::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Darul Ghufran, Masjid Terbesar di Singapura dengan Fasilitas Pusat Dakwah

Ahad, 21 April 2019 23:00 Internasional

Bagikan

Darul Ghufran, Masjid Terbesar di Singapura dengan Fasilitas Pusat Dakwah
Interior Masjid Ddarul Ghufran. Foto: Jason Quoh/ST
Singapura, NU Online
Masjid Darul Ghufran kini menjadi masjid terbesar di Singapura. Setelah dua tahun mengalami pemugaran, Masjid Darul Ghufran yang sekarang terdiri dari tiga lantai itu mampu menampung jamaah hingga 5.500 orang, atau naik 1500 orang dari sebelum perbaikan. Sementara masjid terbesar kedua adalah Masjid Assyakirin di Taman Jurong dengan kapasitas 5000 orang. 

Masjid yang terletak di wilayah Tampines ini dilengkapi dengan Pusat Dakwah. 'Fasilitas' ini bukan hanya tempat di mana umat Islam bisa mendapatkan bimbingan dan nasihat tentang Islam dari guru agama yang kredibel, tetapi juga terbuka bagi non-Muslim yang mencari informasi lebih lanjut tentang Islam.

Menteri yang bertanggung jawab atas Urusan Muslim Singapura Masagos Zulkifli menilai, Masjid Darul Ghufran inovatif karena telah membuat Pusat Dakwah bagi Muslim dan non-Muslim. Dia menghimbau, masyarakat yang memiliki pemahaman yang salah tentang Islam bisa datang ke Pusat Dakwah di Masjid Darul Ghufran untuk mendapatkan pencerahan.

“Saya berharap, melalui interaksi ini, kesalahpahaman dapat dihindari dan bahwa kita terus menikmati kedamaian dan harmoni yang kita miliki satu sama lain,” kata Zulkifli, dikutip laman The Straits Times, Ahad (21/4).

Masjid Darul Ghufran dibuka pada 1990. Total dana yang dihabiskan untuk perbaikan selama dua tahun ini adalah 25 juta dollar. Dana tersebut berasal dari Yayasan Mosque Building dan Mendaki. Setelah direnovasi, kini Masjid Darul Ghufran memiliki tempat parkir bawah tanah, teras atap, dan tingkat empat. Masjid ini juga memiliki dua bangunan baru yang difungsikan untuk kantor dan ruang kelas untuk pendidikan Islam. (Red: Muchlishon)