IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

Pesantren Nurul Ikhlas Tulang Bawang Didik Santri Pegang Peran di Berbagai Lini


Senin 13 Mei 2019 09:30 WIB
Bagikan:
Pesantren Nurul Ikhlas Tulang Bawang Didik Santri Pegang Peran di Berbagai Lini
Penyerahan Izin KBIH Pesantren Nurul Ikhlas, Tulang Bawang
Tulang Bawang, NU Online
Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Ikhlas, Tulang Bawang, Lampung KH Masykur Al Faruq mengatakan bahwa seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat saat ini, pesantren memiliki peran yang signifikan di berbagai lini kehidupan.

Pondok pesantren merupakan basis utama dan pencetak kader-kader utama pengerak Nahdlatul Ulama yang mampu memegang peran penting dalam berbagai bidang seperti pendidikan, keagamaan, ekonomi, politik, sains, sosial kemasyarakatan dan lain sebagainya.

"Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj dalam Harlah Muslimat ke-73 beberapa waktu lalu, menekankan kepada segenap kader-kader NU dan banom-banomnya untuk mengambil peran di berbagai lini untuk kepentingan bangsa, negara dan agama ala Ahlussunah wal Jama'ah An-Nahdliyyah," ungkap kiai yang karib disapa Gus Faruq ini kepada NU Online, Senin (13/5).

Oleh karena itu Gus Faruq terus memotivasi para santrinya untuk terus semangat belajar dan mengmbangkan potensi yang dimiliki selama belajar di pesantren. Ia pun berkomitmen memberi wadah pengembangan diri para santri di antaranya di bidang kemandirian ekonomi dan pendidikan santri.

"Di pondok pesantren ini, kami sediakan wadah bagi para santri untuk melatih skill, keterampilan, dan kemampuan lainnya. Selain pendidikan salaf dan formal kami juga mengajarkan santri mengembangkan ekonomi," ungkapnya.

Ada beberapa aktifitas ekonomi yang dilakukan oleh para santri untuk mewujudkan harapan ini di antaranya kursus komputer desain grafis, isi ulang air minum, koperasi, pertanian dan kegiatan perekonomian lainnya.

"Alhamdulillah beberapa hari yang lalu, Pondok Pesantren Nurul Ikhlas juga telah menerima izin untuk mendirikan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Harapannya santri pun nantinya akan dilibatkan aktif untuk membantu dan belajar dalam pengelolaan KBIH tersebut," tambahnya.

Di bidang pendidikan, Pesantren Nurul Ikhlas juga memiliki beberapa unit pendidikan di antaranya: tahfidzul qur'an, madrasah diniyah, pesantren anak, sekolah dasar, madrasah tsanawiyah, SMP berbasis pesantren, madrasah aliyah, dan pesantren mahasiswa (perguruan tinggi). (Muhammad Faizin)
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG