Sambut Ramadhan, Uni Emirat Arab Bebaskan 3.005 Tahanan

Sambut Ramadhan, Uni Emirat Arab Bebaskan 3.005 Tahanan
Iilustrasi penjara (©Shutterstock/rook76)
Iilustrasi penjara (©Shutterstock/rook76)
Dubai, NU Online
Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Khalifa bin Zayed Al Nahyan mengeluarkan kebijakan untuk membebaskan ribuan narapidana menjelang bulan suci Ramadhan. Dilaporkan ada 3.005 tahanan berbagai kasus yang dibebaskan. Kewajiban perihal keuangan mereka juga akan diselesaikan menjelang Ramadhan.

Anggota Dewan Tertinggi dan Penguasa Sharjah, Sheikh Dr Sultan bin Muhammad al-Qasimi mengatakan, ada 377 tahanan dari berbagai kebangsaan di lembaga hukuman dan reformasi di Emirat Sharjah yang dibebaskan menjelang bulan suci Ramadhan.

Hal yang sama juga dilakukan penguasa Ras al-Khaimah. Anggota Dewan Tertinggi dan Penguasa Ras al-Khaimah (RAK), Sheikh Saud bin Saqr al-Qasimi menginstruksikan pembebasan 306 napi dari lembaga pemasyarakatan dan lembaga pemasyarakatan di Ras al-Khaimah.

Di samping itu, anggota Dewan Tertinggi dan Penguasa Umm al-Quwain, Sheikh Saud bin Rashid al-Mualla memberikan pengumuman pembebasan bagi sejumlah tahanan yang memiliki kelakuan baik selama mereka menjalani masa hukuman. 

Dikutip Khaleej Times, Jumat (3/5), kebijakan itu merupakan upaya pemerintah UEA memberikan kesempatan bagi para tahanan untuk membuka lembaran baru dalam hidupnya. Di samping itu, Presiden UEA juga berupaya meringankan kesulitan atau beban hidup keluarga para napi.

Beberapa negara seperti Arab Saudi, UEA, Inggris, Australia, Malaysia, Singapura, dan Indonesia menetapkan awal Ramadhan 1440 H jatuh pada Senin, 6 Mei 2019. (Red: Muchlishon)
BNI Mobile