IMG-LOGO
Nasional

Sarbumusi NU Minta Pemerintah Lakukan Sentralisasi Kemnaker


Rabu 1 Mei 2019 23:15 WIB
Bagikan:
Sarbumusi NU Minta Pemerintah Lakukan Sentralisasi Kemnaker
Jakarta, NU Online
Salah satu poin sikap Dewan Pimpinan Pusat Konfederasi Sarikat Buruh Muslimin Indonesia Nahdlatul Ulama (DPP K-Sarbumusi NU) pada peringatan Hari Buruh, ialah meminta kepada Presiden dan Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia untuk segera melakukan sentralisasi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dari pusat sampai daerah menjadi urusan pemerintahan absolut.

Sarbumusi NU beralasan, sentralisasi berdasarkan pada Pasal 27 pasal 27 (2) UUD 1945 berbunyi "Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan".

"Nah, itu saya kira menjadi dasar yang kuat kalau ketenagakerjaan tidak didesentralisasi," kata Wakil Presiden DPP K-Sarbumusi NU Sukitman Sudjatmiko di Jakarta, Rabu (1/5).

Selama ini, penyelenggaraan pemerintahan dari sentralisasi menjadi desentralisasi memberikan kewenangan besar kepada pemerintah kabupaten/kota untuk menyelenggarakan urusan pemerintahannya sendiri, termasuk sub urusan pengawasan ketenagakerjaan.

Menurut Sukitman, desentralisasi mengakibatkan pengawasan terhadap perusahaan menjadi terkotak-kotak di dinas-dinas tenaga kerja, sehingga tidak ada koordinasi dan tidak ada penyelesaian perselisihan hubungan industrial yang sama.

Dampak lainnya, ialah mediator-mediator tersebar dan kompetensinya sulit untuk ditingkatkan. Ia mencontohkan, ketika Kemnaker mendidik mediator untuk daerah Tangerang, kemudian setelah dididik, mediator tersebut secara mendadak bisa dipindah ke daerah lain. Perpindahan tersebut terjadi akibat desentralisasi, yakni kepala daerah memiliki kekuasaan.

"(Persoalan) Ketenagakerjaan tidak akan selesai kalau kebijakannya terkotak-kotak di masing-masing dinas tenaga kerja," ucapnya. (Husni Sahal/Abdullah Alawi)

Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG