IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

'MDT Award 2019' Dongkrak Motivasi Madin Lumajang


Rabu 19 Juni 2019 13:30 WIB
Bagikan:
'MDT Award 2019' Dongkrak Motivasi Madin Lumajang

Lumajang, NU Online  
Madrasah Diniyah Takmilyah (MDT) Award 2019 yang digelar oleh Pengurus Cabang  Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (PC RMI) Lumajang dan Kementerian Agama (Kemenag) Lumajang, merupakan upaya yang cukup cerdik dalam mendongkrak perbaikan manajemen dan performance Madrasah Diniah (Madin) di kota pisang tersebut di masa-masa mendatang. Pasalnya, penilaian dari tim juri MDT Award 2019 tidak sekadar melihat porto folio masing-masing peserta tapi langsung melakuan visitasi di lapangan.

“Itu memang tujuan dari digelarnya MDT Award ini. Kita ingin Madin sejajar dengan sekolah umum, dan untuk itu ‘kan dimulai dari manajemen administrasi dulu dan sebagainya,” tukas Ketua PC RMI Lumajang,  KH Ahmad Dzunnajah sebagaimana rilis yang diterima NU Online, Selasa (18/6).

Untuk itu, panitia melakukan penilaian cukup detail dan turun ke masing-masing Madin untuk memverifikasi data yang telah masuk. Tim juri diberi dibekali blangko isian untuk menilai sejumlah item yang terkait dengan Madin. Blangko itu memuat 3 item isian, yakni identitas , saran prasarana, dan papan nama Madin. Untuk identitas terdapat 7 item penilaian, sarana prasarana 11 item, dan papan nama ada 3 item.

“Misalanya untuk sarana dan prasarana Madin kita cek bagaimana gedungnya, ruang kantor, mushalla, kamar mandi, perpustakaan dan sebagainya,” lanjut Gus Dzun, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lumajang,  H Muhammad menegaskan dihelatnya MDT Award 2019 dimaksudkan untuk memberikan motivasi kepada Madin agar semakin baik dan bisa bersaing dalam memajukan pendidikan agama.

Dikatakannya, MDT Award 2019 adalah satu-satunya di Jawa Timur. Ia berharap dengan dengan program itu Madin Lumajang kelak dapat dibanggakan, dan menjadi  percontohan di Jawa Timur dan Indonesia.

"Saya berharap Madin di Lumajang akan menjadi percontohan pengelolaan Madin di Jatim dan Indonesia," jelasnya saat memberikan sambutan.

Peserta Madin adalah Madin umum, yaitu yang dikelola bukan oleh Pesantren. Berikut ini adalah nama-nama 10 Madin yang masuk nominasi MDT Award 2019. Yakni Madin Mahalludin Rowokangkung (juara 1), Al-Islamiyyah Miftahul Ulum (juara 2), Tempursari, Jabrailiyyah, Pasrujamabe (juara 3), As-Sholihin Padang, Al-Falah Lumajang, Nurul Huda Gucialit, Faidlur Robbani Tempeh, Nurul Huda Kedungjajang, Al-Haramain Randuagung, dan Raudlatul Ulum Pronojiwo. (Aryudi AR).

Tags:
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG