Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Halaqoh Ulama Jakarta: Tingkatkan Wawasan Keulamaan dan Ekonomi Umat

Halaqoh Ulama Jakarta: Tingkatkan Wawasan Keulamaan dan Ekonomi Umat
Lokasi Halaqoh (Foto: Ist.)
Lokasi Halaqoh (Foto: Ist.)
Jakarta, NU Online
Pasca reformasi bergulir, berbagai macam aliran dan ideologi tumbuh. Indonesia menjadi tempat menyemai dan ajang pertarungan beragam ideologi yang sebagian besar bertentangan dengan spirit Islam dan keindonesiaan.

Menyikapi hal ini, para ulama Jakarta akan menggelar Halaqoh di Aula Serbaguna Masjid Jami' Shodri Asshiddiq, Jl Dr Soemarno, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, pada Ahad (26/5) siang.

"Ideologi fundamentalis bercorak radikal, kerap bersuara lantang seraya mengklaim bahwa kelompoknya berada di garis yang paling benar. Sementara kelompok di luar dirinya dianggap sesat," demikian pernyataan panitia dalam rilis yang diterima NU Online, Ahad (26/5) pagi.

Kondisi tersebut diperparah dengan munculnya banyak figur yang diulamakan, dan tampil ke permukaan membuat paham-paham radikal itu tumbuh subur di negeri ini.

Tumbuhnya aliran Islam radikal bercorak transnasional ini, berdampak pada tereduksinya nilai-nilai ajaran Islam serta berpotensi memecah-belah kehidupan berbangsa dan bernegara yang selama ini relatif damai, di bawah payung NKRI.

Selain itu, kondisi ekonomi umat yang masih belum beranjak dari keterpurukan, di tengah persaingan lokal dan global, dalam jeratan sistem ekonomi liberal yang serba riba membuat kondisi tidak kondusif. Ditambah lagi banyak ulama dan ustadz yang belum berdaya secara ekonomi.

Hal tersebut dapat menyebabkan sebagian dari mereka tidak mandiri secara ekonomi, sehingga musah goyah dan terbawa arus. Bahkan, dapat dijadikan alat untuk kepentingan para elit politik yang merusak.

Karenanya, Halaqoh Ulama Jakarta ini diselenggarakan dalam rangka membentengi umat Islam dari berbagai paham tersebut.

Halaqoh yang akan ditutup dengan buka puasa bersama ini juga diharapkan memperkuat pemahaman alim ulama, ustadz dan ustadzah tentang Islam Rahmatan lil Alamin, yang telah berurat-akar di Nusantara. Dalam acara ini, para peserta halaqoh juga diberi pemahaman untuk meningkatkan wawasan ekonomi umat dan wawasan keulamaan. (Aru Elgete/Muhammad Faizin)
BNI Mobile