::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

NU Karangrejo Siapkan Imam Shalat Sejak Usia Dini

Senin, 27 Mei 2019 00:30 Daerah

Bagikan

NU Karangrejo Siapkan Imam Shalat Sejak Usia Dini
Banyuwangi, NU Online

Setiap zaman memiliki tantangannya sendiri. Termasuk dalam menyiapkan kader imam shalat rawatib (lima waktu) yang jumlahnya semakin menurun.

Hal itu menjadi perhatian Ranting NU Kelurahan Karangrejo melalui Takmir Masjid al-Ikhlas. Mereka melaksanakan lomba tahfidz Juz 'Amma untuk kalangan TPQ se-Kelurahan Karangrejo di masjid setempat, Ahad (26/05) malam.

Ketua NU Ranting Karangrejo Ahmad Thoyib menjelaskan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini untuk menyiapkan kader-kader penerus imam masjid yang dilaksanakan dalam dua kategori. Ada kategori remaja dan juga anak-anak. Jumlah total peserta ada 53 orang.

"Diawali dengan hafalan Juz 'Amma karena surat-surat pendek juga menjadi kunci bacaan imam ketika shalat berjamaah. Harus disiapkan sejak dini. Kita undang perwakilan TPQ se-Kelurahan Karangrejo menjadi peserta," kata Thoyib.

Selain itu, ajang ini menjadi silaturahmi antar TPQ untuk saling mengenal. "Juga sebagai pembinaan pengurus kepada anak-anak remaja. Memastikan benar-benar menjadikan bibit yang berkualitas untuk syiar islam," tutur Thoyib

Salah satu peserta, Fara Amirotul Irba dari TPQ As-Syafi'iyah merasa sangat antusias dalam mengikuti perlombaan tahfidz tahun ini.

"Sudah sering berlatih dan mengulang-ulang sampai benar hafal di luar kepala. Dari tajwid, kelancaran, sampai irama. Ada mentor yang rutin mengajar saat di TPQ," ujar Fara. (M. Sholeh Kurniawan/Abdullah Alawi)