IMG-LOGO
Internasional

Sekjen PBNU: NU Dukung Penuh Upaya Perdamaian Palestina


Sabtu 25 Mei 2019 15:30 WIB
Bagikan:
Sekjen PBNU: NU Dukung Penuh Upaya Perdamaian Palestina
Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini.
Jakarta, NU Online
Mencermati kondisi terkini yang terjadi di Timur tengah, khususnya di Palestina, Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) H Helmy Faishal Zaini menegaskan dukungannya terhadap upaya pemerintah Indonesia.

"Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengapresiasi dan mendukung keputusan gagasan dan upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia terkait kondisi terkini di Palestina," katanya dalam siaran pers yang diterima NU Online Sabtu (25/5) siagn.

Kesempatan Indonesia sebagai Presiden Dewan Keamanan PBB, menurutnya, memang harus bisa dimanfaatkan untuk mewujudkan perdamaian di Palestina. 

Dukungan ini, kata Helmy, merupakan bagian dari amanat Muktamar ke-33 NU di Jombang, Jawa Timur pada tahun 2015 yang lalu.

"Kembali mendorong pemerintah Indonesia untuk terus melakukan upaya-upaya strategis guna mewujudkan kemerdekaan Palestina. Upaya ini sejalan dengan amanat Muktamar 33 Nahdlatul Ulama di Jombang tahun 2015," ujarnya.

Bagi Nahdlatul Ulama, katanya, apa yang terjadi di Palestina itu bukan konflik soal agama saja, namun lebih dari itu merupakan konflik kemanusiaan.

Lebih lanjut, Helmy juga menjelaskan bahwa NU tidak hanya mendorong pemerintah Indonesia, tetapi juga mengambil langkah lain dalam berupaya mewujudkan amanat Muktamar ke-33 itu, yakni dengan senantiasa berkomunikasi dengan banyak pihak.

"Nahdlatul Ulama sendiri juga melakukan sejumlah langkah dan upaya strategis untuk membantu penyelesaian konflik di Palestina. NU secara intens menggalang komunikasi dengan pelbagai pihak untuk memberi masukan demi tercapainya kedaulatan Palestina," ucapnya.

Helmy menegaskan bahwa sejak tahun 1938, sikap NU tidak berubah. NU, imbuhnya, sangat konsen dan komitmen mendukung kedaulatan Palestina. Oleh karena itu, NU menyambut baik gagasan Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Menlu Retno LP Marsudi.

"NU mendukung penuh tiga agenda penting terkait perdamaian di Palestina, yakni memberikan perlindungan bagi penduduk sipil Palestina, memulihkan kondisi sosial politik, dan juga mengupayakan perdamaian antara Israel dan Palestina," pungkasnya. (Syakir NF/Kendi Setiawan)
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG