IMG-LOGO
Nasional

Ditemukan Foto Jokowi Bersama Gus Dur

Selasa 30 April 2019 20:37 WIB
Ditemukan Foto Jokowi Bersama Gus Dur
Foto Gus Dur bersama Jokowi (fb Blontank Poer)
Jakarta, NU Online
Foto-foto Presiden Joko Widodo dengan almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ditemukan. Penemuan foto ini sontak ditanggapi ramai oleh warganet, Selasa (30/4) malam.

Adalah akun facebook Blontank Poer yang pertama sekali mengunggah foto-foto Gus Dur dan Jokowi. Dalam unggahannya, terdapat empat foto Jokowi dan Gus Dur. Masing-masing adalah foto Gus Dur dan Jokowi duduk bersisian, Jokowi di sebelah kanan, Gus Dur di sebelah kiri. Foto lainnya, Gus Dur tengah memegang mikrofon dan Jokowi tampak memandang ke arah Gus Dur.

Berikutnya foto Gus Dur memegang mikrofon, sementara Jokowi menyimak dengan serius. Dan yang paling menarik adalah foto Jokowi mencium tangan Gus Dur. Pada foto tersebut tampak keduanya menghadiri sebuah acara, telihat dari banyaknya orang yang juga tampak pada foto-foto tersebut.

Blontank Poer (Gus Blontank) sendiri pada unggahannya menuliskan, "Tak sengaja bersih-bersih CD koleksi foto lama, nemu adegan Pak Jokowi mencium tangan Gus Dur.

Peristiwa di Kraton Surakarta itu, menurut catatan digital di kamera Canon EOS D30, 8 Januari 2006. Berarti, itu baru beberapa bulan Pak @jokowi menjabat Walikota Surakarta."

Keaslian foto tersebut juga ditunjukkan dengan unggahan data kamera yang digunakan untuk mengambil foto. Dari penanda waktu foto diambil 8 Januari 2006 pukul 12:20. Foto berdimensi 2160x1440. 




Gus Blontank menyebutkan dari foto-foto itu sudah terlihat jejak kesantrian Jokowi. Tak hanya bisa disimak dari adegan cium tangan, tapi juga bahasa tubuhnya ketika duduk bersebelahan dengan orang besar bernama KH Abdurrahman Wahid.

"Semoga Pak Jokowi bisa mewujudkan cita-cita besar Gus Dur yang belum kesampaian, memeratakan keadilan, memajukan kemanusiaan, memoersatukan Indonesia dan memupuk persaudaraan tanpa memandang latar belakang atau atribut kesukuan, agama dan sebagainya. amin," tulis Gus Blontank lagi.





Tak lupa Gus Blontank menuliskan "Al Fatihah untuk Gus Dur."

Saat berita ini diturunkan, atau sekitar satu jam setelah unggahan foto tersebut, telah ditanggapi oleh lebih dari dua ribu pengguna facebook, 385 komentar, dan dibagikan lebih dari 1300 kali. (Kendi Setiawan)
Bagikan:
IMG
IMG