Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ramadhan Bulan yang Tepat untuk Tingkatkan Kualitas Ibadah

Ramadhan Bulan yang Tepat untuk Tingkatkan Kualitas Ibadah
Kegiatan Bukber dengan tokoh lintas agama
Kegiatan Bukber dengan tokoh lintas agama
Sumedang, NU Online
Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Sumedang, Jawa Barat, Fachryzal Fauzi mengatakan, bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT.  Beberapa kegiatan yang telah disusun menurutnya adalah semata untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, terutama di bulan ramadhan, bulan yang penuh rahmat dan ampunan ini.

"Yang menarik di sini selain  kegiatan tarling, bagi-bagi takjil dan sebagainya adalah kegiatan buka bersama lintas agama yang secara simbolik diwakili saudara-saudara kita dari Gereja  Kristen Pasundan (GKP) sebanyak  enam  orang.  Meski  baru secara  simbolik namun yang terpenting upaya kita untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa," Jelasnya Jumat (31/5).

Dijelaskan, jelang akhir ramadhan kader IPNU dan IPPNU mengisi Ramadhan 1440 Hijriyah dengan beragam kegiatan bermanfaat. Di antaranya buka bersama dengan tokoh lintas agama, bagi takjil gratis, dan tarawih keliling.

"Kami ingin kegiatan buka bersama ini tidak sekedar kumpul dan makan-makan bersama. Akan tetapi lebih dari itu yakni makna kebersamaan, apalagi kami juga menghadirkan perwakilan tokoh lintas agama," jelasnya.

Sementara  perwakilan dari  GKP Hari Darmawan mengaku senang bisa bertemu dengan pengurus IPNU-IPPNU. Menurut dia, Indonesia dilandasi dengan Pancasila dan UUD 1945.

"Saya bersyukur hari ini bersama teman boleh duduk di sini kami melihat satu momen perlu kumpul bersama. Kedua, merasa keterpanggilan hati nurani negara kita pluralisme, persatuan, dan negara betul dilandasi Pancasila dan UUD 1945," ujar Hari

Ia mengaku ada rasa persaudaraan, persatuan, dan kemanusiaan. IPNU-IPPNU juga berpikir untuk kemajuan bangsa dan negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

"Kami bersyukur diterima pengurus IPNU-IPPNU, kami menegaskan bahwa kita bersaudara komitmen Pancasila pedoman kita bersama dan ini merupakan suatu kesempatan baik bisa interaksi dengan saudara saya. Negara Indonesia ditakdirkan menjadi saudara dalam bingkai kebinekaan, pluralisme, dan persaudaraan," jelasnya.

Selain angota IPNU-IPPNU  Sumedang, acara tersebut juga dihadiri Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sumedang H Sa'dulloh, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumedang  Didi Suhrowardi, Hj Rifdah Farnidah dan Komisioner Bawaslu Sumedang Haidar Usman. (Fathul Arif/Muiz)
BNI Mobile