Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Banser Tubaba Kerahkan Anggotanya Sukseskan MTQ Ke-47 Lampung

Banser Tubaba Kerahkan Anggotanya Sukseskan MTQ Ke-47 Lampung
Banser Tubaba di Mimbar VIII MTQ Ke-47 Lampung
Banser Tubaba di Mimbar VIII MTQ Ke-47 Lampung
Tulang Bawang Barat, NU Online
Demi ikut serta menyukseskan gelaran Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-47 tingkat Provinsi Lampung yang dilaksanakan mulai 26 April sampai dengan 2 Mei 2019, Banser Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) menerjunkan para anggotanya di setiap rangkaian acara dan seluruh mimbar musabaqah.

Para anggota Banser berseragam lengkap tersebut bertugas mengatur keamanan dan ketertiban lokasi musabaqah sekaligus membantu berbagai aktifitas panitia musabaqah.

Seperti yang terlihat di Mimbar VIII cabang Musabaqah Maqalah Qur'an di Kampus MAN 1 Tulang Bawang Barat. Sejumlah personil Banser tampak menjaga lokasi. Dengan sigap sebanyak 5 personel yang diturunkan oleh Banser Tubaba membantu kelancaran kegiatan.

Ditemui di sela-sela tugas, salah satu anggota Banser Zainal Arifin mengatakan, diterjunkannya personel Banser pada kegiatan MTQ merupakan wujud komitmen Banser menyukseskan berbagai kegiatan keagamaan di daerahnya.

"Kita rutin setiap ada kegiatan keagamaan, walaupun bukan keluarga besar NU Tubaba yang melaksanakannya, siap menerjunkan anggota Banser," jelas Zainal Arifin didampingi rekannya Eko, kepada NU Online, Ahad (28/4).

Zainal menambahkan, sebanyak 12 personel Banser yang diperbantukan di Mimbar VIII dengan jadwal tugas dilakukan secara bergantian.

"Penugasan ini juga bisa menjadi bukti loyalitas anggota kepada organisasi. Dan Alhamdulillah, para personel saat ini bisa konsisten menjalankan tugas," jelasnya.

Zainal menambahkan, selain kegiatan MTQ, personel Banser juga sering diturunkan pada kegiatan umum, baik yang dilakukan oleh umat Islam maupun non Muslim. Di antaranya saat umat agama lain sedang memperingati kegiatan besar, pihaknya ikut serta membantu pengamanan.

"Ini adalah wujud ukhuwah basyariyah (persatuan sesama manusia) yang harus terus dijaga. Kita juga harus menyadari bahwa kita hidup di tengah kebinekaan di Indonesia," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Zainal juga menyampaikan berbagai kegiatan lain yang telah dan terus dilakukan oleh Banser di daerahnya. Di Tubaba, jelasnya, secara periodik dilakukan Diklat Banser untuk menggembleng fisik dan mental anggota.

"Di Tubaba sering dilakukan Diklat Banser yang dilaksanakan secara periodik dan bergilir di setiap kecamatan. Untuk terus memupuk semangat dan militansi anggota, kita terus berkhidmat dengan bertugas diberbagai kegiatan," pungkasnya. (Muhammad Faizin)
BNI Mobile