::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

MUTIARA HATI

Puasa, Ibadah Paling Ampuh Bangun Kelapangan Dada

Rabu, 22 Mei 2019 16:25 Nasional

Bagikan

Puasa, Ibadah Paling Ampuh Bangun Kelapangan Dada
M. Quraish Shihab (istimewa)
Jakarta, NU Online
Kelapangan dada merupakan akhlakul karimah dalam ajaran Islam. Sifat baik ini tidak hanya mengantarkan seseorang pada keimanan dan ketakwaan yang kuat, tetapi juga membangun kehidupan sosial yang baik di tengah masyarakat.

Terkait lapang dada tersebut, Ulama Tafsir Indonesia, Prof Muhammad Quraish Shihab menyebut bahwa kelapangan dada berkorelasi dengan ibadah puasa.

Karena menurutnya, puasa merupakan ibadah paling ampuh yang dapat mengantarkan seseorang pada kelapangan dada.

"Tidak ada ibadah yang lebih ampuh mengantar kekuatan tekad dan kelapangan dada, seperti halnya puasa," ucap Prof Quraish dikutip NU Online, Rabu (22/5) dalam program Mutiara Hati yang rutin tayang di stasiun televisi SCTV selama Ramadhan.

Dalam puasa, ia berpesan agar bersegera untuk berbuka begitu matahari terbenam. Makna ini bukan berarti bahwa seseorang harus duduk di depan hidangan hingga mahgrib menjelang.

Lewat renungannya itu, pendiri Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ) itu juga mengungkap bahwa shaleh atau tidaknya seseorang bukan dinilai dari puasa atau shalatnya.

Tapi puasa, menurut Allah adalah arena berlomba untuk meraih kebajikan, melawan diri sendiri, dan olah jiwa. (Fathoni)