghafalkan Juz ‘Amma dan tajwidnya untuk kebutuhan shalat lima waktu.

Kemudian untuk jenjang pendidikan lanjutan diajarkan mata pelajaran Fiqih dan Tasawuf. Selain itu juga diajarkan Kitab Tafsiir, Hadits, Balaghah, dan mantiq di Pesantren Bantoalo di Kerajaan Gowa oleh Syaikh Yusuf Makassari sekembalinya belajar dari Aceh.

Namun, dalam penelusurannya mengenai pendidikan Islam di Nusantara, Musyriah Sunanto melihat kitab-kitab yang diajarkan di lembaga-lembaga pendidikan saat itu biasanya merupakan karya ulama Nusantara yang ditulis dalam bahasa Melayu, Sunda atau Jawa. Ada beberapa kitab dalam bahasa Arab tapi jumlahnya terbatas.

Dalam bukunya, Musyrifah Sunanto memaparkan bahwa pengajian agama di daerah Sumatra rata-rata adalah kitab berbahasa Melayu yang ditulis oleh tokoh-tokoh seperti: Syai Nuruddin Ar-Raniri dan Syamsuddin As-Sumatrani.

Sedangkan di Demak, kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan kitab pegangan sebagai berikut: (1) Kitab Ushul enam Bis; (2) Tafsir Jalalain; (3) Primbon; dan (4) Suluk.

Kitab Tafsir Jalalain adalah kitab tafsir terkenal di pesantren sampai sekarang yang ditulis oleh: Imam Jalaluddin Al-Suyuthi dan Imam Jalaluddin Al-Mahalli. Kitab Primbon adalah kitab berisi wejangan para wali. Sedang kitab suluk adalah kitab berisi ajaran mistik.

Setelah pusat kerajaan Islam pindah kemaratan Mataram, lembaga pendidikan pesantren yang diselenggarakan oleh kerajaan mengkaji kitab-kitab seperti: (1) Kitab Ushul enam Bis; (2) Taqrib; dan (3) Bidayatul Hidayah. Kitab Ushul enam Bis sendiri adalah kitab tulisan tangan berisi enam Bismillah karya ulama Samarkand mengenai dasar-dasar ilmu keislaman. Kitab Taqrib adalah karya Abu Syuja’ yang terkenal sampai sekarang di pesantren. Sedang Bidayatul Hidayah adalah Karya Al-Ghazali.

Masa Penjajahan Belanda

Pada awalnya, ketika pemerintah Belanda mulai berkuasa pada 1610 M, Belanda membiarkan pendidikan Islam berjalan sedemikian adanya. Namun kemudian Belanda berfikir bahwa kaum santri dan pesantren tidak koperatif dengan mereka, tidak mau dan tidak bisa dipekerjakan untuk kepentingan Belanda ditambah lagi mereka tidak bisa membaca tulisan latin, maka dimulailah usaha-usaha pelemahan terhadap pendidikan pesantren ini.

Belanda kemudian membuat kebijakan-kebijakan yang merugikan dan melemahkan pesantren utamanya setelah perjanjian Giyanti (1755 M). Pihak kolonial berusaha melemahkan Islam seperti: Tanah Pamerdikan untuk Penghulu, Modin, Naib dan Kiai dihapuskan dan dijadikan tanah gabernamen. Hasil zakat yang sebelumnya dibuat untuk membiayai pendidikan dihapus dan dialihkan untuk menggaji penghulu, modin, dan naib sebagai ganti penghapusan tanah pamerdikan yang sebelumnya menjadi hak mereka dan dapat diwariskan.

Hal inilah yang kemudian membuat Pangeran Diponegoro marah dan mengkonsolidasi para ulama untuk melawan Belanda. Dan Akhirnya meletuslah Perang Jawa. Perang ini adalah suatu perang yang menghabiskan banyak energi dan finansial bagi Belanda.

Setelah kekalahan Diponegoro melalui muslihat liciknya, Belanda terus berupaya melemahkan pendidikan Islam di Nusantara. Ia kemudian mengeluarkan berbagai kebijakan-kebijakan seperti: pewajiban izin bagi ulama yang mengajar agama. Peraturan ordonansi sekolah liar, pendirian sekolah belanda di seluruh daerah di Indonesia dan sebagainya.

Dalam pada itu, di tengah upaya pelemahan tersebut, pada tahun 1900, menurut catatan Musyrifah Sunanto, KH Hasyim Asy’ari membuka pesantren di Tebuireng Jombang yang menyelenggarakan pendidikan mulai dari tingkat tinggi sampai tingkat dasar.

Pada pereode ini kitab kuning yang dikaji di pesantren sudah sedemikian banyak dan meliputi kitab-kitab besar yang sebelumnya tak pernah dikaji di lembaga pendidikan di masa kerajaan baik Pasai, Malaka, Aceh, Demak maupun Mataram. Susunan kurikulum pesantren pada masa ini ditandai dengan beberapa hal sebagai berikut: (1) Pembelajaran Al-Qur’an sama seperti sebelum 1900; (2) Pengajian kitab kuning terdiri dari: (a) Nahwu-Shorrof menggunakan kitab-kitab seperti, Jurumiah, Asymawi, Syaikh Kholid, Azhari, Asymuni, Alfiyah, Kailani dan Taftazani, (b) Fiqih meliputi: Fathul Qarib, Fathul Muin, Mahalli dan bahkan sampai kitab Tuhfah dan Nihayah.

Sebagai catatan lagi bahwa kitab-kitab yang digunakan pada masa ini adalah sudah kitab yang tercetak dan bukan kitab tulisan tangan sebagaimana sebelumnya. Rata-rata kitab tersebut dipesan dari Makkah dan Singapura.

Musyrifah Sunanto sekali lagi mengatakan bahwa pada masa pembaharuan pendidikan yang dipelopori KH Hasyim Asy’ari ini, ilmu kegamaan Islam di Nusantara menjadi lebih tinggi (lebih luas). Pada masa ini menurut catatan Sunanto, pelajaran agama Islam di Nusantara sudah hampir menyamai Makkah Al-Mukarramah. Disarikan dari buku: Sejarah Peradaban Islam Indonesia. Karya: Musyrifah Sunanto (2007). (R. Ahmad Nur Kholis)
Sabtu 30 Maret 2019 22:0 WIB
NU di Mata Kiai Hasjim Latief, Santri Hadratussyekh Hasyim Asy’ari
NU di Mata Kiai Hasjim Latief, Santri Hadratussyekh Hasyim Asy’ari
Generasi NU punya hak untuk mengetahui kiprah dinamika perjuangan NU dan para tokohnya. Dengan demikian adalah dipandang perlu untuk mencetak ulang buku-buku yang ditulis oleh para penggerak NU di masa-masa lampau.

Buku Nahdlatul Ulama Penegak Panji Ahlussunnah wal Jamaah ini diterbitkan oleh PWNU Jawa Timur pada 1979. Ditulis oleh KH M Hasjim Latief, murid Hadratussyekh KH Muhammad Hasyim Asyari yang tekun mendokumentasikan perjalanan NU, bahkan detail bagaimana misalnya tukang masak di forum muktamar hingga perjalanan muktamar yang semula lesehan hingga memakai kursi, dan kisah unik lainnya (hal. 45-46).

Kiai Hasjim Latief yang oleh KH MA Sahal Mahfudh disebut sebagai murabbi (sang pendidik) ini menjadi Ketua LP Ma’arif Jawa Timur pada (1979-1982), dan Ketua PWNU Jawa Timur pada 1982-1987. Ketika Gus Dur menjadi Ketua Umum PBNU pada Muktamar NU ke-27 di Situbondo (1984), Kiai Hasjim Latief menjadi salah satu ketua PBNU dan Koordinator bagian LP Ma’arif seluruh Indonesia. Dan pada Muktamar NU ke-28 di Krapyak (1989) Kiai Hasjim Latief sebagai salah seorang Rais Syuriyah hingga tahun 1994.

Oleh KH Hasjim Latief buku ini  disebut sebagai bahan kursus kepemimpinan NU, dan dengan demikian buku ini adalah semacam buku panduan memahami NU sebagai penegak panji Ahlussunnah wal Jamaah. Dalam konteks saat ini, hemat kami, buku ini adalah salah satu buku referensi  penting bagi kader Nahdlatul Ulama yang akan mengikuti PKPNU (Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama), dan MKNU (Madrasah Kader Nahdlatul Ulama).

Dalam buku ini pembaca akan mendapatkan suguhan bahasan tentang pemaknaan Aswaja yang dihubungkan dengan NU, peristiwa yang mendorong berdirinya NU dan perkembangannya, asas tujuan dan program utama NU, episode NU sebagai partai politik dan masa lepas dari partai politik. 

Dalam dinamikanya NU pernah mengalami masa Nasakom. Semboyan dan ide Nasakom adalah lingkaran yang menjerat. Karena menurut para ulama hal ini bisa membahayakan, maka NU bertawakal dan perlu mengimbangi dengan prinsip,"Lebih baik berjotosan di dalam daripada hanya berteriak jadi penonton di luar." Jalan yg ditempuh NU ini ternyata benar, demikian disimpulkan kiai yang wafat pada 19 April 2005 dalam usia 77 tahun ini.  

Dan di antara keistimewaan buku ini adalah dijelaskannya secara jelas metode berpikir NU. Kiai Hasjim Latief setidaknya menyebut tiga kaidah berpikir, yaitu tawasuth (moderat), tasamuh (toleran), dan dinamis selektif yang diserap dari kaidah khas ulama Nusantara, “Al-muhafadhatu ala-l-qadim as-ahalih wa-l-akhdzu bil-jadidi-l-ashlah” (melestarikan tradisi yang baik dan mengadopsi hal baru yang lebih baik).

Buku ini memuat dokumen-dokumen penting NU, yaitu Anggaran Dasar NU yang pertama, susunan PBNU pertama, Muqadimah Qanun Asasy, Surat Delegasi NU kepada Raja Saudi, Surat balasan Raja Saudi, Nasihat KH Hasyim Asyari, dan Khutbah Iftitah Rais Akbar KH Hasyim Asyari dalam Muktamar terakhir yang diikuti beliau.

Untuk semakin memantapkan, dalam buku ini juga ditambahi beberapa dokumen penting lainnya yaitu Resolusi Jihad, Piagam Liga Muslimin Indonesia, Resolusi Mengutuk Gestapu, Maklumat Perdamaian, Khittah NU, Fikrah Nahdliyyah, Pedoman Berpolitik Warga NU, dan Mars Nahdlatul Wathan. 

Akhirnya, buku ini tidak hanya penting dibaca para warga dan pemimpin NU, namun juga kalangan luas yang ingin mengetahui semangat dan sejarah Nahdlatul Ulama yang senantiasa mengajak pada persatuan sesama muslim, dan sesama warga negara Republik Indonesia.


Peresensi adalah Yusuf Suharto, anggota Tim Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur


Identitas Buku

Judul Buku     : NU Penegak Panji Ahlussunah wal Jama'ah
Penulis           : KH M. Hasjim Latief
Pengantar      : KH Marzuqi Mustamar (Ketua PWNU Jatim)
Penerbit         : PW LTN-NU Jatim dan Muara Progresif
Cetakan         : 1, Februari 2019
Halaman        : xiv+138 (152 halaman)
ISBN              : 978-602-50207-9-7

Sabtu 30 Maret 2019 8:0 WIB
Membuka Topeng Harun Yahya
Membuka Topeng Harun Yahya
Ilustrasi (Ist.)
Tidak ada alasan untuk tidak kritis terhadap segala hal. baik itu suatu karya, seorang tokoh bahkan sampai budaya-pun harus kita kritisi. Termasuk juga tulisan yang sedang kalian baca ini, juga perlu untuk dikritisi. Karena tidak semua yang tampak dipermukaan ataupun menjadi sesuatu yang umum merupakan jelmaan dari kebenaran yang merajalela. Adolf Hitler pernah mengatakan bahwa kebohongan yang disampaikan seribu kali, pada akhirnya akan tampak seperti suatu kebenaran.

Bernando J. Sujibto hendak memberikan penerangan terhadap pandangan kita selama ini tentang Harun Yahya yang populer dengan karya-karya spektakulernya. Mungkin sebagian dari kita mengenal Harun Yahya sebatas seorang tokoh yang ahli dalam berbagai disiplin ilmu, khususnya Agama dan Sains. Tanpa kita sadari bahwa Harun Yahya merupakan nama dari lembaga/organisasi bisnis atau korporasi (enterprise).

Harun Yahya bergerak dibawah kepemimpinan Adnan Oktar, sedangkan tujuan penamaan Harun Yahya dalam organisasi tersebut ialah sebagai nama pena dari Adnan Oktar untuk membentuk branding dirinya dimata dunia. Hal ini bisa kita lihat dalam karya-karyanya yang mencantumkan biografi penulis, dan memaparkan nama Harun Yahya sebagai nama personal dan nama pena dari penulis. karya-karyanya bisa diakses di harunyahya.org atau harunyahya.com.

Karya-karya yang telah diterbitkan atas nama Harun Yahya mencakup pembahasan mengenai Agama, Sains, Akhir Zaman, Imam Mahdi, Musthafa Kemal Ataturk, Sejarah, Politik dan lain sebagainya.

Namun karyanya yang berkaitan dengan Sains merupakan yang paling populer di antara karyanya yang lain, sebagaimana tujuan utamanya ialah menentang Teori Evolusi yang dicetuskan oleh Darwin. Dalam hal ini Adnan Oktar mencoba membuktikan kebenaran al-Qur’an melalui wahana Sains sebagai bantahan atas teori Evolusi tersebut, dan ini menjadikannya sosok yang dikagumi oleh banyak kalangan utamanya umat Islam.

Di sisi lain upaya asosiasi Sains dengan al-Qur’an tidak selamanya mendapat respon yang baik dari beberapa pihak. Sebagaimana AS. Laksana dalam salah satu esainya menyebutkan bahwa “Kitab suci tidak perlu dicari-carikan legitimasinya melalui temuan sains. Sains dan agama memiliki wilayah masinng-masing, memiliki karakter yang berbeda. Pernyataan-pernyataan dalam kitab suci bersifat final, tidak akan pernah berubah selamanya.

Sementara sains tidak akan pernah mencapai garis final, tidak akan pernah berhenti sampai kapan pun.” kemudian pernyataan tersebut diperkuat dengan logika pertanyaan “Jika temuan-temuan sains hari ini, yang digunakan untuk mendukung kebenaran kitab suci, pada suatu hari nanti berubah, apakah berarti pernyataan dalam kitab suci harus ikut berubah juga?”.

Pernyataan tersebut memang terkesan menyudutkan upaya mempertemukan Sains dengan al-Qur’an. Walaupun pada taraf tertentu ada benarnya, tapi yang perlu ditanggapi dari hal tersebut ialah bahwa mencoba membuktikan kebenaran al-Qur’an dengan pendekatan Sains ialah upaya untuk membumikan al-Qur’an, agar al-Qur’an tidak terkesan wacana imajinatif yang mengawang-awang, tapi dapat dibuktikan kebenarannya melalui pendekatan Sains, dan perlu untuk dipahami bahwa upaya pendekatan tersebut bukanlah bentuk dari meng-idealisasikan kebenaran Sains dengan al-Qur’an, tapi sekedar upaya kita untuk taqarrub ilallah sebagai bukti pengabdian kita kepadaNya. yang senantiasa memerintahkan kita untuk berpikir tentang ciptaanNya (la’allakum tatafakkarun).

Namun sangat disayangkan, upaya yang telah dilakukan oleh Adnan Oktar sangat bertolak belakang dengan upaya membumikan al-Qur’an. Lebih tepatnya Adnan Oktar hanya menjadikan al-Qur’an sebagai alat penarik simpati dunia. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Adnan Oktar sendiri ketika di investigasi oleh Serdar Sacan (seorang kepala tim penangkapan Adnan Oktar dan jamaahnya) bahwa Adnan Oktar tidak mempunyai tujuan ataupun kepentingan untuk urusan agama (hlm. 63).

Kontroversi lain yang menyelimutinya ialah mengenai karya-karyanya yang sebatas Pseudoscience (sesuatu yang tampak seperti ilmiah, padahal tidak ilmiah), sehingga tidak bisa dibuktikan keautentikan ilmiahnya. Disamping itu, jika diukur riwayat pendidikan Adnan Oktar dengan karya-karya yang diterbitkan atas nama dirinya sangatlah tidak realistis.

Adnan Oktar tidak mempunyai latar belakang agama yang mumpuni, karena dia terlahir dari keluarga sekuler, walaupun pernah mengecap pendidikan agama waktu sekolah Lise (setingkat SMA). Dan dia juga bukan seorang ahli Sains. Latar belakang keilmuannya hanya sebatas jurusan Desain Interior ketika kuliah di Universitas Mimar Sinan dan pindah ke Universitas Istanbul jurusan Filsafat dan Sejarah, dan kedua kampus yang dijejakinya tidak dijalani secara tuntas.

Selain kontroversi yang telah disebutkan sebagian diatas, Adnan Oktar juga banyak terlibat dalam beberapa kasus besar, diantaranya ialah kasus yang melibatkan Oktar Babuna, yaitu kampanye donor darah untuk penderita Leukemia, namun kedok kampanye tersebut terbongkar oleh kementrian kesehatan Turki, dengan menyatakan bahwa kampanye tersebut ilegal, tidak mendapat izin dari pemerintah, dan berdasarkan penelusuran pemerintah, kampanye tersebut didalangi oleh Amerika dan Australia.

Namun Kepiawaian Adnan Oktar berasosiasi dengan berbagai kalangan penting membuatnya bisa melewati kasus-kasus yang dihadapinya dengan licin (Hlm.106). Walaupun demikian, dia juga pernah merasakan pahitnya hidup dipenjara yang hanya sebentar, dan terakhir kali dia ditangkap pada 11 juli 2018 M. 

Adnan Oktar dalam gerakannya juga menunjukkan sikap inkonsisten, pada mulanya menentang Musthafa Keman Ataturk dan pengikutnya (Kemalis), tapi kemudian pernyataanya berubah dengan mengakui dirinya sebagai pendukung Ataturk, dan berbagai perubahan-perubahan lain yang membuat dirinya dipandang aneh oleh para pengamat. Dari berbagai keanehan-keanehan tersebut, muncul sebuah laporan dari Rumah Sakit Angkatan Udara Di Eskisehir pada tahun 1993 bahwa dirinya mengidap penyakit Paranoid Skizofenia. Semacam penyakit psikologi yang menguatkan alasan perubahnya secara ekstrim.

Pada intinya Bernando J. Sujibto ingin mengatakan lewat buku ini, bahwa karya-karya monumental yang telah diterbitkan atas nama Harun Yahya yang merupakan nama pena dari Adnan Oktar, bukanlah karya Adnan Oktar sendiri, melainkan produk korporasi dari Harun Yahya yang dipimpinnya. Kepiawaiannya dalam menarik kaum akademis untuk menjadi pengikutnya membuat Organisasi Harun Yahya yang dipimpinnya bisa memproduksi karya-karya secara dinamis, dan al-Qur’an yang menjadi kolaborasi dalam berbagai karyanya hanyalah diperalat sebagai penarik simpati dunia. 

Lebih jauh lagi Bernando J. Sujibto ingin mengajak kita menjadi pembaca yang aktif, bukan pembaca pasif yang menerima secara instan sebuah karya. Karena tidak semua karya lahir dari niat yang mulia. Sehingga perlu untuk selalu dikritisi, bahkan dari tokoh yang kita kagumi sekalipun. Jangan sampai membuat pintu kritis kita tertutup, tapi tetap menempatkan diri secara proporsional untuk sebuah kebenaran. Wallahu a’lam.

Peresesnsi adalah Nuvilu Usman Alatas, Pustakawan PP.Annuqayah daerah Lubangsa sekaligus Mahasiswa Instika

Identitas buku
Judul: Harun Yahya Undercover
Penulis : Bernando J. Sujibto
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, September 2018
ISBN: 978-602-7696-61-7
Penerbit: IRCiSoD
Tebal: 200 halaman
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG