Santri Nurul Qarnain Raih Juara Lomba Artikel Nasional

Santri Nurul Qarnain Raih Juara Lomba Artikel Nasional

Jember, NU Online
Prestasi membanggakan ditorehkan santri Pondok Pesantren Nurul Qarnain, Baletbaru, Kecamatan Sukowono, Jember, Muhliseh. Ia berhasil meraih juara II Kategori Guru dalam Lomba Artikel dan Karya Jurnalistik Pendidikan dan Kebudayaan 2019. Acara penyerahan hadiah untuk guru MA Nurul Qarnain tersebut berlangung di Gedung Ki Hajar Dewantara, Plasa Insan Berprestasi Lt. 1 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan, Jakarta, Kamis (2/5).

“Alhamdulillah, saya selalu santri sangat bersyukur bisa keluar  sebagai pemenang dua,” tuturnya kepada NU Online di Jember, Jumat (3/4).

Artikel yang berhasil membuat tim penilai menjatuhkan pilihan pada Muhliseh berjudul Pendidikan Pluralisme dan Kanyataan Kultural Bangsa Indonesia. Artikel tersebut dimuat di media kompasiana.com tanggal 28 Desember 2018.

Menurut Muhliseh, pluralisme harus terus dikembangkan di Indonesia mengingat bangsa ini mempunyai aneka ragam budaya, golongan, suku dan agama. Tanpa penerapan plurlisme yang memadai, maka keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) terancam ambruk.

“Pluralisme harus diajarkan sejak dini kepada generasi muda kita, meskipun  tidak harus selalu formal,” ujarnya.

Aktifis PMII asal Desa Sumberjeruk, Kecamatan Kalisat, Jember itu mengaku akan terus berjuang untuk mengembangkan pluralisme dan toleransi, karena itulah kunci sesungguhnya kekokohan NKRI. (Aryudi AR).

BNI Mobile