IMG-LOGO
Pustaka

Tangisan Santri Bukan Sembarangan Tangisan

Ahad 26 Mei 2019 13:0 WIB
Bagikan:
Tangisan Santri Bukan Sembarangan Tangisan
KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) menyebut pesantren sebagai subkultur. Ya, memang, kehidupan santri, meskipun pada umumnya sama dengan komunitas lain, tapi memiliki ciri khas tersendiri. Dan tentu saja memiliki cara pandang tersendiri pada dunia dan kehidupan yang digelutinya. Hal itu karena mereka menerima pelajaran dan pendidikan dari bimbingan kiai atau ajengan yang bersumber dari naris naskah-naskah klasik Islam atau kitab kuning. 

Pandangan hidup seorang santri bisa tergambar pada cerpen-cerpen karya Usep Romli HM yang pernah mengalami kehidupan pesantren di Garut, Jawa Barat. Misalnya pada cerpen dalam bahasa Sunda Ceurik Santri (tangisan santri). Cerpen tersebut berada di dalam buku kumpulan cerpen dengan judul sama yang diterbitkan pertama kali oleh Rahmat Cijulang tahun 1985. Kemudian diterbitkan ulang oleh Geger Sunten 2007. 

Dari kisah yang berada di cerpen tersebut, terutama Ceurik Santri tidak lepas dengan situasi Indonesia pada masa itu, yaitu Orde Baru, terutama pada isu pembangunan yang digalakkan Presiden Soeharto. Bahkan kemudian ia mendapat sebutan bapak pembangunan. Pada masa itu, setiap orang harus bahu-membahu dalam pembangunan, tanpa kecuali. Semua harus produktif.

Nah, persoalannya, sebagaimana ditulis dalam beberapa artikel penulis NU kawakan, H Mahbub Djunaidi, kalangan santri dianggap tidak turut serta dalam pembangunan itu dan tidak produktif. Namun anehnya, kata Mahbub, kalangan siswa dan mahasiswa tidak disoroti sebagaimana santri. Padahal kedua-duanya dalam taraf tertentu, sama, sebagai pelajar. 

Nah, karena itulah, sebagaimana dalam cerpen tersebut, kalangan pemerintah mengirimkan bibit ayam ras dan alat-alat pertanian untuk sebuah pesantren di sebuah desa. Ajengan di pesantren tersebut tidak menolaknya. Namun, ia pergi ke luar kota, dengan alasan menghadiri haul di Jawa selama empat hari. Begitu juga kedua putranya, tidak bisa hadir. Keduanya pergi ke Jakarta hendak mengambil kitab kiriman dari Tanah Suci Mekkah. 
Serah terima benda tersebut dipercayakan ajengan kepada para santrinya. 

Pada saat musyawarah kepanitiaan serah terima, terjadi perdebatan sengit tentang manfaat dan mudaratnya jika menerima benda sumbangan tersebut. Namun, pada akhirnya mereka sepakat menerima sesuai permintaan ajengan. Disusunlah kepanitiaan. Salah seorang santri yang mendapat tugas dalam kepanitiaan tersebut adalah Sarip. Dia sebagai pembawa acara. Namun, saat waktu acara dimulai, Sarip menghilang.  

Santri vs Ateis
Sarip menghilang dari acara karena yang datang adalah orang yang sangat dikenalinya, yaitu Gunawan. Gunawan adalah temannya saat di Sekolah Menengah Atas. Keduanya berselisih paham tentang agama Islam yang menurut Gunawan sangat ketinggalan zaman, tidak cocok dengan zaman modern karena agama melarang pergaulan bebas dan minum-minuman keras. Sarip menentang keras pendapat Gunawan tersebut.

"Euh ana kitu, lain Islam anu teu modern atawa teu luyu jeung norma-norma jaman moderen, tapi silaing anu tinggaleun jaman. Tapi silaing anu teu luyu jeung jaman moderen." 

Terjemahan bebasnya:

"Bukan begitu, bukan Islam tidak sesuai dengan kondisi kekinian dan norma-norma zaman modern, tapi kamu ketinggalan zaman. Kamu yang tidak sesuai dengan zaman modern".

"Naha?"

Terjemahannya:

"(Kenapa)?"

"Yeuh pamabokan, pergaulan bebas alias perjinahan teh kuno. Kuno pisan. Samemeh Islam gumelar, kabeh pangeusi dunya, di Arab, di Rumawi, di Persia,  geus ngabaju kana inuman keras, ngabaju kana pergaulan bebas. Torojol datang Islam anu disebarkeun ku Nabi Muhammad SAW, bangsa inuman keras, bangsa lacur perjinahan, dicaram." 

Terjemahan bebasnya:

"Mabuk-mabukan dan pergaulan bebas alias perzinaan itu adalah perilaku kuno. Sangat kuno. Sebelum Islam datang, kebanyakan di dunia ini seperti di Arab, Romawi, Persia, melakukan minum-minuman keras dan pergaulan bebas. Ketika datang Islam yang disebarkan Nabi Muhammad SAW, tindakan semacam itu dilarang."

Gunawan banyak teman yang kemudian mengamini pemikirannya karena ia memiliki uang banyak. Teman-temannya sering diajak makan bareng atau ikut berangkat atau pulang sekolah menggunakan mobilnya. Sementara teman-temannya yang lain banyak yang tidak mau tahu menahu perihal itu. bahkan gurunya sendiri. Padahal menurut sarip, Gunawan mengandung pemikiran ateisme.  
ng." 

Namun, menjadi pergolakan batin Sarip adalah ketika Gunawan justru datang ke pesantren untuk menyerahkan sumbangan ayam ras dan cangkul. Bahkan ia berpidato yang isinya memuji Islam, santri, pesantren. Sarip yang mengetahui masa lalunya, menyingkir dari pidato tersebut. Ia tak mau menemuinya. Dan di malam harinya, dalam doa-doa selepas tahajudnya, ia menangis. Ia ceurik. Ia telah meninggalkan tugas dan merasa terbebani dengan sikapnya yang berburuk sangka. Sebab, ia tidak bisa memastikan apakah pidato Gunawan itu kamuflase atau memang sudah berubah dari masa lalunya.

Ya Allah, mugia anjeun henteu nibakeun siksa ka abdi sadaya saupama abdi kaliru. Mugia anjeun henteu ngabeungbeurat sapertos anu ditibakeun ka jalmi-jalmi saheulaeun abdi. Mugia anjeun ngalebur dosa-dosa abdi, ngaping, ngajaring abdi sadaya sareng mugia Anjeun maparin rahmat ka abdi sadaya. Paparin abdi kakiatan sareng pitulung kangge ngungkulan reka perdaya jalmi-jalmi kapir. Amin ya rabbal alamain. 

Terjemahan bebasnya:

Ya Allah, semoga Engkau tidak menimpakan siksa kepadaku seumpama aku keliru. Semoga Engkau tidak menimpakan hal itu sebagaimana yang menimpa orang-orang terdahulu. Semoga Engkau menghapus dosa-dosaku, menjaga dan memberi rahmat kepadaku. Berikan kekuatan dan pertolongan dari kejahatan orang-orang kafir. Amin. 

Kumpulan cerpen ini, sebagaimana cerpen-cerpen Usep Romli HM, sangat enak dibaca, tentunya bagi orang yang memahami bahasa Sunda. Usep terampil menyisir batin orang pesantren. Di samping ia pernah ada di dalamnya, ia termasuk penulis kahot tidak hanya dalam bahasa Sunda, melainkan bahasa Indonesia. Hal itu bisa dibaca juga dalam novelnya Bentang Pasantren. 

Namun, dalam Ceurik Santri ini ada sedikit kejanggalan, yaitu anak SMA yaitu Gunawan, telah terbiasa membaca pemikiran tokoh-tokoh Barat yang lumayan susah dipahami seperti Sartre, Nietzsche. Dan anak-anak itu mampu memahami isinya. Sementara di pihak Sarip juga sepertinya sudah memahami Al-Ghazali, Fazlur Rahman, Al-Maududi, dan lain-lain. Mungkin jika saat ini sangat mungkin, tapi ini terjadi tahun 1980-an. Namun demikian, sebagai satu kasus, anak SMA di masa itu yang mampu seperti itu bukanlah yang mustahil. 


Peresensi Abdullah Alawi, Nahdliyin yang kini tinggal di Bandung

Data Buku
Judul         :  Ceurik santri
Pengarang        :Usep Romli H. M.
Penerbit         Rahmat Cijulang, 1985
Tebal         88 halaman

Bagikan:
Rabu 22 Mei 2019 4:0 WIB
Kisah Pecandu Mobil Legend yang Akhirnya Jadi Penghafal Al-Qur’an
Kisah Pecandu Mobil Legend yang Akhirnya Jadi Penghafal Al-Qur’an
Keberadaan Pondok Pesantren Hamalatul Quran (PPHQ) menyita perhatian banyak pihak. Tidak hanya di kalangan umat Islam di Jombang, namun juga se-JawaTimur. Bahkan mungkin se-Indonesia.

PPHQ berlokasi di Desa Jarak Kulon, Kecamatan Jogoroto, Jombang, Jawa Timur. Pondok khusus tahfidz ini didirikan oleh KH Ainul Yaqin. Kiai yang akrab disapa Mbah Yaqin tersebut adalah alumni Madrasatul Qur’an Tebuireng. Dari segi sanad keilmuan, termasuk dalam bidang tahfidz, MbahYaqin memiliki garis yang jelas.

Latar belakang para santri calon hafidz di pesantren ini bervariasi. Mulai siswa SLTA, SLTP, bidan, PNS, sarjana hingga guru. Meski baru berdiri tujuh tahun, sekarang PPHQ memiliki sedikitnya dua ribu santri. Itu belum termasuk yang mukim di beberapa PPHQ cabang.

Ketertarikan banyak orang membincang PPHQ lebih disebabkan metode yang digunakan. Biasanya proses menghapal Al-Qur’an membutuhkan waktu sekitar dua tahun. Di PPHQ, hanya dalam waktu enam bulan. Bahkan kebanyakan hanya dalam waku empat bulan. Subhanallah.

Metode akselerasi yang “kurang umum” ini menarik banyak kalangan. Tidak heran jika santrinya banyak yang dari luar Jawa. Bahkan ada yang dari Singapura. Mulai tahun 2018  kemarin, PPHQ membuka cabang di Ringin Agung Kepung, Kediri. Unit ini khusus untuk santri putri. Pengasuhnya adalah Ustadz Faiq Faizin, lulusan angkatan pertama PPHQ Jombang.

Buku Hafal Al-Qur’an Semudah dan Secepat Ngopi ini menjawab banyak pertanyaan dan penasaran khalayak tentang program tahfidz versi PPHQ. Buku ini ditulis oleh 67 santri berisi kisah dan pengalaman mereka selama menghafal Al-Qur’an di PPHQ. Ini adalah kumpulan tulisan dari para santri generasi awal atau dikenal dengan sebutan assabiqunal awwalun.

Kisah yang ditampilkan bukan sebuah skenario yang dibuat agar menarik untuk dibaca. Akan tetapi, itu semua adalah hasil pengalaman pribadi mereka yang berkesan untuk dapat diceritakan kepada khalayak lewat tulisan. Tentu saja tulisan mereka menggunakan gaya bahasa masing-masing yang khas sebagai seorang santri.

Banyak kisah mereka yang mengharu biru dan inspiratif dalam proses menjadi hafidz dan hafidzah di PPHQ. Kunci sukses tahfidz di PPHQ terletak pada program kegiatan akselerasi yang tidak biasa. Mulai kegiatan ziyadah, murajaah, shalat tahajjud dan shalat dhuha dengan maqra setengah juz, setoran bin nadhar, bil ghaib, dzikrul Quran satu juz hingga fammy bisyauqin. Kegiatan terakhir ini semacam muraqabah untuk membaca lima juz sekali duduk dengan tartil.

Untuk melancarkan hafalan, santri diwajibkan mengikuti kegiatan tahunan. Yaitu menjadi imam shalat tarawih dengan maqra 30 juz di berbagai masjid. Baik masjid di desa sekitar maupun masjid pondok yang menjalin kerja sama. Ini juga mengasah mental para santri calon hafidz.

Proses menghafal dengan durasi yang cepat, menjadikan santri sering dihinggapi rasa jenuh. Bahkan bosan, malas, mengantuk dan keinginan untuk berhenti mengikuti program, seolah menjadi “makanan keseharian” santri. Termasuk ada yang sakit dan harus pulang selama satu bulan untuk penyembuhan.

Berbagai tantangan itu ternyata dialami oleh hampir semua santri. Namun itu diantisipasidengan pola asuh kiaidan para ustadz yang penuh perhatian dan cara komunikasi yang baik. Sehingga, kesulitan tersebut dapat segera diatasi. Santri akhirnya menjadi kembali kepada tujuan awal mereka untuk menjadi seorang hamilil Quran lafdhan wa ma’nan wa amalan

Ada ungkapan yang menjadi motto di pondok ini.Yaitu Allahumma pekso. Ini didasari karena menghafal Al-Qur’an bukan masalah bakat atau tidak. Tapi siapa yang mau dialah yang bisa. Para santri sangat terkesan dengan dawuh sang pengasuh ini. Semua berawal dari beban dan paksaan hingga akhirnya menjadi cinta.

Buku ini cukup menarik untuk dibaca. Dengan bermacam latar belakang mereka sebelum menghafal Al-Qur’an, isi buku ini makin berwarna. Sebut saja Karyn Shabrina Lym, santri dari Singapura dengan julukan Queen of Mobile Legend. Awalnya dia seorang pecandu game online mobil legend. Akhirnya membulatkan tekad untuk hijrah menghafal Al-Qur’an, karena ingin membanggakan kedua orang tuanya.

Cerita menarik lainnya dari Ainaul Rizki. Dia seorang bidan lulusan D-3 Poltekes Kemenkes Semarang, yang memutuskan untuk mengambil program tahfidz sebelum melanjutkan ke jenjang S-1 kebidanan.

Kisah menarik berikutnya datang dari seorang santri yang dalam proses menghafal Al-Qur’an dinyatakan lolos tes PNS. Dia adalah Ema Yusrina Fahmidah.Seorang gadis desa lulusan S-1 dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kedua orang tuanya menginginkan agar dia melanjutkan ke S-2.Tapi dia ingin “menebus dosa” saat kuliah yang tidak bisa fokus untuk menghafal Al-Qur’an.

Masih banyak kisah inspiratif lainnya yang dapat membuka mata dan menggugah keinginan para pembaca untuk dapat mengikuti jejak mereka. Kisah para assabiqunal awwalun ini membawa spirit kepada para pembaca. Salah satunya bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil. Yakin, usaha, sabar, doa, tawakkal dan ikhlas adalah hal yang harus ada pada seorang yang memiliki impian menjadi seorang hafidz.


Peresensi adalah Halimatus Sa’adah, dosen Universitas Darul Ulum dan guru SMKN 2 Jombang. Alamat: Kantor SMKN 2 Jombang, Jalan Bupati RAA Soeroadiningrat No. 6 Jombang 61411. E-mail: imahalima39@gmail.com.


Identitas Buku
Judul : Hafal Al-Quran Semudah dan Secepat Ngopi (Kisah Inspiratif
            Assabiqunal Awwalun PP Hamalatul Qur'an)
Pengarang  : M. Fuad Hasyim, M. Faiq Faizin dkk
Penerbit          : Imtiyaz, Surabaya
Cetakan          : I, April 2019
Tebal  : xxii+247 hlm
ISBN  : 978-602-5779-16-9
Selasa 21 Mei 2019 11:30 WIB
Jejak Islam Nusantara di Lampung
Jejak Islam Nusantara di Lampung
Ilustrasi (Ist.)
Sejarah Islam di Provinsi Lampung mempunyai jejaring erat dengan Islam di Banten, Aceh, Minangkabau, dan Palembang. Perkembangan Islam di Lampung membuat peradaban dan kebudayaan selangkah lebih maju, berkembang, serta jiwa patriotik yang menggelora dalam melawan penjajah seperti kepahlawanan Raden Intan II. 

Buku karya salah satu intelektual muda NU Lampung, Muhammad Candra Syahputra (MCS), alumni Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung ini, memberikan bongkahan informasi yang penting bagi perkembangan peradaban Islam Nusantara di Lampung yang menjadi bagian tak terpisahkan dari kebesaran Islam di Indonesia. 

Buku setebal 107 halaman ini memuat enam bab, dengan masing-masing pokok bahasan. Bab I, Letak Provinsi Lampung (halaman 5) menguraikan tentang letak geografis dan sosiologis Provinsi Lampung. Bab II, membahas tema Sejarah Masuknya Islam ke Lampung (halaman 7) menguraikan tentang alur atau proses masuknya Islamisasi di Lampung dengan tiga jalur, yakni; jalur Barat (Minangkabau), jalur Utara (Palembang) dan jalur Selatan (Banten), sekaligus dalam bab ini menjelaskan tiga pendekatan dalam dakwah islamisasi di Lampung yaitu; pendekatan budaya (culture), pendekatan perdagangan dan pendekatan perkawinan. 

Bab III berisi tentang Kerajaan Islam di Lampung (halaman 29). Penulis buku ini menguraikan dua kerajaan besar di Lampung pada kisaran tahun 1347, yakni Kerajaan Islam Sekala Brak dan Kerajaan Tulang Bawang. Kerajaan Islam Skala Brak terletak di wilayah Kabupaten Lampung Barat. Sedangkan Kerajaan Tulang Bawang berada di wilayah Pagardewa Kabupaten Tulang Bawang. 

Bab IV menguraikan Tokoh-tokoh Penyebar dan Pejuang Islam (halaman 71). Setidaknya kurang lebih tujuh belas tokoh strategis yang telah berjasa dalam syiar islamisasi di Bumi Ruwa Jurai (julukan Propinsi Lampung) ini. Beliau-beliau adalah sebagai berikut; 1) Sunan Gunung Jati. 2) Sayyid Maulana Malik Abdullah. 3) Syaikh Aminullah Ibrahim. 4) Ratu Menangsi. 5) Ratu Darah Putih. 6) Raden Intan II. 7) Al Habib Ali bin Alwi bin Abdurrahman Alaydrus. 8) Tubagus Mahdum. 9) Tubagus Yahya. 10) Wali Samin bin Muhammad. 11) Tubagus Buang Gunung Kunyit. 12) Tubagus Ali Faqih. 13) Tubagus Sangkrah. 14) Syaikh Muhammad Nambihi. 15) KH Gholib. 16) KH Ahmad Hanafiah. Dan, 17) Pamutokh Agung. 

Bab V buku ini menyampaikan pesan tentang Gerakan Perjuangan Rakyat Lampung Melawan Penjajah (halaman 149). MCS mengurai tentang peran Laskar Hizbullah, seperti halnya di pulau Jawa, yang melawan dalam mengusir Belanda. Perlawanan juga datang dari berbagai penjuru Nusantara, termasuk dari Lampung seperti yang dikobarkan oleh KH Gholib beserta beberapa muridnya, KH Ali Thasim Tanjung Karang dan KH Ahmad Hanafiah Sukadana yang menjadi komandan Laskar Hizbullah dan Sabilillah di Lampung. KH. Gholib melakukan perlawanan dengan cara gerilya. Beliau bersama santri-santrinya berjihad di medan perang melawan penjajah yang merampas semua hak-hak bangsa. 

Bab VI menguraikan tentang Peninggalan Islam Lampung (halaman 153). Ada dua peninggalan istimewa nan bersejarah dalam proses islamisasi di Lampung, yakni simbol syiar agama Islam berupa dua masjid yaitu Masjid Al Anwar dan Masjid Al Yaqin. Masjid Al Anwar yang terletak di Teluk Betung Bandar Lampung ini dibangun pada abad ke-18  oleh Pemerintah Lampung melalui Kantor Wilayah Departemen Agama (sekarang Kanwil Kemenag).

DItetapkan sebagai masjid tertua dan bersejarah di Kota Bandar Lampung yang tertuang dalam SK No: Wh/2/SK/147/1997. Asal mula berdirinya Masjid Al Yaqin didirikan para perantauan masyarakat dari Provinsi Bengkulu yang tinggal di Tanjung Karang (sekarang Bandar Lampung) pada tahun 1883. KH Ali Thasim adalah sosok yang berpengaruh dalam perkembangan syiar agama Islam dan perjuangan di Masjid Al Yaqin dan masyarakat setempat. Ia menjadi Panglima Hizbullah Tanjung Karang pada masa agresi Belanda I tahun 1946. 

Buku ini sangat layak dibaca para santri, mahasiswa, dosen, peneliti, pengamat sejarah peradaban Islam di Indonesia guna menambah cakrawala jejak-jejak Islam Nusantara di Lampung. Bagi yang berminat bisa menghubungi ke nomor handphone : 089526245998.     

Peresensi adalah Akhmad Syarief Kurniawan, Pegiat LTN NU Kabupaten Lampung Tengah
 
IDENTITAS BUKU
Judul : Napak Tilas Jejak Islam Lampung 
Penulis         : Muhammad Candra Syahputra 
Penerbit         : Global Press, Yogyakarta
Terbit : Oktober, 2017
Tebal : XXV + 176 Halaman 
Nomor ISBN : 978-602-61890-2-8
Rabu 15 Mei 2019 12:30 WIB
Meneladani Jejak Kiai Djoyo Ulomo Lampung
Meneladani Jejak Kiai Djoyo Ulomo Lampung
Buku yang telah terbit ini merupakan sebuah karya dari penulis-penulis muda NU Lampung Tengah yang bergiat di Lakpesdam NU Lampung Tengah dan LTN NU Lampung Tengah. Pada dasarnya penulisan buku ini merupakan sebuah ihtiar dan upaya penelusuran terhadap seorang tokoh atau sosok yang telah merelakan hidup dan kehidupannya demi tegaknya syiar Islam di bumi Lampung pasca kemerdekaan Republik Indonesia.

Buku ini merupakan "mini biografi" dari seorang "Kiai Kampung" yang sangat bersahaja dan sederhana. Beliau adalah Almaghfurlah KH Raden Rahmad Djoyo Ulomo, salah satu Kiai kharismatik. Ketokohannya dalam dunia pesantren dan Mursyid Thariqah di Lampung merupakan sumber dan sumbangan pemikiran dari khazanah intelektual Islam yang menarik untuk dikaji. Dimensi-dimensi kehidupan Mbah Djoyo Ulomo sejak dari masa kanak-kanak hingga beliau "mangkat", merupakan sebuah rekam jejak yang penuh dengan lakon lika-liku kehidupan.

Kegigihannya mengarungi kehidupan merupakan contoh atau panutan yang patut dijadikannya dari masa muda hingga mashur menjadi rekam jejak tersendiri yang menarik untuk diamati, dicermati dan kemudian dijadikan pelajaran bagi masyarakat umum, khususnya warga Nahdliyyin di provinsi Lampung maupun di luar provinsi Lampung, sekiranya dapat dijadikan sebuah sumber inspirasi bagi kalangan pemuda pemudi dari khazanah intelektual Islam.

Buku setebal xxi + 129 halaman ini memuat lima Bab dengan masing – masing pokok bahasan. Bab pertama diawali dengan Mengenal KH. Raden Rahmad Djoyo Ulomo (halaman 3). Nama semasa kecilnya adalah Mujahid, ia dilahirkan disebuah Desa tepatnya Banjar Melati Pare Kediri Jawa Timur pada tahun 1875. Pendidikannya semasa remaja hingga dewasa dihabiskan di beberapa Pesantren  di Jawa Timur, seperti; Pesantren Lirboyo, Pesantren Kedong Lo, Pesantren Bandar Kidul, hingga ke Kiai Fattah Tulung Agung (halaman 5).  

Bab kedua menguraikan tentang Hijrah ke Lampung (halaman 15). Kali pertama Djoyo Ulomo muda hijrah ke Pulau Sumatera pada tahun 1958, ditemani sang istri Nyai Dewi Wuryan. Daerah yang menjadi tambatannya adalah Desa Rama Puja, sebuah perkampungan yang masuk dalam kategori baru dan diperuntukkan bagi transmigran. Dan mulai pada tahun 1961, Kiai Djoyo Ulomo muda mulai mendirikan Pesantren bernama Tri Bhati at Taqwa.

Bab ketiga memaparkan Wasiat dan Wejangan Simbah Kiai Djoyo Ulomo (halaman 39). Kalimat sederhana yang masyhur selama Kiai Djoyo Ulomo hidup, baik dikalangan santri ataupun di luar pesantren Tri Bhakti At Taqwa, diantaranya adalah, "Bismillah, janji betah, oleh upah", (dengan menyebut nama Allah; asalkan betah pasti akan mendapatkan hasil).

Sepenggal kalimat di atas merupakan salah satu "mantra" yang sering diucapkan oleh Mbah Djoyo Ulomo kepada para santrinya dan kepada siapa pun yang sedang membutuhkan motivasi. Kata-kata tersebut seolah memiliki nilai magis dan tuah bagi siapa saja yang mendengarkannya. Padahal, Sepintas lalu, terlepas apakah kalimat di atas merupakan kreatifitas beliau langsung atau berasal dari guru-guru beliau tak perlu diperdebatkan. Penggalan kalimat "sakti" tersebut tak ubahnya sebagai kata-kata untuk pelipur lara yang ditujukan bagi mereka yang sedang dirundung kegundahan, gelisah, sumpeg atau sedang galau (halaman 41).

Bab keempat menjelaskan  Dibalik Tuah dan Karomah Mbah Kiai Djoyo Ulomo (halaman 61). Cerita nyata ini terjadi dalam kurun waktu hampir setengah abad yang lalu, yaitu tepatnya pada tahun 1965 silam. Sungguh, memberikan inspirasi yang sangat dalam sekaligus menggambarkan betapa tinggi dan besar kharisma beliau dikala itu.

Salah satu kesan dari sang kiai terjadi, pada tahun itu yang bersamaan dengan peristiwa meletusnya G 30/S/PKI, khususnya di pulau Jawa dan wilayah lain di Indonesia. Waktu itu, serombongan berkapasitas puluhan orang berbendera Ansor datang menemui beliau, dengan maksud meminta arahan, nasehat sekaligus gemblengan spiritual. Wajar, para pemuda Ansor sowan kepada beliau, karena pada waktu itu beliau termasuk salah satu Kiai Lampung yang intens di jam'iyyah Nahdlatul Ulama'.

Pada saat bersilaturahmi, setelah mereka diberikan arahan dan nasehat juga dibekali dalam bentuk, pertama: berupa pentungan atau tongkat kecil yang pendek dengan bahan dari rotan (sebesar ibu jari). Diberikan sebagai senjata pembela diri. Yang dimaksudkan untuk benteng pertahanan dari tekanan-tekanan fisik yang dilakukan oleh orang atau sekelompok yang berseberangan. Dengan keyakinan yang tinggi berbekal pentungan atau tongkat kecil dari bahan rotan tersebut merekapun siap maju di garda paling depan, bilamana harus berhadapan langsung, terlebih bila terjadi kontak fisik, maklum bekal yang mereka terima dari sang kiai telah di bubuhi doa-doa tertentu, yang umumnya dikenal sebagai benda yang telah di asma' (halaman 77).

Bab kelima mengulas Sang Kiai dalam Kaca Pandang Santri (halaman 89). Kesan sosok Kiai Djoyo Ulomo di mata santri, merupakan seseorang yang memiliki tipikal penyabar, santun, penuh kesederhanaan, hal ini terlihat saat memberikan pitutur (nasihat) kepada santri-santrinya. Waktu ketika tahun 1974-1984 karena keadaan ekonomi masih belum menguntungkan di Lampung khususnya, banyak santri yang mondok dengan ikut menjadi khodam Kyai Djoyo Ulomo, itupun telah terjadi sejak tahun-tahun sebelumnya.

Sosok Kiai Djoyo Ulomo yang tinggi gagah menambah kewibawaan beliau. Kesan selama sering diajak bersepeda ketika bertugas membonceng beliau terasa berat, namun terus digayuh dengan penuh semangat tak kenal lelah dan ini sering dilakukan.

Cara berdakwah yang diketahui di luar pesantren mirip dengan cara-cara yang dilakukan oleh para Walisongo yakni bercerita, antara lain: banyak membicarakan, menuturkan ajaran Islam dengan langsung menghubungkan dengan situasi, budaya, dan karakter yang nyata dijalankan dalam keseharian lengkap dengan sebab akibat seperti menyampaikan mo limo mirip dengan cara penuturan khas Jawa.

Lebih jauh, seperti disampaikan Kiai Mahrus As'ad dipengantar buku ini, Djoyo Ulomo muda mulai menunjukkan karakter aslinya sebagai santri sekaligus ngemong masyarakat dikala itu. Problem masyarakat yang silih berganti bahkan ancaman nyawapun terkadang menghampirinya. Mulai membangun "masjid keramat", pesantren dan sekaligus mendirikan Thariqah Qadiriyah wa Naqsabandiyah adalah bagian perjuangan membenahi peradaban umat di pulau ujung timur pulau Sumatera ini.

Seperti halnya ulama-ulama lain di provinsi Lampung; KH Gholib Pringsewu, KH Busthomil Karim Padang Ratu Lampung Tengah, KH 'Ali Hasyim Punggur Lampung Tengah, KH Khusnan Musthofa Ghufron Metro, KH Abrori Akhwan Gerning Pesawaran, meskipun dipedalaman dan jauh dari ibukota Provinsi Lampung proses panjang menghampiri perjuangan beliau menyebarkan Islam yang rahmatan lil 'alamin.

Tentunya meng-Islamkan masyarakat dengan sejuk, damai dan ramah, tanpa kekerasan tentunya. Pesan-pesan moral – spiritual yang beliau sampaikan kepada santri dan masyarakat merupakan bukti kecintaan beliau kepada santri dan masyarakat itu sendiri, tanpa membedakan status sosial, dan tentunya dengan keahlian spiritual beliau dalam kehidupan sehari-hari, seperti halnya lafadz bismillah yang sarat makna dan tradisi ngilani, serta lain-lain itulah sosok kyai kharismatik Djoyo Ulomo yang sederhana, bersahaja dan membumi.

Tentunya buku karya dua aktivis muda NU Lampung Tengah ini belum paripurna, masih terdapat kekurangan dan kelemahan yang perlu dibenahi, sesuai syarat dan kaidah kelimuan guna mendekati kesempurnaan. Paling tidak hadirnya buku ini menambah referensi khazanah pesantren di Lampung walaupun belum mencakup keseluruhan sosok yang diangkat, namun patut di apresiasi selain memberikan informasi tentang pesantren, upaya ini merupakan benih-benih indikasi positif geliat budaya (baca; tradisi) menulis dilingkungan jama'ah (kultural) dan jam'iyyah (struktural) Nahdlatul Ulama (NU) bahwa atmosfer tersebut terus dilakukan dan digiatkan. Semoga. Selamat membaca !

Buku ini sangat layak dibaca bagi santri, mahasiswa, dosen, peneliti, pemerhati tokoh-tokoh pesantren di Indonesia, menambah cakrawala jejak-jejak Pesantren Indonesia umumnya dan di Propinsi Lampung khususnya yang selama ini nyaris tidak semua orang tahu tentang perihal tersebut, bahkan masyarakat Lampung itu sendiri. Tabik. 

Peresensi adalah Siti Maysaroh, Sekretaris PC Fatayat NU Kabupaten Lampung Tengah 2018-2023

Identitas buku
Judul: Jagad Spiritualitas KH Raden Rahmad Djoyo Ulomo  
Penulis: Saifur Rijal dan Akhmad Syarief Kurniawan
Penerbit: Angkringan Institute dan Lentera Kreasindo, Yogyakarta
Terbit: November, 2014
Tebal: xxi + 129 Halaman
ISBN: 978-602-71740-3-0
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG