IMG-LOGO
Nasional

Saat Pangeran Diponegoro Ditangkap


Ahad 12 Mei 2019 05:45 WIB
Bagikan:
Saat Pangeran Diponegoro Ditangkap
foto: Tribunnews
 Tangerang Selatan, NU Online
 Selepas sukses meruntuhkan Kesultanan Palembang pada 1822, koloni Belanda menyerang Jawa. Mereka terlibat perang hebat dengan masyarakat di sana yang dipimpin oleh Perang Diponegoro.
 
Perang yang terjadi pada tahun 1825-1830 itu termasuk perang yang sangat menentukan mengingat sangat menguras pihak koloni. "Baik kas keuangannya, tenaga, waktu, maupun pikirannya," kata Ahmad Ginanjar Sya'ban, Direktur Islam Nusantara Center (INC), saat mengisi kajian di INC, Jalan Ir H Juanda, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (11/5).
 
Sebetulnya, menurut Ginanjar, pihak Pasukan Diponegoro tidak kalah melainkan ditipu mengingat pada akhir Ramadhan, sosok yang juga ulama tarekat itu menerima kabar gencatan senjata atau rekonsiliasi. "Dan diundang saat itu ketika lebaran," ujarnya.
 
Diponegoro pun datang memenuhi panggilan itu ke Magelang bersama beberapa pasukannya tanpa membawa senjata. Hal tersebut karena mendengar kabar rekonsiliasi sehingga anggapannya hanya akan terjadi perundingan saja.
 
"Diponegoro bawa pasukan seadanya dan tidak membawa senjata," ucap alumnus Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir itu pada diskusi rutin tersebut.
 
Namun, saat itulah, katanya, Pangeran Diponegoro yang dalam keadaan tanpa senjata ditangkap oleh pihak Belanda yang dipimpin oleh De Cock, seorang arsitek yang meruntuhkan Kesultanan Palembang.
 
"Pangeran Diponegoro ditangkap di sana," kata dosen Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) Jakarta itu.
 
Kegiatan diskusi bertema Ziarah Intelektual: Ketika Jejaring Ulama Jawi Menusantara di Haramain itu juga menghadirkan narasumber Sejarahwan Zainul Milal Bizawie. (Syakir NF/Abdullah Alawi)

Tags:
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG