IMG-LOGO
Nasional

Agar Shalat Tak Sia-sia, Perhatikan Empat Hal Ini


Sabtu 11 Mei 2019 20:30 WIB
Bagikan:
Agar Shalat Tak Sia-sia, Perhatikan Empat Hal Ini
Ilustrasi (Ist.)
Jakarta, NU Online
Wakil Ketua Lembaga Dakwah PBNU KH Muhammad Nur Hayid (Gus Hayid) menyampaikan empat hal penting agar ibadah shalat yang kita lakukan tidak sia-sia. Hal ini ia jelaskan berdasarkan penjelasan Syekh A'la Al Misri dalam khutbah jumat di Masjid Amr Bin Ash, Alexandria, Mesir, Jum'at (10/5).

"Agar shalat kita tak menjadi sia-sia, perhatikan empat hal penting, selain syarat rukunnya shalat secara syar'i," tegas Gus Hayid yang saat ini sedang memimpin rombongan para dai dan imam yang diutus PBNU untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Tadribut Du'at) di Al-Azhar Kairo, Mesir.

Pertama, Husnunniyyah yakni menata hati dan niat shalat hanya mengharap ridlo Allah semata. Sudah seharusnya saat kita shalat untuk menjauhkan niat agar dianggap sebagai ahli ibadah dan juga bukan karena pahala atau pun surga.

"Kedua, Takdhimul Maqam. Ketahuilah posisi kita saat shalat, bahwa kita adalah seorang hamba yang tak punya kekuatan apa-apa kecuali atas kehendak dan takdirnya. Karena kita hamba yang hina penuh dosa, maka akuilah kehinaan diri kita itu dalam shalat kita yang terefleksikan dalam gerakan dan bacaan shalat kita mulai dari takbiratul ihram sampai salam," jelasnya.

Ketiga, lanjutnya adalah Yaqinul Maqal yakni meyakini dan meresapi segala bacaan yang dibaca dalam shalat. Kita harus merenungkan dan mengakui hanya Allah yang besar. Ini dilakukan sejak takbir, ruku' dan sujud serta tahiyyat dan semua doa-doa shalat dari takbiratul ihram hingga salam.

Keempat, Hudurul Qalbi yakni menjaga ketawadhuan diri sejak dari berwudhu dan menetapkan niat bahwa kita akan menghadap Allah SWT.

"Kita tidak mungkin kita bisa mengapainya, kecuali dengan kebersihan diri dan hati kita, maka pastikan kita khusyuk, yang bermakna bukan hanya tahu maksud shalat dan arti doa dan bacaan, tetapi meresapi dan merenungkam semua itu dalam kehidupan kita sehari-hari," pungkasnya. (Muhammad Faizin)
Tags:
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG