IMG-LOGO
Pemberdayaan

Tak Bergantung Pihak Lain, Nahdliyin Kota Samarinda Beli Ambulans dari Koin NU


Rabu 24 April 2019 15:45 WIB
Bagikan:
Tak Bergantung Pihak Lain, Nahdliyin Kota Samarinda Beli Ambulans dari Koin NU
Ambulans gratis dari Koin NU Kota Samarinda.
Jakarta, NU Online
Manfaat gerakan kotak infak (Koin) NU kini dirasakan masyarakat Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Berkat keaktifan pengurus NU Care-LAZISNU yang bahu membahu bersama masyarakat, mereka dapat membeli satu buah mobil ambulans.

Ketua NU Care-LAZISNU Kota Samarinda, Sumijan mengatakan, mobil ambulans dibeli Senin 15 April 2019, dan tiga hari kemudian mulai digunakan.

"Hari Kamis 18 April jam 17.00 selesai kami branding dan pasang sirine. Jam 20.55 WITA sudah buat antar pasien sakit ke RS SMC Samarinda. Hari ini 23 April 2019 mengantar jenazah ke tempat peristirahatan yang terakhir," paparnya dihubungi dari Jakarta, Selasa (23/4) malam.

"Ambulans yang dibeli merupakan mobil Grand Max keluaran Desember 2016 dengan harga Rp87.000.000. Untuk membeli sirine sebesar Rp3.400.000, biaya branding Rp2.200.000, dan beli tandu untuk orang sakit harganya Rp2.200.000," rincinya lagi.

Biaya-biaya pembelian ambulans tersebut merupakan pemanfaatan hasil Koin NU. "Sumber dana 100 persen dari Koin NU," katanya.

Sumijan menyebutkan penyebaran kaleng Koin NU di Kota Samarinda sejak April 2018. Banyaknya kaleng Koin NU yang tersebar saat ini sekitar 500 buah, dengan perolehan rata-rata per bulan 17 sampai 20 juta rupiah.

Pembelian mobil ambulans menjadi prioritas NU Care-LAZISNU Kota Samarinda, karena Sumijan teringat saat mengikuti Madrasah Kader NU (MKNU), salah satu narasumber mengatakan jangan sampai kalau ada orang NU meninggal yang menangangi malah pihak di luar NU.

"Jangan sampai kalau ada orang NU meninggal masuk Muhamadiyah atau Perindo, maksudnya masuk atau memakai mobilnya," kisahnya.

Pertimbangan lain membeli ambulans karena memang sangat dibutuhkan masyarakat. Kemudian, dengan hadirnya mobil ambulans tersebut bisa sebagai sarana untuk promosi NU Care-LAZISNU Kota Samarinda. "Menumbuhkan kepercayaan kepada masyarakat tentang penggunaan sedekahnya," ujar Sumijan lagi.

Pihaknya sangat berharap, ke depan masyarakat Samarinda harus benar-benar bisa merasakan layanan gratis ini. Juga semakin mengenal LAZISNU, kemudian menyerahkan ZIS-nya ke LAZISNU. "Timbul image baru bahwa NU Samarinda bisa memberi sesuatu untuk masyarakat Samarinda," kata Sumijan.

Untuk itu, masyarakat Kota Samarinda yang memerlukan layanan mobil ambulans NU Care-LAZISNU cukup menghubungi nomor telepon 082158518655 atau datang langsung ke Sekretariat NU Care-LAZISNU Kota Samarinda di Jalan AW Syahranie 7 Nomor 77 RT 23 Sempaja Selatan. (Kendi Setiawan)


Bagikan:
IMG
IMG