RAMADHAN BERKAH

Jambu LAZISNU, Corong Ketersediaan Jamban di Rumah Warga

Jambu LAZISNU, Corong Ketersediaan Jamban di Rumah Warga
Poster program Jambu NU Care-LAZISNU
Poster program Jambu NU Care-LAZISNU
Jakarta, NU Online
Berdasarkan data yang dirangkum oleh NU Care-LAZISNU, penyediaan jamban untuk setiap rumah hunian masih belum merata. Bahkan, di sebagian perkampungan hanya segelintir orang yang memiliki jamban. Terdapat 25 juta kampung di Indonesia yang belum memiliki jamban atau fasilitas sanitasi yang layak.

Selain itu, 47% masyarakat masih berperilaku buang air besar di sungai, sawah, kolam, kebun dan tempat terbuka. Sangat sedikit rumah tangga pedesaan yang benar-benar memiliki jamban sehat.

"Permasalahan jamban bukan saja soal infrastruktur dan sanitasi air, akan tetapi mengenai sosial budaya, kesehatan dan kebersihan lingkungan masyarakat. Penyediaan jamban bagi setiap rumah akan menggiring kebiasaan masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat," ungkap Sekretaris NU Care-LAZISNU Abdur Rouf.

Persoalan tersebut menjadi pertimbangan kuat bagi NU Care-LAZISNU menggulirkan program Jamban Bagus (Jambu), dan menjadikannya salah satu dari sembilan program unggulan NU Care-LAZISNU di bulan Ramadhan ini.

Melalui Jambu, lanjut Rouf, NU Care-LAZISNU akan konsisten untuk menjadi corong ketersediaan jamban bagi setiap rumah warga, terutama di daerah pelopok dan perkampungan. Untuk menjalankan program ini, LAZISNU telah mendapatkan data ter-up date atas kebutuhan jamban di Indonesia.

"Namun begitu, LAZISNU tetap perlu menjalin kerja sama dengan masyarakat sekitar lokasi dan lembaga-lembaga terkait untuk mendapatkan  sasaran tepat bantuan Jambu," imbuhnya.

Melalui program Jambu, NU Care-LAZISNU menyediakan bantuan dalam bentuk tunai bagi pembangunan dan renovasi jamban. Diharapkan, program Jambu memutus mata rantai penyakit yang disebabkan oleh sanitasi yang salah serta memberikan semangat menjaga lingkungan yang sehat dan mewujudkan kehidupan masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Target yang ingin dicapai selama program Ramadhan 1440 H sebanyak 100 unit jamban. Adapun bantuan yang diberikan berupa biaya renovasi ataupun pembangunan jamban.

Program Jambu juga sesuai dengan tujuan atau kriteria SDGs, yakni Tujuan 3 Kehidupan sehat dan sejahtera; Tujuan 6 Air bersih dan sanitasi layak, dan  Tujuan 9 Industri, inovasi dan infrastruktur. (Kendi Setiawan)
BNI Mobile