Hindari Games, Saat Ramadhan Pelajar Diharap Khatamkan Qur’an

Hindari Games, Saat Ramadhan Pelajar Diharap Khatamkan Qur’an
Pembelajaran di Qur’anic Center Sidoarjo.
Pembelajaran di Qur’anic Center Sidoarjo.
Sidoarjo, NU Online
Beragam cara dilakukan umat Muslim untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan  1440 hijriyah. Di Sidoarjo Jawa Timur, ratusan santri dan guru yang tergabung dalam Qur’anic Center Sidoarjo menyambutnya dengan menggelar khatmil Qur’an, yang bertempat di Kelurahan Sidokare Sidoarjo.

Pengurus Qur’anic Center Sidoarjo, Andi Muhammad Syahrir mengatakan, setiap tahun menjelang bulan Ramadhan, pihaknya sengaja mengadakan khatmil Qur’an. “Melalui kegiatan ini, diharapkan tertanam pendidikan karakter dan akhlakul karimah sejak dini,” katanya, Sabtu (4/5).

Menurutnya, Qur’ani Center  Sidoarjo sendiri sudah menyiapkan santrinya untuk mengkhatamkan 30 juz selama bulan puasa. “Fadilah dari bulan Ramadhan dan membaca Al-Qur’an adalah sebuah alat untuk menjadikan santri berkarakter dan tidak hanya bermain yang tidak ada manfaatnya. Maka, kami mewajibkan santri untuk tadarus,” ungkapnya.

Dirinya berharap selama bulan puasa atau sebulan penuh, para santri tidak hanya bermain games dan gadget semata. “Melainkan setiap harinya mereka melakukan tadarus Al-Qur’an,” harapnya.

Khatmil Qur’an ini disambut baik oleh sejumlah santri. Bahkan mereka ingin menerapkan apa yang sudah diajarkan oleh ustdaznya untuk diterapkan saat bulan Ramadhan nantinya. Seperti yang diungkapkan oleh Muhammad Qiqi dan Tiara misalnya. Mereka mengaku senang mengikuti kegiatan ini dan berencana mengkhatamkan 30 juz.

“Saya senang sekali bisa mengikuti acara ini. Semoga nanti bisa khatam 30 juz,” kata Qiqi.

“Alhamdulillah saya bisa ngaji bersama teman-teman dan ustadz. Saya juga senang bisa mendapatkan sertifikat dari ustadz karena lancar membaca Al-Qur’an. Ke depan akan saya terapkan di rumah, TPQ dan di sekolah,” tandas Tiara. (Moh Kholidun/Ibnu Nawawi)

BNI Mobile