IMG-LOGO
Daerah

Pelajar NU Kudus Belajar Jurnalistik


Jumat 3 Mei 2019 22:45 WIB
Bagikan:
Pelajar NU Kudus Belajar Jurnalistik
Pelatihan jurnalistik pelajar NU Kudus.
Kudus, NU Online
Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PC IPNU) bersama Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Kudus menggelar Journalist Youth Camp 2019 di Gedung Serba Guna Darul Hadlonah Mualimat NU Kabupaten Kudus pada tanggal 2-3 Mei 2019.

Selama dua hari, PC IPNU-IPPNU Kudus yang bekerja sama dengan Jawa Pos Radar Kudus, Mata Air Foundation, dan mading.id menggembleng puluhan peserta dari SMA, SMK, dan SMA se-Kabupaten Kudus dengan materi dasar kepenulisan, reportase, dan jurnalisme visual.

Di antara materi yang disampaikan pada kegiatan tersebut antara lain fotografi, videografi, teknik menulis artikel dan opini, serta teknik menulis berita dan features. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Mereka dengan penuh semangat mendengarkan materi dan mengikuti semua arahan para mentor yang merupakan jurnalis profesional, seperti Ulin Nuha (Kru Radar Kudus), Abdul Rochim (Kepala Biro Jawa Pos Radar Kudus), Abdullah Badri (owner web dutaislam.com), dan Galih Manunggal (Wartawan TVOne).

Pada sesi terakhir kegiatan ini, peserta ditugaskan untuk membuat video pendek berdurasi maksimal dua menit sebagai tolok ukur seberapa jauh perkembangan peserta setelah menerima semua materi yang telah dipaparkan. Hasilnya pun cukup memuaskan. 

M Chasan Fauzi, ketua PC IPNU Kabupaten Kudus) mengatakan bahwa setelah kegiatan ini peserta yang tergabung dalam Journalist Youth Camp akan menjadi sebuah komunitas jurnalis pelajar. Selama satu tahun kedepan PC IPNU-IPPNU Kudus bersama Jawa Pos Radar Kudus akan tetap mengawal dan menjadi mentor para peserta.

"Kami akan mementoring peserta dalam beberapa kegiatan follow up, sehingga nantinya akan muncul bibit jurnalis andal dan profesional di kalangan pelajar Kabupaten Kudus," tandasnya. (Red: Kendi Setiawan)
Bagikan:
IMG
IMG