Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Teladani Orang Shaleh, Santri Al-Mu'awanah Sumedang Gelar Ziarah

Teladani Orang Shaleh, Santri Al-Mu'awanah Sumedang Gelar Ziarah
Santri A-Mu'awanah Sumedang ziarah
Santri A-Mu'awanah Sumedang ziarah
Sumedang, NU Online
Berbeda dengan remaja seusianya, Santri Al-Mu'awanah, Bongkok, Paseh, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat mengisi liburan akhir pekan dengan napak tilas Sejarah Ulama dan Ziarah ke makam Masyayikh Cirebon, Ahad (21/4).

Selain menziarahi makam-makam para ulama sepuh Jawa Barat khususnya di Ciwaringin Cirebon, Santri Al-Mu'awanah juga melaksanakan kunjungan ke Pesantren Kebon Jambu Al-Islami, babakan Ciwaringin Cirebon. 

Saat memberi pengarahan sebelum pemberangkatan, Pimpinan Pesantren Al-Mu'awanah KH Endin Khoerudin menyampaikan bahwa pada intinya dengan dilaksanakannya kegiatan ziarah yaitu mendoakan para masyayikh dan berdoa kepada Allah agar segala urusan kita dilancarkan. 

"Yang jelas kita berdoa kepada Allah agar segala urusan, rezeki, dan yang lainnya dilancarkan oleh Allah," ujar KH Endin. 

Selain itu, Kiai Endin juga menyampaikan bahwa dengan ziarahnya kita pada orang shaleh di sekitar kita dapat menjadi dipermudah ziarah Makkah Madinah. 

"Bermula dari ziarah sesepuh di desa, kita dipermudah bisa ziarah sesepuh kabupaten, sering ziarah ke sesepuh kabupaten dimudahkan ziarah ke Wali Songo, dan ketika kita sering ziarah Wali Songo kita juga bisa dipermudah Allah untuk ziarah Makkah dan Madinah," lanjutnya. 

Kiai Endin juga mengatakan bahwa Ziarah kubur merupakan washilah agar dengan dekatnya kita dengan orang shaleh atau berdoa di tempat orang-orang shaleh dapat menjadikan kita dekat dengan Allah.

Santri Al-Mu'awanah Ahmad Nurkholis mengatakan bahwa dengan dilaksanakannya Rihlah dan Ziarah Masyayikh bisa menjadikan santri agar terus meneladani para ulama, dan di sisi lain dapat menjadikan urusan santri dan Pesantren lancar, serta tentunya menjadikan santri lebih kompak dan solid. (Nahru/Muiz)
BNI Mobile