IMG-LOGO
Daerah

Kenalkan Tokoh NU, Lakpesdam NTB Latih Kader Menulis Kiprah Tokoh NU Lokal


Ahad 23 Juni 2019 02:00 WIB
Bagikan:
Kenalkan Tokoh NU, Lakpesdam NTB Latih Kader Menulis Kiprah Tokoh NU Lokal
Peserta workshop Lakpesdam NU NTB
Mataram, NU Online
Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) NU Nusa Tenggara Barat (NTB) mengadakan workshop penulisan tentang tokoh-tokoh NU Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan yang diikuti peserta  berasal dari perwakilan Pengurus Cabang Lakpesdam NU seluruh kabupaten/kota yang ada di Nusa Tenggara Barat,  dilesehan Elen Rembige Kota Mataram, Sabtu (22/06) "Peserta workshop sekaligus diproyeksikan menjadi para penulis biografi tokoh-tokoh NU NTB yang akan dikumpulkan dalam satu buku bunga rampai," ujar Ketua Lakpesdam NU Nusa Tenggara Barat, M Jayadi.

Dikatakan, Banyak tokoh NU NTB yang telah memberikan sumbangsih nyata untuk NTB di berbagai sektor. Namun kontribusi dan figur tokoh-tokoh NU ini tidak terdokumentasikan dengan baik sehingga tidak dikenal luas oleh masyarakat. 

"Sampai hari ini banyak tokoh dan pejuang NU di NTB belum terdokumentasikan dengan baik, sehingga penulisan ini diharapkan dapat menghimpunrangkaian sejarah NU khususnya di NTB," tandasnya.

Oleh karena itu, bagi Mantan Ketua Umum PC PMII Kota Mataram 200-2008 ini menilai sebagai ikhtiar untuk memperkenalkan tokoh-tokoh tersebut kepada khalayak umum dan kader-kader muda NU khususnya diperlukan dokumentasi.

Hal ini senada dengan keterangan yang diberikan oleh penanggung jawab acara Lalu Akhmad Rizkan. "Kita ingin memunculkan tokoh-tokoh NU NTB dari masa-masa awal dulu hingga kini ke permukaan. Harapannya dengan demikian mereka akan lebih dikenal oleh kader-kader muda NU NTB. Dengan demikian kita berharap kader-kader muda ini bisa  melanjutkan estafet perjuangan mereka," tegasnya. 

Keterangan senada juga diberikan oleh Sekretaris Lakpesdam PWNU NTB Apipuddin. Menurutnya, selama ini ketika menyebut tokoh NU NTB, yang terbayang adalah para Tuan Guru. 

Namun, melalu penulisan bunga rampai ini diharapkan akan mengangkat semua tokoh NU yang berjuang dan berkarya dalam segala sektor mulai dari keagamaan, politik, ekonomi, maupun sosial kemasyarakatan. "Intinya kita ingin menampilkan ke masyarakat semua tokoh NU yang berkontribusi nyata bagi pemberdayaan umat," terangnya.

Sebagai pemateri untuk workshop dihadirkan intelektual muda NU sekaligus akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Mohammad Saleh Ending. Kegiatan workshop ini juga dihadiri Wakil Ketua  PWNU NTB Jumarim dan Sekretaris PWNU NTB  Lalu Aksar Anshori.  

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan workshop ini langsung dibentuk tim penulisan untuk masing-masing kabupaten kota. Tim tersebut nantinya yang akan mengumpulkan data sekaligus menulis tentang tokoh NU dan kiprahnya di kabupaten masing-masing. 

Tulisan-tulisan ini Jayadi menjelaskan akan ditayangkan secara berkala melalui media-media online yang dikelola oleh PWNU NTB dan Lakpesdam PWNU NTB. Sebagai produk akhir, nantinya semua tulisan akan dikompilasi dan diterbitkan dalam bentuk buku bunga rampai. (Hadi/Muiz)

Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG