IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

IPNU-IPPNU Banyumas Bentuk Kader Desainer Lewat Pesantren Desain

Jumat 31 Mei 2019 23:00 WIB
IPNU-IPPNU Banyumas Bentuk Kader Desainer Lewat Pesantren Desain
Peserta pesantren desain grafis IPNU-IPPNU Banyumas
Banyumas, NU Online
Di tengah-tengah perkembangan arus informasi yang serba instan, kemampuan untuk meyakinkan informasi yang menarik, singkat, dan berisi menjadi suatu keterampilan yang harus dimiliki oleh kader-kader Ikatatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama  (IPPNU).

"Terlebih dengan adanya perkembangan penyajian informasi yang berbasis desain grafis atau infografis," jelas Miftahul Jannah. 

Demikian disampaikan Ketua Panitia kegiatan Pesantren Desain Pimpinan Aanak Cabang (PAC) IPNU IPPNU Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, Miftahul Jannah kepada NU Online, Jumat (31/5) sore. 

"Kader IPNU-IPPNU harus bisa membuat desain grafis, untuk digunakan sebagai alat berdakwah di media sosial maupun mediacetak dan online," tandas Miftahul Janah. 

Selain itu, Miftahul Jannah juga menjelaskan bahwa pesantren desain ini digelar untuk menambah kreativitas kader-kader IPNU-IPPNU dalam dunia desain grafis. Pasalnya, kemampuan membuat desain grafis saat ini sangat dibutuhkan dalam berbagai hal dan peluang kerjanya masih cukup luas. 

"Ketrampilan desain grafis saat ini masih sangat diperlukan, baik dalam dunia kerja maupun dalam dunia organisasi. Fungsinya adalah untuk membuat pamflet, desain banner, spanduk, baliho atau infografis," jelasnya. 

Kegiatan pesantren pesain yang diikuti oleh 14 peserta dari perwakilan ranting dan komisariat IPNU-IPPNU di Kecamatan Cilongok ini digelar Kamis-Jumat (30-31/5) di Aula Madrasah Aliyah (MA) Ma'arif NU 1 Cilongok. 

Tampak para peserta pelatihan cukup antusias dalam mengikutinya. Materi yang diajarkan dalam pelatihan meliputi desain dengan menggunakan program Corel Draw, dari mulai install aplikasi hingga membuat desain sederhana serta fotografi dengan kamera ponsel. Selain pelatihan, kegiatan pesantren desain juga dirangkai dengan buka bersama, tarawih bersama, khataman Al-Qur'an, dan sahur bersama. 

Ketua PAC IPPNU Cilongok Lianna Khoerunnisa berharap pelatihan desain grafis bisa digunakan untuk membuka lapangan kerja dan tentu harus banyak latihan di rumah agar cepat lancar.

"Mudah-mudahan dengan modal ilmu desain yang telah dipelajari bisa membawa manfaat untuk sendiri dan untuk organisasi, sehingga IPNU-IPPNU kita semakin berwarna," pungkasnya. (Kifayatul Ahyar/Muiz)
Bagikan:
IMG
IMG