::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Safari Ramadhan, Cara Ansor Jombang Rekatkan antar Pengurus

Ahad, 19 Mei 2019 23:00 Daerah

Bagikan

Safari Ramadhan, Cara Ansor Jombang Rekatkan antar Pengurus
Safari Ramadhan Ansor Jombang, Jatim
Jombang, NU Online
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jombang, Jawa Timur mengisi bulan Ramadhan 1440 Hijriyah ini dengan kegiatan Ramadhan Bareng Ansor. Kegiatan sebagai upaya untuk lebih merekatkan tali persaudaraan antar pengurus di sejumlah tingkatkan, mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten.

Ketua PC GP Ansor Jombang, H Zulfikar Damam Ikhwanto mengatakan, Ramadhan Bareng Ansor dikonsep dengan buka bersama di setiap titik yang menjadi pusat kegiatan secara bergantian. "Setidaknya ada 9 titik yang kita sepakati untuk kegiatan Ramadhan Bareng Ansor ini," katanya, Sabtu (18/5). 

Dari 9 titik tersebut, dimulai dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) Diwek. Kegiatan yang berlangsung di aula Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Diwek pada Sabtu (18/5) kemarin ini, adalah gabungan antara PAC Ansor Diwek, Jogoroto, dan Jombang Kota.

H Zulfikar Damam Ikhwanto mengimbau agar setiap kader Ansor perlu meningkatkan daya kepekaannya atas situasi yang terjadi belakangan ini, terlebih setelah Pemilu 2019. "Ansor Jombang harus lebih peka terhadap dinamika yang terjadi di wilayahnya masing-masing akhir-akhir ini," ucapnya.

Di samping itu, pria yang biasa disapa Gus Antok ini mengatakan, perlunya sinergi antar kader Ansor juga Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dengan TNI dan Polri dalam meyakinkan keamanan di tengah masyarakat. Apalagi pada bulan Ramadhan ini. "Ansor juga harus terus bersinergi bersama TNI Polri, atau 3 pilar guna menjaga keamanan," jelasnya.

Seperti pada bulan Ramadhan sebelum-sebelumnya, Ansor kerap kali membuat posko keamanan juga posko mudik lebaran. Hal ini menurut dia perlu dipertahankan pada pada Ramadhan tahun ini. "Seperti tahun-tahun sebelumnya, Ansor dan Banser juga buat posko-posko mudik lebaran," imbuh Gus Antok.

Gus Antok memaparkan, untuk buka bersama ini disiapkan juga 100 paket makan, minum dan banner dari perusahaaan rokok asal Kudus. Pada kesempatan ini pula diisi acara pengajian atau majelis ta'lim. Dan yang menentukan adalah Ansor Jombang dan KBIHU Thoriqul Jannah. "Termasuk petugas yang membaca Al-Qur'an," tuturnya.

"Dianjurkan mengundang juga warga sekitar masjid atau tempat kegiatan berada, dan acara dimulai pukul 16:00 WIB hingga maghrib," pungkasnya.

Berikut jadwal Ramadhan Bersama Ansor Jombang:
  1. Sabtu, 18 Mei 2019 PAC Ansor Diwek di Kantor MWCNU Diwek bersama PAC Ansor Jogoroto dan PAC Ansor Jomkot
  2.  Ahad, 19 Mei 2019 PAC Ansor Bandar Kedung Mulyo di Masjid Al-Mubarok, Banjaranyar, Tinggar bersama PAC Ansor Perak dan PAC Ansor Gudo
  3. Senin, 20 Mei 2019 PAC Ansor Plandaan di Masjid Baitul Ibrahim, Kepuh, Kampungbaru, Plandaan bersama PAC Ansor Megaluh
  4. Selasa, 21 Mei 2019 PAC Ansor Ploso di Masjid Besar Baitul Makmur, Rejoagung, Ploso bersama PAC Ansor Tembelang
  5. Rabu, 22 Mei 2019 PAC Ansor Kudu di Masjid Al-Husnah, Gitri, Katemas, Kudu bersama PAC Ansor Kabuh
  6. Kamis, 23 Mei 2019 PAC Ansor Sumobito di Masjid Nurul Huda, Sewan, Palrejo, Sumobito bersama PAC Ansor Peterongan
  7. Jumat, 24 Mei 2019 PAC Ansor Ngusikan di Masjid Al-Falah, Sumbernongko, Ngusikan bersama PAC Ansor Kesamben
  8. Senin, 27 Mei 2019 PAC Ansor Mojowarno di Masjid Baitul Maab, Jambangan, Latsari, Mojowarno bersama PAC Ansor Bareng dan PAC Ansor Ngoro
  9. Jumat, 31 Mei 2019  PAC Ansor Mojoagung di Masjid Al-Istiqomah, Dukuhdimoro Mojoagung bersama PAC Ansor Wonosalam. (Syamsul Arifin/Muiz)