Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Akhirnya, Israel Cabut Batasan Wilayah Nelayan Palestina

Akhirnya, Israel Cabut Batasan Wilayah Nelayan Palestina
Ilustrasi (FB: International Committee for Breaking the Siege of Gaza)
Ilustrasi (FB: International Committee for Breaking the Siege of Gaza)
Tel Aviv, NU Online
Otoritas Israel mencabut batasan wilayah bagi para nelayan Palestina untuk mencari ikan di Laut Mediterania. Kebijakan itu dikeluarkan pihak Israel, Kamis (9/5). Disebutkan, badan militer Israel yang bertanggung jawab atas wilayah Palestina, COGAT, mengumumkan bahwa pada Jumat, 10 Mei, zona memancing Jalur Gaza akan dibuka kembali bagi nelayan Palestina dengan jarak sejauh 12 mil laut.

Namun demikian, COGAT menegaskan bahwa kebijakan itu diperuntukkan bagi para nelayan Jalur Gaza yang mentaati dan menghormati perjanjian. Dikutip AFP, Jumat (10/5), kebijakan ini dinilai sebagai langkah pertama yang dijalankan Israel setelah menerapkan gencatan senjata dengan militan Palestina di Jalur Gaza. 

Menjelang bulan Ramadhan kemarin, Palestina dan Israel terlibat saling serang. Dalam pertempuran itu, serangan udara Israel berhasil mengenai 260 sasaran di Gaza. Israel mengklaim, serangan itu dilancarkan sebagai balasan setelah sebelumnya milisi Gaza melancarkan serangan ke wilayah mereka. 

Bentrokan tersebut menyebabkan 25 warga Palestina dan empat warga meninggal dunia. Pihak Palestina dan Israel kemudian sepakat untuk gencatan senjata pada Senin (6/5) atau pada hari pertama bulan Ramadhan 1440 H.

Kembali ke pencabutan batas wilayah nelayan Palestina. Serikat nelayan di Gaza membenarkan kebijakan Israel tersebut. Sehingga mereka kini bisa melaut dan mencari ikan di Jalur Gaza. 

Pada April lalu, Israel melarang nelayan Palestina berlayar di Jalur Gaza. Akibatnya, para nelayan Palestina hanya bisa menangkap ikan di Laut Mediterania dengan batas yang tidak boleh lebih dari sembilan kilometer. Angkatan laut Israel seringkali menembaki kapal-kapal nelayan Palestina yang melewati batas yang sudah ditentukan itu. Sebelum ada aturan itu, nelayan Palestina bebas mencari ikan di Laut Mediterania dengan jarak hingga 24 kilometer. (Red: Muchlishon)
BNI Mobile