Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Guru BK Hendaknya Adaptasi dengan Revolusi Industri

Guru BK Hendaknya Adaptasi dengan Revolusi Industri
Seminar BK di IAIN Pontianak, Kalimantan Barat.
Seminar BK di IAIN Pontianak, Kalimantan Barat.
Pontianak, NU Online
Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam menggelar seminar Bimbingan Konseling (BK) dengan tema Peran Bimbingan dan Konseling dalam Membentuk Karakter Siswa di Era 4.0. Kegiatan berlangsung Sabtu (27/4)   di gedung Rektorat lt.4 IAIN Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

Tampil sebagai narasumber adalah Luhur Wicakcono sekaligus Ketua Jurusan BK Universitas Tanjungpura (Untan) dan Hesty Nurrahmi selaku Kepala Program Studi BKI IAIN Pontianak.

Kegiatan dibuka Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Pontianak, Ismail Ruslan. Ratusan peserta memadati ruangan yang merupakan utusan dari 116 mahasiswa BK dan BKI dari tiga perguruan tinggi. Mereka adalah dari IAIN, Untan dan IKIP, 13 guru BK sekolah dan madrasah.

Kegiatan ini sangat disambut baik peserta, panitia, dosen, guru dan Dekan FUAD IAIN Pontianak. “Ini sebagai ajang silaturahim, tukar informasi keilmuan BK dan sebagai pembuka jalan untuk kegiatan gabungan berikutnya,” kata Ismail Ruslan.

Dalam pandangannya, guru BK mesti peka dan update terhadap permasalahan yang terjadi dan berita-berita yang lagi trend di masyarakat. “Karena itu sebagai bahan informasi BK dan jangan sampai terlewatkan, sehingga memiliki strategi dalam membangun karakter siswa di era 4.0,” jelasnya. 

Acara ini diketua Tri Kurniasih, mahasiswa BK Untan dengan dukungan tiga ketua himpunan mahasiswa dari tiga kampus. Juga hadir Syafitri selaku Ketua Umum HMBK FKIP Untan, Erwin Fadila yang juga Ketua Umum FKMBK IKIP PGRI dan Ketua Umum HMPS BKI IAIN, Shodiqin. (Siti Maulida/Ibnu Nawawi)

BNI Mobile