Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Fathmah Juara Qori Indonesia, IIQ Berharap Istiqamah Lahirkan Ulama Al-Qur'an

Fathmah Juara Qori Indonesia, IIQ Berharap Istiqamah Lahirkan Ulama Al-Qur'an
Fathmah Muthiah Fadhlan (tiga dari kiri)
Fathmah Muthiah Fadhlan (tiga dari kiri)
Cirebon, NU Online
Fathmah Muthiah Fadhlan, mahasiswi Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta berhasil menjadi juara pertama pada ajang Qori Indonesia RTv 2019. Raihan tersebut memberikan kebanggaan tersendiri bagi sivitas akademika IIQ Jakarta.

"Alhamdulillah, kami bangga dan bersyukur atas anugerah ini," ujar Ulin Nuha, dekan Fakultas Ushuluddin IIQ Jakarta, kepada NU Online, pada Selasa (4/6).

Ulin berharap agar IIQ terus konsisten membina dan melahirkan ulama yang ahli dalm bidang al-Qur'an dengan prinsip moderatismenya. "Kita berharap semoga IIQ Jakarta terus istiqamah untuk melahirkan ulama-ulama Al-Qur'an yang moderat dan santun di Indonesia," harapnya.

Ia berdoa semoga cahaya Al-Qur'an selalu menerangi langkah umat Islam. "Semoga cahaya Al-Qur'an menjadi penuntun hidup bagi kita semua, baik dalam skala individual maupun sosial," harapnya.

Di samping itu, khusus untuk Muthi, ia meminta agar tidak jumawa dan terus berproses menjadi lebih baik dan lebih baik lagi dari sebelum-sebelumnya. "Semoga prestasi ini menjadi inspirasi bagi perempuan lainnya. Jangan pernah jumawa, terus berkarya dan bekerja keras untuk masa depan yg lebih baik. Sukses ya," ungkap Ulin yang juga Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Jam'iyyatul Qurra wal Huffazdh Nahdlatul Ulama (JQHNU) itu.

Sebelumnya, dara 19 tahun itu juga pernah meraih prestasi sebagai terbaik kedua pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-27 tahun 2018 di Medan, Sumatera Utara. Saat itu, ia mengikuti cabang Musabaqah Hifdhil Qur'an (MHQ) Lima Juz Plus Tilawah. Sementara pada tahun 2013, ia juga pernah berhasil menduduki posisi harapan kedua pada MTQ Nasional 2013 di Bangka Belitung pada cabang tilawah anak-anak. Saat itu, usianya baru menginjak 13 tahun.

Selain Muthi, Abdul Rosyid Kepala Madrasah Diniyah al-Jamiah Pesantren Takhassus IIQ Jakarta menuturkan bahwa Mustianah Aisyi yang menjadi terbaik ketiga juga merupakan mahasiswi IIQ Jakarta. Ia sebelumnya pernah menjadi terbaik pertama pada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Di samping keduanya, mahasiswi IIQ Jakarta lainnya yang menjadi finalis pada ajang Qori Indonesia 2019 adalah Iffatul Maliha. Sayangnya, langkahnya harus terhenti lebih dulu di babak enam besar. (Syakir NF/Muiz)
Posisi Bawah | Youtube NU Online