::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

NU Pekalongan Sebut People Power Sesungguhnya adalah Silaturahim

Ahad, 26 Mei 2019 23:45 Daerah

Bagikan

NU Pekalongan Sebut People Power Sesungguhnya adalah Silaturahim
Wakil Rais PCNU Kabupaten Pekalongan, KHM Afnan Hafidz
Pekalongan, NU Online
Wakil Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaen Pekalongan, Jawa Tengah, KHM Afnan Hafidz mengatakan, people power yang sedang populer didengungkan oleh para politisi sesungguhnya adalah muatan silaturahim yang negatif. 

"Jika itu dimaknai sebagai kekuatan massa dalam berkumpul untuk mengagungkan Allah dan menyambung hubungan akhlak mulia antar sesama manusia, maka itu adalah pentingnya silaturahim," ujarnya.

Demikian disampaikan KH M Afnan Hafidh, saat mengisi hikmah Tarawih dan Silaturahim (Tarhim) keliling putaran ketiga di Masjid Jami' Al-Bidh, Desa Pait, Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan, Sabtu (25/5). 

Menurutnya, people power di Jakarta muatannya keliru, tapi kalau people power di Masjid Jami' Al Bidh ini muatannya benar, berdzikir dan saling bertemu dari seluruh lapisan masyarakat. "People power yang benar ya seperti ini, silaturahim, berdzikir, dan salim bertemu dengan lapisan masyarakat," jelasnya.

KH Afnan memaparkan, sumber muatan yang salah adalah ambisi dan hawa nafsu yang selalu menolak perintah Allah dan ajakan Rasulullah. 

"Muatan itu bisa apa saja asal benar, sama sama dibawa oleh mobil atau kendaraan, maka jika muatan salah walau kendaraan bagus akan cepat merusak kendaraan yang membawa, akan tetapi jika muatan benar, kendaraan akan tampil dengan benar dan berjalan di jalan yang benar," terangnya.

Dia menjelaskan perbedaan diksi walimah dan resepsi. Walimah dalam operasionalnya tidak ada unsur kemungkaran, berbeda dengan resepsi dalam operasionalnya bisa dimungkinkan ada kemungkaran.

Maka, menurut KH Afnan, kekuatan umat Islam tidak hanya ditopang oleh anggota yang shaleh saja, namun juga orang orang taleh (jahat).

"Setiap orang shaleh akan giat menggerakkan keshalehannya karena ada tampilan dan gerakan dari orang orang talih (Jahat). Artinya kejahatan membuat orang orang shaleh kuat dalam melakukan gerakan gerakan baik itu mencegah ataupun memberikan rasa aman dan nyaman bagi orang orang yang bertaubat dari perbuatan jahat tersebut," paparnya.

Oleh karena itu, KH Afnan menghimbau agar silaturahim dijadikan people power untuk saling mendukung, mengenal, dan mencintai semua mahluknya Allah agar kedamaian bisa tercipta di muka bumi.

Kegiatan tarkhim keliling putaran ketiga dihadiri jajaran PCNU Kabupaten Pekalaongan, MWC NU dan Ranting se MWCNU Siwalan, dan warga jamaah sekitar masjid. (Muiz