IMG-LOGO
Daerah

Berniat Sejahterakan Anggota, Pergunu Kota Bandung Bentuk Koperasi


Senin 24 Juni 2019 17:45 WIB
Bagikan:
Berniat Sejahterakan Anggota, Pergunu Kota Bandung Bentuk Koperasi
Bandung, NU Online
Angin segar bagi terwujudnya koperasi di lingkungan Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama atau Pergunu Kota Bandung semakin jelas. Hal tersebut bersamaan dengan diselenggarakannya rapat pembentukan koperasi yang dihadiri Ketua PC Pergunu Kota Bandung. 

Rapat dilaksanakan di aula The Posters Hotel Mice Jl. PH. H. Mustofa No. 33A, Neglasari, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat, Ahad (23/6).

Rifa Anggyana selaku Sekretaris PC Pergunu Kota Bandung dalam pengantarnya mengatakan bahwa yang dibahas dalam rencana pembentukan koperasi PC Pergunu Kota Bandung yakni menuju ekonomi kerakyatan. “Tujuannya untuk kesejahteraan anggota dan kemandirian organisasi,” katanya.

Sedangkan pembentukan koperasi ini merupakan instruksi dari Pimpinan Wilayah Pergunu Jawa Barat. “Bahwa agar semua PC Pergunu membentuk koperasi berbadan hukum dalam upaya mewujudkan kesejahteraan bagi guru-guru NU," tuturnya.

Enjang Sunandar selaku Ketua PC Pergunu Kota Bandung dalam paparannya mengemukakan pembentukan koperasi dengan sejumlah komposisi, yakni pengawas sebanyak tiga orang. 

“Untuk pengurus meliputi ketua, sekretaris, bendahara,” jelasnya. 

Pembentukan koperasi semakin bersemangat karena pada rapat mendapat informasi atau pemaparan mengenai perkoperasian dari pihak yang berkompeten.

Koperasi PC Pergunu Kota Bandung nantinya akan memberikan pengesahan badan hukum kepada koperasi dengan UUD NRI Tahun 1945, pasal 33 ayat 1, UU RI No. 79 tahun 1958, UU No. 179 Tahun 1949, UU 79 Tahun 1958, PP No. 60 Tahun 1959. 

“Hal tersebut sebagai mata rangkai pembentukan susunan anggota dan penyusunan anggaran dasar dan peraturan rumah tangga atau AD/PRT keputusan rapat anggota dan keputusan rapat pengurus" ungkapnya.

Diharapkan dengan terbentuknya koperasi ini, maka niatan awal untuk menyejahterakan anggota Pergunu dapat benar-benar terwujud. “Apalagi anggota yang nota bene para guru dengan latar belakang NU demikian banyak. Karenanya amat disayangkan kalau tidak terwadahi dalam sebuah koperasi,” sergahnya.

Demikian pula demi memastikan keberlangsungan koperasi, tidak semata bermodalkan semangat. “Yang tidak dapat dihindari adalah berproses dengan cara dan mekanisme yang professional,” pungkasnya. (Ibnu Nawawi)


Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG