::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Muhibbah Qawwali Sufi India Manggung di Unipdu Jombang

Selasa, 21 Mei 2019 22:00 Nasional

Bagikan

Muhibbah Qawwali Sufi India Manggung di Unipdu Jombang
Ramadhan Kareem Muhibbah Qawwali Sufi India di Unipdu.
Jombang, NU Online
Kerja sama saling menguntungkan terus dijalin oleh Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Peterongan, Jombang, Jawa Timur. Yang terbaru, kampus yang berada di lingkungan Pesantren Darul Ulum ini menjalin kemitraan dengan pemerintah India.

Hal tersebut dibuktikan dengan kegiatan Ramadhan Kareem Muhibbah Qawwali Sufi India yang berlangsung Selasa (21/5). Kegiatan dipusatkan di auditorium kampus Unipdu dan disambut antusias pimpinan dan mahasiswa kampus setempat.

“Sekadar diketahui bahwa kegiatan ini hanya dilaksanakan di tiga tempat, yaitu Pengurus Besar Nahdlaatul Ulama atau PBNU di Jakarta, Unipdu Jombang dan Universitas Maarif Hasyim Latif atau Umaha Sidoarjo,” kata H Zulfikar As’ad kepada NU Online.

Menurut Wakil Rektor Unipdu ini, kegiatan sebagai rangkaian dari kerja sama antara PBNU dan Pemerintah India. “Ini sekaligus peringatan 70 tahun hubungan Indonesia dan India,” terang Gus Ufik, sapaan akrabnya. 

Menurutnya, kerja sama diawali dengan pameran foto dan kebudayaan India di Kantor PBNU, jalan Kramat Raya Jakarta Pusat. “Dan Muhibbah Qawwali Sufi India adalah sebagai mata rangkai dari kerja sama tersebut,” ungkap doktor lulusan Unair Surabaya ini. 

“Alhamdulillah, tampilan mereka di Unipdu berlangsung meriah meski siang hari, audiens sangat antusias dan mengikuti kegiatan dengan khidmat,” bangga Gus Ufik.

Manfaat dari kerja sama ini akan dirasakan para mahasiswa dan dosen di Unipdu serta santri Pesantren Darul Ulum. “Kami mendapatkan informasi tentang kesempatan beasiswa dari negara India untuk program S1, S2 dan S3 bagi santri Pesantren Darul Ulum, mahasiswa dan dosen Unipdu,” jelasnya. 

Dalam pandangan Gus Ufik, kerja sama tersebut tentu akan segera ditindaklanjuti. “Seperti diketahui, India adalah salah satu negara yang memiliki kelebihan dalam bidang informasi dan teknologi,” pungkas Gus Ufik.

Kegiatan ini dihadiri Mr Makram Sukhal selaku Direktur Jawarlal Nehru Culture Center, Ketua PBNU, Mohammad Iqbal Sullam serta Hanif Saha Ghafur. (Ibnu Nawawi)