Setelah Lima Tahun, Pemimpin ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi Muncul Lagi

Setelah Lima Tahun, Pemimpin ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi Muncul Lagi
Abu Bakar al-Baghdadi (AFP)
Abu Bakar al-Baghdadi (AFP)
Baghdad, NU Online
Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) merilis sebuah video baru yang menampilkan Abu Bakar al-Baghdadi, pemimpin mereka. Video dengan durasi 18 menit itu dirilis Al-Furqan, sebuah jaringan media milik ISIS pada Senin (29/4). Video itu diberi judul ‘Di Tengah Keramahan Emir Orang Percaya.’

Ini merupakan penampilan pertama Abu Bakar al-Baghdadi setelah lima tahun yang lalu, ketika dia mengumumkan kekhalifahan ISIS di Kota Mosul, Irak. Tidak diketahui secara jelas kapan video itu direkam dan dimana tempatnya. Namun ISIS menyebut kalau video itu dibuat pada April.  

Al-Baghdadi terakhir kali muncul di publik pada Agustus silam, namun saat itu dia hanya terdengar suaranya saja dalam sebuah rekaman, bukan video seperti saat ini dan lima tahun lalu. Pada saat itu, sebagaimana dikutip BBC, Selasa (30/4), al-Baghdadi berusaha mengalihkan perhatian setelah ISIS mengalami kekalahan.

Diberitakan The Independent, Senin (29/4), video baru terbaru ini menampilkan al-Baghdadi yang sedang menghadapi tiga laki-laki dengan wajah yang disamarkan. Al-Baghdadi menyinggung kekalahan ISIS di banteng terakhir mereka di Baghouz, Suriah. Namun demikian, dia bersumpah akan melancarkan serangan balas dendam atas kekalahan itu dan setiap anggotanya yang terbunuh.

“Pertempuran untuk mempertahankan Baghouz telah usai. Masih banyak lagi anggota yang akan datang setelah pertempuran ini,” kata al-Baghdadi. 

Sebagaimana diketahui, Pasukan Demokratik Suriah (SDF) pimpinan Kurdi yang didukung Amerika Serikat (AS) berhasil mengalahkan markas terakhir ISIS di Baghouz itu pada Maret lalu. 

Dalam video itu, al-Baghdadi juga memuji serangan yang terjadi di Sri Lanka pada Hari Paskah, Ahad (21/4) lalu. Dia mengklaim, serangan itu merupakan aksi balasan atas kekalahan mereka di Baghouz. Namun, Mina al-Lami, wartawan BBC, mengatakan, klaim ISIS terhadap serangan di Sri Lanka tidak merujuk kepada Kota Baghouz.

“Teruntuk saudara kita di Sri Lanka, saya begitu senang ketika mendengar serangan bom bunuh diri. Membalaskan kaum kita di Baghouz,” ucapnya. 

Ibrahim Awwad Ibrahim al-Badri merupakan nama asli Abu Bakar al-Baghdadi. Dia lahir pada 1971 di Samarra, Irak. Dia mendapatkan gelar doktor bidang studi Al-Qur’an. Pada 2000, al-Baghdadi menjadi jihadis Salafi setelah terlibat dengan kelompok-kelompok Islam garis keras. Sebelum menjadi pimpinan ISIS, al-Baghdadi pernah terlibat dengan al-Qaeda. (Red: Muchlishon)
BNI Mobile