Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

MTQ Ke-47 Provinsi Lampung Rampung, Kabupaten Ini Langganan Juara Umum

MTQ Ke-47 Provinsi Lampung Rampung, Kabupaten Ini Langganan Juara Umum
Penyerahan Piala Juara Umum
Penyerahan Piala Juara Umum
Tulang Bawang Barat, NU Online
Kabupaten Tanggamus kembali menorehkan sejarah pada even tahunan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Provinsi Lampung. Pada MTQ Ke-47 yang dilaksanakan di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) sejak 26 April 2019 sampai dengan 2 Mei 2019 ini, Kabupaten Tanggamus berhasil menjadi juara umum.

Prestasi ini menjadikan Bumi Begawi Jejama ini berhasil empat kali berturut-turut menjadi juara umum. Langganan juara umum ini diawali pada 2016 saat menjadi tuan rumah MTQ Ke-44 Provinsi Lampung, pada 2017 saat MTQ Ke-45 di Kabupaten Pesawaran, pada 2018 saat MTQ Ke-46 di Bandarlampung, dan pada 2019 saat MTQ Ke-47 di Tulang Bawang Barat.

Pada MTQ tahun 2019 ini, Kafilah Tanggamus mendapatkan nilai tertinggi yakni 127 dan berhak mendapatkan tropi piala juara umum. Piala bergilir dari Gubernur Lampung ini diterima langsung oleh Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung H Suhaili menegaskan bahwa kegiatan ini bukanlah ajang untuk mencari kemenangan saja namun lebih dari itu, musabaqah harus mampu memacu diri untuk lebih mencintai Al-Qur'an.

"MTQ harus mampu memacu kita untuk mencintai dan mengaplikasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," jelasnya.

Sementara Bupati Tubaba H Umar Ahmad sebagai tuan rumah berharap ajang musabaqah yang diikuti oleh 620 orang ini tidak hanya mempertemukan raga seluruh kafilah, namun juga mempersatukan batin untuk membumikan Al-Qur'an.

Sementara untuk tahun 2020, Kabupaten Pringsewu akan menjadi tuan rumah MTQ Ke-48 Tingkat Provinsi Lampung. Kepastian ini ditandai dengan penyerahan tropi piala yang akan diperebutkan oleh 15 kabupaten/kota kepada Wakil Bupati Pringsewu H Fauzi yang hadir pada kesempatan tersebut.

Berikut urutan peringkat Musabawah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-47 Provinsi Lampung di Kabupaten Tulang Bawang Barat: (1) Tanggamus, (2) Lampura Utara, (3) Way Kanan, (4) Pringsewu, (5) Bandar Lampung, (6) Lampung Selatan, (7) Tulang Bawang Barat, (8) Lampung Timur, (9) Metro, (10) Lampung Tengah, (11) Lampung Barat, (12) Tulang Bawang, (13) Pesawaran, (14) Mesuji, (15) Pesisir Barat. (Muhammad Faizin)
BNI Mobile