::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

PWNU Sumsel Tegaskan Siap Tuan Rumah Muktamar NU ke-34

Rabu, 19 Juni 2019 13:00 Nasional

Bagikan

PWNU Sumsel Tegaskan Siap Tuan Rumah Muktamar NU ke-34

Jakarta, NU Online
Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kiai Heri Candra dan sejumlah Ketua PCNU di Sumsel sowan ke Ketua Umum PBNU, KH Aqil Siroj di gedung PBNU, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, Selasa (18/6).  Kedatangan para ketua tahfidiyah NU di tanah Adenan Kapau Gani itu untuk menindaklanjuti pengajuan PWNU Sumsel sebagai menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Muktamar NU ke 34 tahun depan.

Menurut Kiai Heri Candra, kehadiran dirinya dan rombongan pimpinan NU dari kawasan pempek itu juga dalam rangka Halal Bi Halal pasca Idul Fitri 1440 H. Dan sekaligus mengundang Kiai Said Aqil Siroj pada Pelantikan PCNU Kabupaten Okus, yang akan dilangsungkan Kamis (11/7) mendatang.

"Jadi selain ada beberapa hal yang kami laporkan terkait NU di Sumsel, kami juga mengundang beliau di acara Pelantikan PCNU Okus, jawaban beliau tadi, Insyallah siap hadir," katanya.

Ia juga berharap agar Kiai Said merestui penyelenggaraan Muktamar dilangsungkan di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Daerah maritim itu, kata Heri Candra, memiliki pengalaman sukses menggelar Muktamar NU pada tahun 1953 silam sehingga hal tersebut menjadi modal untuk kuat menggelar hajatan serupa digelar di Selat Sunda tersebut.

Di sisi lain, ia mengaku sudah melakukan konsolidasi secara intensif dengan semua keluarga besar NU Sumsel termasuk Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru. Semua personalia dan tokoh sepuh di Sumatera Selatan, telah mengizinkan forum sakral dan termegah di NU tersebut digelar di Sumatera Selatan.  

"Sumsel termasuk provinsi yang paling siap menggelar kegiatan nasional seperti Muktamar NU. Sebab semua perangkat sudah dipersiapkan dan memadai untuk kebutuhan para kiai sepuh dari Sabang sampai Merauke, tadi kita sampaikan ke Ketum PBNU. Kiai Said hanya senyum senyum saja, itu tandanya beliau sepakat," ucap Heri sambil berkelakar.

Sebagai pimpinan PWNU di Sumatera Selatan, tentu ia sangat menginginkan PBNU mempertimbangkan usulanya tersebut untuk menjadi tempat Muktamar NU ke 34 tahun depan.  

Seperti diketahui, Muktamar Ke-33 telah digelar 2015 lalu di Jombang, Jawa Timur. Pada Muktamar itu terpilih Kiai Said Aqil Siroj menjadi Ketum PBNU masa khidmah 2015-2020.

Seiring mulai habisnya masa khidmah Kiai Said, pengurus NU di wilayah mulai ramai mengajukan diri menjadi tuan rumah Muktamar Ke-34, padahal waktu untuk kegiatan itu belum dapat dipastikan kapan digelar. (Abdul Rahman Ahdori/Aryudi AR).